16 Arti Mimpi BAB Menurut Primbon Jawa dan Pandangan Islam

Buang air besar.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Arti mimpi bab (buang air besar) memiliki banyak makna. Hal itu bisa diartikan menurut Islam dan juga bisa diartikan menurut primbon jawa. Arti mimpi bab ini biasanya menandakan suatu hal akan terjadi pada kehidupan pribadi. Dengan kejadian ini bisa menjadi masalah atau situasi yang aneh. Selain itu, arti mimpi bab juga akan berbeda tergantung cara buang air besar tersebut.

Unggah Foto Umroh Bareng, Sunan Kalijaga: Kembalikan Iman Islam Salmafina

Arti mimpi bab ini bisa jadi pertanda baik atau buruk. Meskipun belum ada ilmu pasti yang dapat membuktikan mimpi secara ilmiah, namun mengetahui beberapa arti mimpi dapat membawa perasaan lega tersendiri. Hal ini tentunya bisa dijadikan pelajaran untuk kehidupan nyata.

Mimpi memang sudah diyakini memiliki makna tersendiri dan tidak hanya sekedar bunga mimpi saja. Pasalnya, mimpi yang terjadi pada setiap orang ini sering kali digambarkan dengan keadaan atau kondisi yang unik. Berikut arti mimpi bab yang telah VIVA rangkum untuk kamu dari berbagai sumber menurut islam dan juga primbon jawa.

Merinding! Irfan Hakim Belajar Tari Sufi Ternyata Ada Filosofinya, Kain Kafan Hingga Sakaratul Maut

Arti Mimpi BAB Menurut Primbon Jawa

Ilustrasi buang air besar.

Photo :
  • U-Report
Menag Yakin Populasi Muslim Digeser Pakistan Tak Berdampak Apapun Termasuk Kuota Haji

Sebagian orang jawa, masih mempercayai beberapa arti dari sebuah mimpi berdasarkan primbon jawa. Berikut arti mimpi BAB menurut primbon Jawa.

1. Arti mimpi BAB di sungai atau kali

Menurut primbon Jawa, Arti dari mimpi buang air besar di sungai merupakan sebuah pertanda yang kurang baik. Yang mana makna dari mimpi tersebut adalah secara umum yang memimpikannya akan mengalami kemalingan yang menyebabkan hilangnya harta benda yang anda miliki.

2. Arti mimpi BAB keluar darah

Jika kamu mengalami mimpi seperti ini’ yakni mimpi membuang air besar keluar darah, ini pertanda bahwa kamu akan mengalami kesusahan dalam bidang yang saat ini kamu kerjakan atau dalam pekerjaan kamu.

3. Arti Mimpi BAB di hadapan banyak orang

Menurut primbon jawa, arti mimpi BAB di hadapan banyak orang bisa disebut sebagai peringatan bagi seseorang untuk membuang sesuatu dalam hidupnya. Artinya, kamu harus menghapus sebuah perasaan sulit dan gelisah. Banyak juga yang percaya jika mimpi ini berarti kamu sedang membuang-buang waktu dalam hidupmu dengan percuma.

4. Arti mimpi BAB berwarna aneh

Jika seseorang bermimpi buang air besar dengan warna kotoran yang aneh, ini bisa berarti baik dan buruk. Jika kamu memimpikan hal ini, maka bersiap-siaplah untuk menghadapi masalah yang berhubungan dengan sanak keluarga. Apabila warna kotoran di mimpi terlihat kemerahan, artinya kamu harus lebih berhati-hati akan kesehatan keluarga. 
Jika warnanya berubah menjadi kebiruan, maka artinya keluargamu akan mengalami kesusahan dalam hal ekonomi. Dan bila warnanya pucat, maka kemungkinan kamu akan mendapatkan keluarga baru, alias seseorang akan menikah atau mendapatkan anak.

5. Arti mimpi BAB di tempat tidur

Jika kamu pernah bermimpi BAB di tempat tidur, itu artinya kamu memendam banyak perasaan seksual. Mimpi buang air besar di atas kasur juga dapat menandakan bahwa kamu akan mengalami gejolak percobaan di kehidupan percintaanmu.

6. Arti mimpi BAB lewat mulut

Sedikit aneh namun sepertinya beberapa orang pernah mengalami mimpi yang satu ini. Jika kamu pernah bermimpi demikian, menurut primbon Jawa, itu berarti kesehatan seseorang sedang tidak seimbang.

7. Arti BAB di mana-mana

Jika kamu pernah mengalami mimpi BAB dimana-mana, mimpi ini bisa berarti bahwa kamu sedang ada di dalam hubungan yang tidak sehat. Bisa dari hal percintaan atau pertemanan. Menurut ilmu psikologi, memimpikan kotoran di mana-mana cenderung memunculkan perasaan tidak enak yang terpendam.

8. Arti mimpi BAB dalam jumlah banyak

Mimpi buang air besar dalam jumlah yang banyak berarti ada masalah yang akan dating mengampirimu. Menurut Kitab Primbon Jawa Serbaguna karangan R. Gunasasmita, 2009, ini merupakan tanda bahwa kamu akan melewati tahap kesulitan yang bertubi-tubi. 

9. Arti mimpi BAB keluar cacing

Pernah bermimpi BAB keluar cacing? Ini adalah pertanda baik untuk kamu. Mimpi buang air besar berisi cacing menandakan bahwa seseorang sudah terbebas dari beban dan masalah hidup. Logikanya, cacing-cacing yang keluar merupakan simbol keburukan pada tubuh kita.

10. Arti mimpi BAB di tempat umum

Jika kamu pernah mengalami mimpi ini, itu pertanda jika kamu akan membuang energi buruk dalam hidupmu. Bentuknya bisa berupa teman manipulatif, pasangan yang sudah tidak setia, atau sekedar energi negatif yang ada di tubuhmu.

Arti Mimpi BAB Menurut Islam

buang air besar

Photo :
  • vstory

Diantara kamu mungkin pernah bermimpi buang air besar saat sedang tidur. Hal ini tentu menjadi pertanyaan bagi sebagian orang yang sering menghubungkan mimpinya dengan suatu kejadian tertentu. Berikut arti mimpi BAB menurut pandangan Islam.

1. Arti Mimpi BAB

Melansir dari Bincang Syariah, menurut Imam Abu Bakar bin Muhammad al-Hanafi al-Ihsa’i dalam kitab Tanbih al-Afham bi Ta’wil al-Ahlam, mimpi buang air besar itu menandakan dua hal buruk. Pertama, orang yang mimpi BAB sedang mengalami ketakutan karena penguasa atau atasannya yang menekan. Kedua, orang yang mimpi BAB akan mengalami kerugian dalam usahanya.

2. Arti Mimpi BAB berdasarkan tempat

Selain itu, Imam Abu Bakar al-Hanafi al-Ihsa’i juga menafsirkan mimpi orang buang air besar di suatu tempat yang dikenal itu pertanda ia akan menginfakkan hartanya berdasarkan hawa nafsu. Namun, jika seseorang mimpi buang air besar di tempat yang tidak dikenal, itu pertanda ia akan menginfakkan harta yang haram.

3. Arti Mimpi BAB di pakaian

Hal buruk lainnya jika kamu bermimpi BAB di pakaian, kamu akan melakukan dosa. Namun, jika mimpi buang hajat besar di kasur, itu pertanda ia akan mengalami sakit keras atau bercerai dengan pasangannya.

4. Arti mimpi BAB di tempat umum

Bila seseorang bermimpi menunaikan hajat besar di tempat terbuka, kemudian kotorannya itu ia tutupi dengan debu, menurut Imam Abu Bakar itu pertanda ia akan menyimpan harta di suatu tempat.

5. Arti mimpi memakan kotoran

Pernahkah kamu bermimpi memakan kotoran? Menurut Imam Abu Bakar, ia mengartikan orang yang bermimpi memakan kotoran akan mendapatkan harta haram atau mengungkapkan perkataan kotor yang akhirnya ia sesali sendiri.

6. Arti mimpi BAB berupa hewan

Bermimpi buang air besar tak hanya sebagai tanda buruk, namun juga ada pertanda kebaikan. Jika seseorang bermimpi buang hajat, namun yang keluar bukanlah kotoran melainkan hewan, itu pertanda ia akan mendapatkan anak yang baik. Sementara itu, orang yang bermimpi menduduki kotoran tersebut, ia akan mendapatkan harta dari kerabat atau akan mendapatkan warisan.

Demikian ulasan tentang arti mimpi BAB menurut primbon Jawa dan juga pandangan ulama. Dengan penjelasan arti mimpi tersebut, kamu bisa menjadikannya sebagai pelajaran untuk meningkatkan diri agar lebih baik lagi. Semoga ulasan ini bermanfaat.

KH Yahya Zainul Ma'arif atau Buya Yahya

Banyak Utang Tapi Bagi-bagi THR saat Lebaran? Ini Kata Buya Yahya

Punya utang jatuh tempo yang perlu dibayar namun mendahulukan untuk bagi-bagi Tunjangan Hari Raya (THR) saat Hari Raya Idul Fitri. Bagaimana Islam memandang fenomena ini?

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024