5 Fenomena Mistis di Indonesia, No 4 Kok Bisa?

Ilustrasi kejadian mistis.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Fenomena mistis di Indonesia sudah ada sejak zaman dahulu. Tak sedikit dari kejadian dan fenomena tersebut yang mengandung misteri sehingga mengundang perhatian selama beberapa lama. Namun juga ada yang ternyata hanya sebatas isapan jempol belaka karena merupakan cerita yang bersifat turun-temurun dari zaman nenek moyang.

Kisah Mistis di Pergudangan Ngagel Surabaya, Ada Sosok Medon Bersuara Mirip Burung

Fenomena tersebut juga terjadi di era saat ini bahkan benar-benar tak masuk akal. Di antara fenomena itu memang sulit dipercaya karena seolah-olah terjadi begitu saja. Kejadian tersebut tak jarang melibatkan warga sipil di malma hari atau di mana saja.

Kejadian tersebut tampak nyata namun sulit dipercaya. Berikut fenomena mistis di Indonesia yang masih sulit terpecahkan hingga saat ini beserta penjelasannya:

Gerhana Matahari Total Bakal Hadir di Indonesia, Cek Jadwalnya

1. Bus Pahala Kencana

Sekitar tahun 2012 silam, ada fenomena yang mengheboh warga setempat dan sulit dicari pembenaran ilmiahnya. Sebuah bus Pahala Kencana tiba-tiba nyungsep ke hutan tanpa penjelasan dan kemudian dikeluarkan tanpa sedikit pun tergores ranting, padahal ketika ditemukan jelas-jelas bus sedang dikelilingi pohon lebat.

Selebgram Alami Hal Mistis di Tol Cikampek KM 58, Mencium Bau Bunga dan Lihat Sosok Misterius

Fenomena aneh bus Pahala Kencana jurusan Jakarta-Madura dan dua truk beton Jaya Mix yang tiba-tiba berada di tengah hutan di kawasan Blora, Jawa Tengah, Kamis (22/6/2012) dikaitkan unsur mistis. Beruntung seluruh sopir dan penumpang kendaraan yang masuk terowongan 'gaib' tersebut selamat setelah mendengar suara kokokan ayam dan kumandang adzan Subuh.

"Itu jelas ulah makhluk halus. Kendaraan itu sebenarnya masuk ke dalam sebuah terowongan gaib yang entah kemana tembusnya. Beruntung sopir segera tersadar setelah mendengar suara kokokan ayam dan suara adzan," kata Mbah Kesi, sesepuh desa setempat yang juga spiritualis.

Ia mengetahui cerita soal kokokan itu setelah si sopir truk bercerita banyak padanya saat meminta terapi akibat trauma berat. Suara kokokan ayam jago dan adzan itu tedengar karena saat ketiga kendaraan ada di tengah hutan bersamaan dengan waktu shalat Subuh menjelang pagi yakni sekitar pukul 4.30.

Menurut Kakek 62 tahun ini, jika saja tak ada suara-suara yang membuat sopir tersadar tersebut, bisa jadi rombongan bus dan truk itu lebih masuk jauh ke dalam jalan 'gaib' itu. Bahkan bisa jadi rombongan truk dan bus yang mengakut puluhan penumpang itu tersebut masuk ke dunia lain dan tak kembali.

2. SS Ourang Medan

Indonesia juga punya kisah kapal hantu. Kisah kapal hantu bukanlah sesuatu yang belum pernah terdengar. Lagipula, laut memang selalu mempunyai misteri yang susah dipecahkan oleh umat manusia.

Kapal SS Ourang Medan punya satu keganjilan jika dibandingkan dengan kisah-kisah kecelakaan lainnya. Semua penumpang, bahkan anjing yang ikut di dalamnya mati dalam pose ketakutan. Satu orang kabarnya selamat dan tak sempat menceritakan apa-apa.

Pertama kali dilaporkan kecelakaan pada tahun 1948, kisah ini kemudian mempunyai banyak versi. Tapi, semua laporan selalu mendeskripsikan penumpang kapal maut dengan "Para penumpang menghadap ke arah matahari, dengan gigi ompong dan pose muka ketakutan". Sialnya lagi, ketika diselidiki, kapal ini seperti lenyap saja dari database, hampir tak ada yang bisa menjelaskan secara detil rute kapal ini. Keberadaannya pun sampai saat ini misterius.

3. Batu Misterius Dari Langit

Kalau cerita-cerita tadi berbau alam gaib, cerita yang satu ini datangnya diduga dari planet luar. Warga Kupang dikejutkan oleh penemuan sebuah batu dengan ukiran-ukiran aneh. Diduga keras batu ini adalah Star Map yang jatuh dari langit.

Nah, uniknya gambar yang tertera di batu mirip sekali dengan Pioneer Plaque yang dikirimkan umat manusia ke langit luas pada tahun 1972. Para ahli UFO berpendapat kalau batu ini adalah jawaban yang dikirimkan balik oleh makhluk luar angkasa.

Star Map ditemukan di tahun 1992 oleh seorang peneliti Devil Hills, Kupang. Salah seorang staff BETA-UFO (Komunitas peneliti UFO Indonesia), batu tersebut mengandung elemen radioaktif yang tak biasa.

4. Taksi Terjebak Dalam Gang Sempit

Seorang supir taksi mendapati dirinya dibangunkan oleh warga di suatu pagi di tahun 2007. Menurut pengakuannya, dia mengantar 3 perempuan misterius di malam sebelumnya dan sama sekali tak tahu kenapa dia bisa berada di gang sempit yang sebenarnya tak mungkin dimasuki taksi.

Malam sebelumnya, Pak Teto (nama si supir taksi), diberhentikan oleh tiga gadis cantik yang masuk ke taksi tanpa memberitahukan tujuan sebenernya. Tiga gadis cantik itu juga tak bicara banyak, hanya menunjukkan jalan. Anehnya, taksi diarahkan ke daerah TPU Karet Bivak, dimana mereka akhirnya berhenti di sebuah gang sempit di daerah tersebut.

Salah satu dari mereka turun lebih dulu, merasa curiga pak Teto melihat lagi ke dua di belakangnya, yang kemudian mengejutkannya dan membuatnya pingsan. Menurut pengakuannya, saat dini hari mengantar penumpang, bukanlah pemakaman yang dia lihat. Tapi rumah-rumah megah yang berjejeran, sehingga dia merasa baik-baik saja menjalankan taksinya.

Lalu mengapa dia pingsan? Sopir mengaku melihat penumpangnya yang semula cantik, berubah memiliki wajah yang sangat buruk dan menyeramkan. Dua keanehan juga ditemukan, Aspal di gang tersebut menunjukkan tanda-tanda bahwa taksi itu bukannya melewati gang dengan biasa, tapi diseret-seret. Secara logika, taksi memang susah masuk saking kecilnya gang tersebut. Ketika mengeluarkannya saja, mereka harus membongkar beberapa tong sampah yang berada di gang tersebut.

Selain itu, dengan kondisi gang yang sempit, harusnya warga mendengar jelas jika ada suara deru mobil. Sesuatu yang ternyata tak ada yang mendengarnya. Apa yang terjadi? Biarlah jadi misteri.

5. Senyuman Pria Misterius

Di tahun 2013, sebuah kecelakaan maut terjadi melibatkan Kereta Commuter Line dan Truk. Seorang wanita selamat dari kejadian itu. Menurut pengakuannya, dia selamat karena seorang pria misterius yang tersenyum membukakan pintu. Dinda Irawati, nama si wanita yang sedang menaiki Kereta Commuter Line maut itu dan berdiri tepat di belakang pintu masinis sambil memegang gantungan tangan yang berada tepat di atasnya. Dinda menahan dirinya untuk masuk ke ruang lokomotif, yang kemudian menyelamatkan dirinya.

Menurutnya, ada firasat yang muncul sesaat sebelum terjadinya kecelakaan. Seraya gemetar, Dinda mengungkap sesuatu hal yang menurutnya aneh. Ketika menghadap pintu masinis, Dinda mendapati seorang pria membuka pintu dengan wajah tersenyum.

Dinda menduga, pria itu salah satu pendamping masinis. Dinda pun tertahan oleh senyuman itu dan mengurungkan niat masuk ke ruang lokomotif. Belum habis senyuman itu dipandang dan juga belum sempat masuk ke dalam ruang masinis, suara ledakan terdengar. Seketika langsung membuat seisi gerbong panik. Tangis pecah, jeritan di mana-mana.

Itulah sederet fenomena mistis di Indonesia yang sudah ada sejak dahulu hingga saat ini. Kejadian tersebut dianggap tak masuk akal namun telah terjadi. Apapun yang terjadi biarkanlah menjadi misteri dan cerita yang akan bersifat turun-temurun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya