8 Hal Jarang Disadari, Tapi Batalkan Puasa di Bulan Ramadhan

Ilustrasi puasa, gelas kosong
Sumber :
  • pixabay/ Serdar_A

VIVA –  Ada beberapa hal yang dapat membatalkan puasa di bulan Ramadhan yang mungkin jarang kamu sadari. Ibadah puasa Ramadhan tahun ini diperkirakan akan di mulai pada Sabtu, 2 April 2022 mendatang. Puasa Ramadhan sendiri adalah ibadah yang harus dilakukan oleh semua umat Ilam selama satu bulan penuh. Puasa yang dimaksud adalah menahan lapar dan hawa nafsu dari masuknya waktu sholat subuh sampai waktu berbuka puasa. 

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

Setiap umat Islam tentu saja ingin berpuasa di bulan Ramadhan ini dengan sempurna. Maka tidak heran bila banyak dari mereka yang sangat menjaga agar ibadah menahan lapar dan dahaga dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari tidak sia-sia. Selain dari beberapa hal yang dapat membatalkan puasa, ternyata ada hal lain yang mungkin jarang disadari tapi bisa membuat puasa yang dijalankan batal. 

Kadang tanpa disadari kegiatan tersebut seringkali dianggap sepele, tapi ternyata bisa saja membatalkan puasa. Mumpung saat ini belum memasuki bulan puasa, sebaiknya kamu mengetahui beberapa hal yang dapat membatalkan puasa supaya tidak sengaja melakukan hal tersebut. Nah, menyadur dari berbagai sumber, berikut adalah ulasan selengkapnya tentang hal yang dapat membatalkan puasa di bulan Ramadhan yang jarang disadari. 

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

1. Mengobati dengan Cara Memasukkan Obat ke Dalam Tubuh

Ilustrasi penderita ambeien.

Photo :
  • U-Report
Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan

Hal-hal yang dapat membatalkan puasa di bulan Ramadhan pertama adalah memasukkan benda, obat-obatan, atau benda lain pada salah satu dari dua jalan atau lubang yaitu qubul dan dubur. Misalnya kamu melakukan pengobatan untuk orang yang tengah mengalami ambeien atau mungkin bagi orang yang sakit dengan memasang kateter urin, maka dua hal ini bisa membatalkan puasa. 

2. Muntah Secara Sengaja

Ilustrasi muntah

Photo :
  • U-Report

Hal yang dapat membatalkan puasa berikutnya adala muntah secara sengaja. Bila kamu muntah tanpa disengaja atau muntah secara tiba-tiba, maka puasanya tetap dihukumi sah selama tidak ada sedikit pun dari muntahan tersebut yang tertelan kembali. Bila muntahannya tertelan secara sengaja, maka puasanya adalah batal. 

3. Keluar Air Mani Karena Bersentuhan Kulit

Ilustrasi Bulan dan sperma.

Photo :
  • New York Post

Keluarnya air mani atau sperma yang disebabkan karena bersentuhan kulit juga dapat membatalkan puasa. Misalnya, air mani keluar karena kamu melakukan onani atau karena bersentuhan dengan lawan jenis tanpa hubungan seksual. Berbeda halnya saat mani keluar karena mimpi basah maka dalam keadaan tersebut puasa tetap sah. 

4. Murtad Saat Puasa

Menu buka puasa

Photo :
  • Instagram @kumpulanresepbundaku

Murtad merupakan keluarganya seseorang dari agama Islam. Misalnya seseorang yang tengah berpuasa kemudian mengingkari keesaan Allah SWT atau mengingkari hukum syariat yang telah menjadi konsensus ulama. Selain itu, batal puasanya juga berkewajiban untuk mengucapkan syahadat dan mengqadha puasanya. 

5. Sikat Gigi

Ilustrasi sedang bersikat gigi

Photo :
  • U-Report

Kebiasaan lain yang dapat membatalkan puasa di bulan Ramadhan adalah sikat gigi. Walaupun sikat gigi merupakan kebiasaan baik yang dilakukan setiap hari untuk membersihkan mulut dan gigi dari bakteri, tapi hal ini menjadi faktor batalnya puasa bila dilakukan di waktu yang tidak tepat. Sikat gigi saat berpuasa tersebut masih menjadi perdebatan antara boleh atau tidak. 

Beberapa ulama mengatakan bahwa sikat gigi saat puasa adalah makruh dan dapat membatalkan puasa, terutama pada saat sebelum waktu dzuhur dan ashar. Tapi, tidak dapat dipungkiri bila saat berpuasa kamu akan mengalami masalah bau mulut. Sehingga disarankan untuk sikat gigi dan berkumur setelah makan sahur untuk mengurangi bau mulut. 

6. Merasakan Makanan

Masakan rumahan Cecek Mercon Bumbu Kemangi

Photo :
  • Cookpad @bytya Blitar

Kebiasaan yang dapat membatalkan puasa berikutnya adalah mencicipi atau merasakan makanan. Merasakan makanan ini dapat membatalkan puasa karena secara tidak langsung kamu sudah merasakan rasa makanan tersebut. Walaupun kamu mengeluarkan kembali makanan yang dicicipi, tapi tidak tahu dan memastikan seberapa banyak rasa yang tertelan.

Hal ini tentu menjadi masalah untuk para ibu-ibu yang akan membuat hidangan untuk berbuka. Sebab, para ibu-ibu harus yakin dengan kelezatan makanan tersebut tanpa mencicipinya. Tapi, beberapa ulama mengatakan bahwa mencicipi makanan ketika memasak hukumnya adalah makruh. 

7. Emosi

Emosi

Photo :
  • vstory

Melaksanakan ibadah puasa adalah menahan hawa nafsu dari terbit matahari sampai terbenamnya matahari. Selain hawa nafsu, kamu juga perlu menahan emosi selama puasa. Bila kamu sedang berpuasa dan secara tidak sengaja meluapkan emosi berlebih, maka puasanya batal. Meski banyak yang tetap melanjutkan puasanya, tapi mereka tidak akan mendapatkan pahala. 

8. Berniat Buka Puasa

6 Rekomendasi Menu Buka Puasa Bersama Keluarga

Photo :
  • U-Report

Secara sengaja mempunyai niat untuk berbuka puasa padahal belum waktunya maka puasanya bisa batal. Bahkan, sekalipun hanyalah niat dan belum makan atau minum apapun, puasa bisa batal. Sebab, niat adalah rukun puasa. Penting untuk menjaga niat puasa selama bulan Ramadhan supaya kita bisa berjalan sebulan penuh. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya