Sangat Indah, Inilah Gambaran Surga Menurut 5 Agama di Dunia

ilustrasi surga
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Gambaran surga menurut 5 agama di dunia mungkin tidak banyak diketahui oleh kalian. Menjadi seorang manusia yang menjalankan kehidupan beragama, tentu saja kita akan bertanya-tanya tentang bagaimana akhir dari kehidupan yang sedang dijalankan. Ada agama yang menerangkan bahwa akhir kehidupan adalah surga atau neraka, ada pula yang tidak ada surga dan tidak ada neraka. 

Atalia dan Ridwan Kamil Tetapkan Syarat Khusus Saat Zara Minta Izin Lepas Hijab, Apa Itu?

Untuk yang agamanya menjelaskan akan masuk surga, pasti membayangkan bagaimana bentuk surga atau gambaran surga atau neraka kelak.  Padahal tentu saja akan jauh berbeda atau lebih indah ketimbang yang bisa kita bayangkan. Bila kita beragama Islam, tentu akan mencari tahu bagaimana surga dalam pandangan agama Islam itu sendiri, surga dalam agama Kristen, surga dalam agama Yahudi, dan surga dalam agama lain. Nah, berikut adalah ulasan tentang gambaran surga menurut 5 agama yang disadur dari Britannica

1. Heaven – Kristen

Warna Ini Bikin Ruangan Terasa Menyatu dengan Alam

Pintu surga

Photo :
  • U-Report

Tujuan akhir kehidupan dalam agama Kristen hampir sama dengan tujuan akhir kehidupan dalam agama lain, yaitu adanya kerajaan Allah di Bumi ini. Yesus Kristus adalah kepala kerajaan itu. Gambaran surga adalah kehidupan kekal yang dijanjikan Yesus kepada mereka yang percaya kepada-Nya.

8 Negara Bagian Paling Religius di AS

Dalam Alkitab menggunakan kata surga untuk merujuk pada tempat suci di mana Tuhan berada saat ini. Kehidupan abadi, ciptaan yang sempurna, tempat di mana Allah berkehendak untuk hidup selamanya bersama umat-Nya.

Tidak ada lagi pemisahan atau jarak antara Tuhan dan manusia. Orang-orang yang beriman sendiri akan hidup dengan kemuliaan, dibangkitkan dengan tubuh baru, tanpa penyakit, tanpa kematian, dan tanpa air mata.

2. Gan Eden – Yahudi

Surga.

Photo :
  • U-Report

Sebenarnya bagi orang Yahudi tidak ada yang namanya surga atau neraka. Satu-satunya tempat untuk kembali adalah Tuhannya. Menurut Yudaisme, tujuan akhir dari kehidupan adalah untuk memperbaharui kekuasaan Yahweh atas kerajaan duniawi dengan kekacauan duniawi atau utusan Tuhan yang akan datang ke Bumi sebagai kepala kerajaan.

Siapapun yang memegang Taurat di dunia ini akan masuk surga ke dalam Taman Eden. Siapa pun yang tidak mematuhi Taurat pergi ke tempat hukuman yang disebut Chichnon. Gan Eden, yang berarti Taman Eden dalam bahasa Ibrani, adalah tempat spiritual terakhir dari iman Yahudi.

Tempat di mana jiwa seseorang benar-benar hidup bersama Tuhan selamanya. Penggunaan kata Eden sebagai tempat yang sangat bahagia mungkin berhubungan dengan kata Ibrani yang sama untuk kesenangan atau kemewahan.

Taman Eden dikatakan sebagai tempat tumbuhnya pohon kehidupan, kebalikan dari Chichnon (tempat kiamat), tempat para pendosa menyucikan diri dari dosa-dosa yang telah mereka lakukan. Dikatakan bahwa sebagian besar pendosa tinggal di sini selama 12 bulan. Tapi pendosa besar tidak akan pernah keluar.

3. Swarga – Hindu

Ilustrasi surga Firdaus.

Photo :
  • U-Report

Menurut agama Hindu, surga berasal dari kata Svar (cahaya) dan Ga (pergi). Oleh karena itu, swarga diartikan sebagai pergi menuju cahaya. Mengutip Upanishad Barat, dijelaskan bahwa surga adalah dunia ketiga yang penuh cahaya, dan cahaya dari matahari, bulan dan bintang tidak signifikan dibandingkan dengan cahaya dari surga.

Surga dalam agama Hindu adalah tempat sementara bagi jiwa, penuh dengan jasa tetapi tidak cukup murni untuk mencapai pembebasan. Setelah jasa-jasa tersebut dinikmati, jiwa akan melalui proses reinkarnasi kembali, mencapai pemurnian jiwa, dan mencapai pembebasan.

Singkatnya, gambaran surga adalah kebahagiaan sementara. Dan kebahagiaan sejati adalah Moksha, penyatuan Atman (jiwa) dan Brahman (keabadian).

4. Alam Bahagia – Buddha

Ilustrasi pohon di surga.

Photo :
  • U-Report

Menurut agama Buddha, alam surgawi, atau alam kebahagiaan, juga ada di dunia ini, bukan di suatu tempat di luar dunia. Dikatakan bahwa alam surga memiliki 6 lapisan, alam Brahma memiliki 16 lapisan, dan alam tak berwarna memiliki 4 lapisan. Semua itu ada pada fitrah seseorang yang bisa dicapai dengan beramal shaleh selama menjadi manusia terlepas dari agama apa saja yang diyakininya.

Sementara Brahma dan Alam Tanpa Bentuk dicapai tidak hanya dengan melakukan perbuatan baik, tetapi juga dengan berlatih meditasi. Meditasi seseorang memungkinkannya untuk menjadi rupa jhana dan rupa jhana, dan kemudian ia akan terlahir kembali di alam Brahma setelah kematian.

Menurut agama Buddha, tujuan akhir manusia adalah Nirwana, yang berasal dari kata Sansekerta Nirvana / Nibbana. Kata itu sebenarnya berarti padang, bukan ketiadaan. Tetapi dalam pengertian yang lebih dalam, Nibbana adalah kebahagiaan, atau keadaan kebahagiaan supranatural.

Kegembiraan Nibbana tidak dapat dialami dengan memanjakan indra, tetapi dengan menenangkannya. Nibbana bukanlah suatu tempat, itu bukanlah suatu keadaan atau ketiadaan, dan Nibbana bukanlah suatu surga. Tidak ada kata yang tepat untuk menggambarkan Nibbana ini. Seperti Nibbana, ini adalah api, yaitu api ada, tetapi api tidak dapat disimpan di suatu tempat.

5. Al–Jannah – Islam

Rumah di surga.

Photo :
  • U-Report

Al-Jannah sendiri banyak dijelaskan dalam Al-Qur'an dan hadits Nabi Muhammad SAW. Ini termasuk dalam Al Quran surat Ali Imran ayat 133, Al Quran surat Al Baqarah ayat 25. Rasulullah juga mengutip firman Allah dalam hadits qudsiy, yang artinya “Aku telah menyiapkan bagi hambaKu yang shaleh sesuatu yang tidak pernah dilihat mata, tidak pernah didengar telinga dan tidak pernah terbesit dalam benak seseorang.

Artinya, gambaran surga akan lebih indah dari nuansa atau ilustrasi yang kita pikirkan saat ini, meskipun banyak pernyataan yang menyatakan bahwa penghuni surga akan menikmati kegembiraan yang luar biasa.

Misalnya rumah atau istana yang terbuat dari emas, bidadari, segala macam makanan dan minuman, dan apa saja yang diinginkannya, sebagaimana dinyatakan dalam Al Quran surat Az Zukhruf ayat 71. Dalam Islam, surga memiliki peringkat dan nama itu sendiri. Masing-masing akan memberi sesuai dengan tingkat ketakwaannya.

Namun, bagi mereka yang memiliki anak-anak yang sholeh dan didoakan leh anak-anaknya, mereka akan dipertemukan dan juga dikumpulkan oleh Allah SWT meskipun tidak sama derajatnya seperti yang ditulis dalam Al Quran surat At Thur ayat 21. 

Demikianlah gambaran Surga menurut 5 agama di dunia, tentu saja setiap agama akan mengajarkan kebaikan dan ketaqwaan. Bila ada surga, tentu pasti ada neraka yang dibuat secara khusus untuk orang-orang yang tidak beriman semasa hidupnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya