10 Fakta Menarik Mengenai Dukun di Seluruh Dunia

Ilustrasi Dukun
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Bicara fakta menarik dukun dunia tentu tidak ada habisnya. Dukun biasanya dikenal sebagai orang pintar. Di beberapa negara, seorang dukun atau orang pintar dianggap memiliki kemampuan untuk menyembuhkan orang sakit, berkomunikasi dengan dunia lain, dan sering untuk mengawal jiwa orang yang telah mati ke dunia lain.

Tegas! Jawaban Ustaz Khalid Basalamah dan Buya Yahya soal Hukum Percaya pada Ramalan

Tidak hanya itu, fakta menarik dukun dunia lainnya mereka diberikan kelebihan yang luar biasa dari sang pencipta dalam hal supranatural. Dimana mereka mampu mengetahui keberadaan serta hal-hal yang di luar nalar dan tidak kasat mata. 

Perdukunan sendiri merupakan praktik spiritual yang ditemukan dalam budaya di seluruh dunia, dari sejak zaman kuno hingga saat ini. Fakta menarik dukun dunia lainnya, menurut psikolog dan pelopor kesadaran Amerika yang terkenal, Stanley Krippner bahwa dukun merupakan seorang profesional magis religius yang ditugaskan oleh seseorang dengan sengaja mengubah kesadaran mereka untuk mendapatkan informasi dari dunia roh.

3 Orang Paling Sakti daripada Dukun Menurut Ustaz Felix Siauw, Siapa Saja?

Ilustrasi Dukun

Photo :
  • U-Report

Perdukunan biasanya dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah yang begitu pelik di kehidupan masyarakat. Hingga pada akhirnya mereka lebih memilih jalan pintas dengan pergi ke dukun. Ternyata, keberadaan seorang dukun tidak hanya kita temui di Indonesia saja. Buktinya beberapa negara di dunia juga memiliki orang pintar yang dipercaya mampu berkomunikasi dengan makhluk gaib, menghilangkan beragam jenis gangguna sihir dan maish banyak lagi lainnya.

Terpopuler: Pengalaman Mualaf Pertama Kali Bukber, Ustaz Khalid Basalamah Bongkar Praktik Dukun

Para dukun menggunakan pengetahuan serta kekuatan yang nyatanya mmapu membantu dan menyembuhkan seseorang. Bagi Krippner, dukun merupan seorang dokter pertama, diagnostik, psikoterapis, pesulap dan lain sebagainya.

Dalam budaya perdukunan ini semua orang dewasa bertanggung jawab atas hubungan mereka dengan energi spiritualnya, termasuk lingkungan mereka, leluhur, dan roh.  

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa praktik penyembuhan kuno seperti ini sudah sering dilakukan di beberapa kalangan masyarakat di seluruh dunia, meskipun cara dan metodenya berbeda-beda.  Tak usah berlama-lama lagi, berikut ini kami bagikan fakta menarik tentang dukun di seluruh dunia yang perlu Anda ketahui.

Ilustrasi kejadian mistis.

Photo :
  • U-Report

1. Shamanisme/pedukunan merupakan sebuah metode penyembuhan tertua dan paling luas keberadaannya. Ada bukti arkeologis yang menunjukkan bahwa teknik dukun setidaknya berusia 20.000 tahun, dengan bukti nyata dari kekunoan mereka dalam lukisan gua di selatan Prancis. 

Di gua Les Trois Freres, ada makhluk misterius yang sebagian diukir dan sebagian lagi dicat mirip rusa yang dianggap mewakili dukun. Ukiran pada tulang rusa dari periode Paleolitik menunjukkan dukun yang mengenakan topeng hewan ditemukan di Gua Lubang Pin di Inggris. 

Ukiran tulang rusa lain yang sangat menarik menunjukkan seorang wanita hamil berbaring di bawah rusa, mungkin untuk mengumpulkan kekuatan untuk cobaan beratnya. (Motif rusa yang sangat umum sebagai roh penyembuhan akan dibahas dalam konteks lain dalam bab ini.)

2. Praktik dukun sangat mirip di beberapa negara, mulai dari Asia, Australia, Afrika, Amerika (Selatan, Tengah, dan Utara), dan bahkan di Eropa. Ini adalah kasus meskipun pada dasarnya ada pertukaran budaya di seberang lautan.

Mengapa praktik-praktik ini diturunkan selama 20.000 tahun yang ganjil, ketika aspek-aspek lain dari berbagai sistem sosial sangat kontras? Karena satu-satunya konsistensi di antara sistem sosial yang sangat bervariasi ini adalah praktik Shamanisme atau perdukunan. Ini menjadi bukti bahwa perdukunan berhasil, dan, melalui coba-coba, teknik penyembuhan yang sama diadopsi oleh populasi yang beragam. Perspektif budaya dukun tidak perlu dibagi agar perdukunan menjadi efektif.

Mungkinkah karena praktik perdukunan melibatkan keadaan kesadaran yang berubah, cara kuno ini entah bagaimana dipelajari dan dikomunikasikan melalui alam eterik dan psikis? Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa praktik-praktik ini diilhami oleh Tuhan. Akibatnya, banyak bentuk kesehatan alternatif, terutama yang melibatkan penyembuhan energi, berasal dari perdukunan.

3. Dukun adalah perantara atau pembawa pesan antara alam dan dunia roh. Mereka mengobati penyakit dan penyakit dengan memperbaiki jiwa. Mengurangi trauma yang mempengaruhi jiwa dan roh memungkinkan tubuh fisik mengalami keseimbangan dan keutuhan. Penciptaan keseimbangan menghasilkan penghapusan penyakit, sehingga memulihkan kesehatan tubuh manusia

4. Dukun bisa laki-laki atau perempuan.

5. Dalam banyak budaya, faktor keturunan memainkan peran kecil dalam menentukan dukun dalam sebuah suku. Ada beberapa, bagaimanapun, di bagian timur laut negara Maidu (di California) semua anak dukun diwajibkan untuk mengambil profesinya atau roh akan membunuh mereka.

6. Ada filosofi naturopati tertentu ketika seorang dukun dipanggil untuk membantu penyembuhan. Dukun mungkin memiliki pengetahuan dan fungsi dalam beberapa peran penyembuhan.

Akan tetapi, tidak terpikirkan untuk pergi ke bone setter yang bukan juga seorang dukun untuk bertanya bagaimana menjalani hidup, atau untuk interpretasi makna penyakit dalam konteks budaya. 

Perbedaan antara kedokteran mekanik, teknologi dan kedokteran perdukunan tampaknya telah jelas sampai saat ini, dengan yang pertama selalu memiliki peran penting dalam meringankan siksaan penderitaan fisik.

Ritual Perdukunan

7. Semacam pemanggilan arwah dan ritual yang mengarah ke keadaan kesadaran yang berubah, terkadang hanya dukun, sering kali termasuk orang yang membutuhkan penyembuhan. 

Mencapai keadaan trance ini (untuk menggunakan istilah modern) dicapai dengan berbagai cara seperti puasa selama berhari-hari atau berminggu-minggu, mengekspos tubuh ke suhu ekstrem (loji keringat, dingin dingin), ramuan psikotropika atau racun, atau aktivitas fisik yang ekstrim (misalnya , mendaki gunung selama berhari-hari tanpa henti).

Dukun memanggil arwah penolongnya dengan menggunakan gendang, tongkat estafet, pos dukun, sohib dukun, tempat keramat, dan banyak benda ritual lainnya. 

Penggunaan atau kontak dengan roh pembantu bervariasi. Sementara beberapa dukun menjadi apa yang kita sebut kerasukan, yang lain mengendalikan roh mereka secara objektif seolah-olah mereka sedang menangani begitu banyak instrumen, dan yang lain lagi berkonsultasi dengan penolong mereka dalam keadaan kesurupan.

Terkadang dukun mengirimkan roh penolong ke dalam tubuh orang yang sakit untuk mengetahui penyebab penyakitnya, dan kemudian dipilih cara penyembuhannya.

8. Bagian penting dari ritual perdukunan adalah persiapan tempat suci, gendang, kostum, pakaian kuratif khusus, dan benda-benda ritual. Gambar kayu yang melambangkan inkarnasi roh penyakit digunakan dalam praktik penyembuhan.

Perjalanan Dukun

9. Saat dalam keadaan berubah, dukun akan melakukan perjalanan melalui berbagai alam. Ini adalah semacam perjalanan mental atau astral, menggunakan tubuh energik yang sama seperti mereka yang mengalami pengalaman Keluar dari Tubuh. Selama perjalanan inilah komunikasi akan terjadi dengan roh, "binatang yang kuat", atau bahkan dengan atom dan sel pada tingkat mikroskopis.

10. Apa yang membuat dukun berbeda dari mistikus dan visioner lainnya adalah perjalanan yang disengaja – atau pelarian jiwa – ke dunia roh. 

Dengan kata lain, tidak seperti persepsi umum bahwa manusia harus menunggu roh alam atau orang mati untuk melakukan kontak (sesuatu yang terjadi lebih sering daripada yang disadari orang), dukun memulai kontak dengan masuk langsung ke dunia roh. 

Daripada menunggu arwah mengunjungi kita, dukun menjadi pengunjung ke alam tak kasat mata mereka. Karena mereka mengetahui titik masuk, dukun dapat melintasi batas realitas biasa dan non-biasa sesuka hati, memasuki realitas roh, dan mengembangkan keterampilan, pemahaman, dan kompetensi untuk berfungsi di dunia yang seperti mimpi itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya