Berusia Ribuan Tahun, Ini 7 Pohon Tertua di Dunia

Pohon Tertua di dunia, pohon Pando
Sumber :
  • weather

VIVA – Taukah kamu, jika ada pohon tertua di dunia? Kita semua tahu bahwa pohon bisa berumur panjang. Tidak mengherankan bahwa mereka biasanya hidup lebih lama dari manusia dan mungkin hampir semua hal lain di bumi ini. 

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

Pohon dapat hidup di mana saja dari kurang 100 tahun hingga lebih dari beberapa ribu tahun tergantung pada spesiesnya. Banyak spesies pohon telah punah selama bertahun-tahun karena perubahan iklim, tetapi ada banyak yang bertahan dan masih berkembang sampai sekarang. Berikut adalah tujuh pohon tertua di dunia yang masih hidup hingga saat ini dikutip dari thefactsite.

7. Gran Abuelo – 3.647 tahun

Peringati Hari Bumi Sedunia, IMIP Tanam 1.000 Pohon Pelindung

Pohon Gran Abuelo

Photo :
  • newatlas

Gran Abuelo terletak di Taman Nasional Alerce Costero, Chili. Pohon itu adalah pohon hidup tertua di Amerika Selatan. Pada 2021, Gran Abuelo berusia 3.647 tahun. Usianya berarti ia berkecambah pada 1.500 SM.

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Gran Abuelo memiliki tinggi lebih dari 196 kaki (60 meter) dan lebar 13 kaki (4 meter). Ini memiliki keliling 36 kaki (11 meter). Gran Abuelo adalah Cypress Patagonian (Fitzroya cupressoids). Sayangnya, Cypress Patagonia adalah spesies yang terancam punah. Ini karena pohon mengandung resin yang memperlambat waktu yang dibutuhkan untuk memburuk; oleh karena itu telah menjadi bahan bangunan yang populer.

6. Sarv-e Abarkuh (Abarkuh Cypress) – 4.500 tahun

Pohon Sarv-e Abarkuh (Abarkuh Cypress)

Photo :
  • surfiran

Sarv-e Abarkuh dapat ditemukan di Abarkuh, Iran. Spesies ini adalah Cypress Mediterania (Cupressus sempervirens) dan diyakini berusia sekitar 4.500 tahun. Sarv-e Abarkuh adalah monumen alam di Iran dan dilindungi oleh Organisasi Warisan Budaya Iran. 

Pohon itu telah menarik perhatian di seluruh dunia karena legendanya adalah bahwa pohon itu ditanam oleh seorang nabi Iran bernama Zoroaster. Legenda lain menceritakan tentang pohon yang ditanam oleh putra ketiga dari Tokoh Alkitab Nuh.

5. Llangernyw Yew – 4,000-5,000 tahun

Pohon Llangernyw Yew

Photo :
  • Sumber BBC

Llangernyw Yew terletak di halaman Gereja St. Digain di desa Llangernyw, Conway, Wales. Pohon itu adalah spesies Common Yew (Taxus baccata) dan telah ada selama sekitar 5.000 tahun. Pohon khusus ini berusia antara 4.000-5.000 tahun.

Sulit untuk menentukan usia pasti spesies ini karena cukup sering inti akan menghilang seiring waktu dan akan diambil alih oleh tunas besar baru yang menggantikan area inti sebelumnya.

Pohon itu memiliki sertifikat sendiri yang dikeluarkan oleh ahli botani Inggris David Bellamy, yang mengkonfirmasi usianya. The Llangernyw Yew adalah bagian penting dari masyarakat seperti jantung cerita rakyat lokal.

Llangernyw Yew muncul dalam mitologi Welsh sebagai tempat di mana roh yang disebut Angelystor (Malaikat Rekaman) akan muncul setiap Halloween untuk memberi tahu desa siapa yang akan mati selanjutnya.

4. Methuselah – 4.852 tahun

Pohon Methuselah

Photo :
  • atlasobscura

Methuselah adalah pinus bristlecone Great Basin (Pinus longaeva). Pohon itu terletak di California di Methuselah Grove di White Mountains di Inyo County. Lokasi tepatnya tidak diketahui publik karena dikelilingi oleh pohon-pohon kuno lainnya. Ini agar pohon tetap aman dan dapat dipertahankan selama mungkin.

Hingga 2012, Metusalah adalah pohon tertua yang diketahui di dunia dan pada 2021 berusia 4.853 tahun. Diperkirakan pohon itu akan berkecambah pada tahun 2832 SM.

Pohon itu dinamai menurut tokoh Alkitab tertua Methuselah, yang hidup sampai tahun 969. Petani Jared Milarch, pada tahun 2003 diberi izin untuk mengambil stek dari pohon. Dia berhasil menumbuhkan klon dari Methuselah.

3. Old Tjikko – 9.500 tahun

Old Tjikko

Photo :
  • amazing.zone

Tjikko tua atau Old Tjikko dapat ditemukan di Gunung Fulufjallet provinsi Dalarna di Swedia dan ditemukan pada tahun 2008. Pohon itu adalah Cemara Norwegia (Picea abies).

Spesies ini dikenal karena kemampuannya untuk menumpahkan dan menumbuhkan kembali batang baru di tempat yang sama setiap 600 tahun sekali. Spesies ini adalah pohon koloni klon.

Usianya dapat dilihat melalui sistem akar, yang diperkirakan berusia sekitar 9.500 tahun. Diperkirakan pohon itu dibawa ke daerah-daerah oleh manusia untuk berkecambah. Teori ini menunjukkan bahwa iklim di Swedia mungkin menghangat lebih cepat dari yang diperkirakan para ilmuwan.

2. Jurupa Oak – berusia 13.000 tahun

Jurupa Oak

Photo :
  • financial times

Jurupa Oak terletak di Pegunungan Jurupa di Crestmore Heights, California, AS. Jenis pohonnya adalah Palmer's Oak (Quercus palmeri) dan ditemukan pada tahun 2009. Spesies seperti Spruce Norwegia juga merupakan pohon koloni klon. Umurnya ditentukan oleh sistem akar dan tunas baru dianalisis.

Palmer's Oak tumbuh subur di iklim basah di ketinggian, jadi Jurupa Oak adalah satu-satunya yang ditemukan bertahan di daerah tersebut. Ketika Jurupa Oak ditemukan, lebarnya 1,55 mil (2,5 kilometer) dan memiliki tinggi rata-rata 3,28 kaki (1 meter). Itu juga terdiri dari 70 kelompok batang.

1. Pando – berusia 80.000 tahun

Pohon Pando

Photo :
  • fs.usda.gov

Pando terletak di Hutan Nasional Fishlake, Utah, AS. Pando adalah Quaking Aspen (Populus tremuloides) dan diperkirakan berusia lebih dari 80.000 tahun. Pando bukan hanya pohon koloni klon tertua yang masih hidup di dunia, tetapi juga salah satu spesies tertua yang masih hidup di dunia.

Pando juga merupakan pohon koloni klon, oleh karena itu mungkin tampak seperti sekelompok pohon di atas tanah tetapi dihubungkan melalui sistem akarnya yang dimulai sebagai satu.

Sayangnya penelitian menunjukkan bahwa tingkat pertumbuhan Pando telah melambat selama beberapa dekade terakhir yang menunjukkan bahwa Pando perlahan-lahan sekarat.

Itulah beberapa pohon tertua di dunia telah bertahan dan menyaksikan peristiwa besar sepanjang sejarah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya