4 Tips Memilih Alat Masak yang Aman dan Higeinis untuk Kesehatan

Alat masak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Proses yang benar dan tepat dalam memasak akan menjadi salah satu faktor kelezatan sebuah masakan atau hidangan. Sebenarnya, banyak faktor yang mempengaruhi kualitas makanan, misalnya seperti teknik memasak selain itu juga kebersihan bahan yang dimasak serta peralatan dapur yang digunakan untuk mengolah masakan tersebut.

Netizen Kritik Adab Nagita Slavina Kasih Bekas Makanan dari Gigitannya ke Karyawan RANS

Masih ada beberapa orang yang kurang menyadari, peralatan memasak di dapur juga bisa mempengaruhi kualitas hasil masakan yang diolah.

Dikutip dari akun Instagram @geagetra.id, berikut ini adalah beberapa ciri-ciri alat masak aman digunakan untuk kegiatan memasak sehari-hari:

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

1. Material Bahan Alat Masak

Ilustrasi Dapur

Photo :
  • Gea Getra
Resmi Kantongi Sertifikat Halal Seumur Hidup, Manajemen Dunkin Ungkap Alasan Hilangnya Kata Donuts

Perlu anda ketahui peralatan masak di dapur terdiri atas bermacam material bahan. Ada beberapa jenis bahan diantaranya yang mudah menghantarkan zat kimia karsinogen bagi tubuh. Tetapi anda tidak perlu khawatir, saat ini produsen alat masak selalu melakukan inovasi dan mengevalusi bahan terbaik yang aman digunakan. Beberapa rekomendasi material bahan yang tidak mempengaruhi hasil masakan yakni Marmer yang sering untuk pelapis alat masak. Selain marmer ada juga alat masakan bahan kaca yang bagus dan tidak meninggalkan residu terutama zat kimia.

2. Tidak Berbahan Plastik

Ilustrasi Alat Memasak

Photo :
  • Getra

Hindari alat masakan yang terbuat dari bahan plastic, karena beberapa bahan plastik terbuat dari zat kimia berbahaya dan pada jangka panjang mendatangkan berbagai gangguan kesehatan pada tubuh manusia. Sebaiknya anda membaca label yang tertera pada produk alat masak sebelum membeli, hindari beberapa bahan plastik tanpa label food grade.

3. Bebas Bahan Kimia

Ilustrasi peralatan masak

Photo :
  • Pixabay/Olaf Bröker

Hindari peralatan memasak yang mengandung bahan kimia saat pengolahan dan pembuatan alat masak tersebut. Hal ini mengingat makanan yang kita olah dengan alat masakan tersebut akan rentan terkontiminasi zat bahan kimia yang ada pada peralatan memasak yang digunakan untuk mengolah makanan.

4. Mudah Dibersihkan

Ilustrasi alat memasak stainless steel.

Photo :
  • Ist.

Anda perlu ketahui, peralatan masak yang mudah dibersihkan menandakan tidak adanya bahan kimia berbahaya. Karena alat bermaterial bahan kimia mengharuskan anda untuk berhati-hati dalam membersihkan, dengan dalih agar tak mudah tergores. Padahal sebenarnya adalah agar zat kimia tak mengelupas dan terlarut bersama makanan ketika memasak. Jadi berhati-hati dalam memilih alat masak, lihat label terlebih dahulu apakah ada label food grade atau tidak.

"Sebenarnya, alat masak bukan sekedar sarana mempermudah proses memasak, tapi lebih dari itu, alat masak yang bagus, higienis dan berkualitas mempunyai dampak kesehatan bagi orang yang mengkonsumsi makanan," ujar Muhamad Rizki, selaku Marketing Manager PT. Royal Sutan Agung, perusahaan yang bergerak di bidang Supply peralatan memasak makanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya