8 Misteri Terbesar Dunia yang Belum Terungkap, Ada Kain Kafan Turin

Batuan Stonehenge megalitik di Inggris
Sumber :
  • vstory

VIVA – Menelaah tentang misteri terbesar di dunia memang selalu menarik perhatian warganet. Apalagi sejak zaman dahulu kala, manusia memang selalu tertarik untuk mengungkapkan berbagai misteri yang ada di alam dunia. Tapi, tidak semua misteri tersebut dapat terjawab dengan memuaskan. Termasuk beberapa hal yang menjadi misteri di dunia dan tidak banyak diketahui asal muasalnya. Bila kamu tertarik dengan beberapa misteri terbesar di dunia tersebut, simak ulasan berikut ini yang disadur dari berbagai sumber. 

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

1. Mekanisme Antikythera, Yunani

Artefak Mekanisme Antikythera di museum

Photo :
  • www.persegeus.gr
6 Perguruan Pencak Silat Indonesia Tersebar di Dunia, Ada Muhammadiyah

Dipercaya bahwa sejak 150 SM dan 100 SM para ahli di Yunani mungkin sudah membuat perangkat mirip komputer kuno. Perangkat tersebut ditemukan di area reruntuhan kapal berusia 2000 tahun di lepas pantai pulau Antikythera, Yunani. Sejarawan sains yang bernama Derek J. de Solla Price dari Universitas Princeton tahun 1959 menemukan bahwa perangkat tersebut. 

Ia mengatakan bahwa komputer kuno itu dapat dipakai untuk memprediksi gerhana dan bahkan posisi astronomi. Akan tetapi, hal yang misterius mengenai hal ini adalah bahwa teknologi untuk membuat objek seperti itu tidak terlihat lagi sampai abad ke-14 dan alasannya masih belum diketahui. 

Donald Trump Peringatkan Israel Harus Berhati-hati Agar Tidak Kehilangan Perhatian Dunia

2. Monster Loch Ness, Skotlandia

Ilustrasi monster Loch Ness.

Photo :
  • U-Report

Mungkin kamu belum dapat mempercayai bahwa ada monster seperti Loss Ness. Sesuai legenda, ini adalah makhluk air mitos yang bisa ditemukan di perairan Skotlandia, sementara beberapa ahli mengatakan bahwa ini merupakan hewan yang besar seperti garis dinosaurus. Bukti fotografi monster tersebut pertama kali dipercaya ditemukan tahun 1934. 

Setelah itu, ditemukan palsu tahun 1994. Kemudian pada tahun 2008, ada sebuah laporan yang mengatakan bahwa makhluk tersebut mungkin sudah punah lantaran pemansan global, sementara dalam beberapa waktu belakangan, para ahli tengah dalam pembicaraan untuk memakai DNA lingkungan untuk menetapkan kehadiran monster tersebut. 

3. Kain Kafan Turin, Italia

Transformasi negatif ke positif gambar kafan Turin pada 1898

Photo :
  • colinb-sciencebuzz.blogspot.com

Benda ini merupakan selembar kain linen yang memperlihatkan gambar seorang pria yang dipercaya sebagai kain kafan Yesus dari Nazaret. Sesuai dengan catatan, ini sudah disampaikan di Katedral Santo Yohanes Pembaptis di Turin, Italia. Menariknya, untuk dicatat adalah bahwa selama bertahun-tahun, banyak ahli yang sudah mempelajari kain tersebut. 

Bahkan, mereka juga melakukan beberapa tes, termasuk studi DNA. Sesuai dengan hasil penelitian tersebut yang diterbitkan pada Juli 2018, kafan tersebut palsu lantara pola noda darah tampak tidak realistis. Walaupun demikian, kain kafan tersebut masih tetap menjadi ikon agama dan tetapi diselimuti oleh misteri. 

4. Mohenjo Daro

Sisa-sisa bangunan Mohenjo Daro

Photo :
  • http://cutpen.com

Misteri terbesar di dunia berikutnya adalah Situs Warisan Dunia UNESCO yang dibangun sekitar 2500 SM. Mohenjo Daro merupakan salah satu pemukiman terbesar dari peradaban Lembah Indus Kuno dan menjadi salah satu kota paling awal di dunia. Situs tersebut tumbuh subur sepanjang dataran subur Sungai Indus, sampai runtuh secara misterius. 

Kota tersebut tetap tidak dikenal hingga tahun 1911, saat para arkeolog membuat penemuan pertama mereka. Hal yang menarik untuk dicatat adalah bahwa nasib peradaban dan orang-orang di sini masih belum diketahui, walaupun banyak teori yang sudah dikemukakan oleh para ahli. 

5. Stonehenge, Inggris

Stonehenge

Photo :
  • gizmodo.com

Sesuai catatan, para pembangun Neolitik bekerja sekitar 30 juta jam untuk membangun monumen bersejarah tersebut. Dengan batu yang sangat besar, struktur tersebut terutama terdiri dari sarsen dan bluestone. Sebuah Situs Warisan Dunia UNESO yang berada di Inggris Selatan. 

Selain itu, beberapa ahli mengatakan bahwa gletser, bukan manusia yang bertanggung jawab atas beberapa besar pengangkatan batu yang berat selama salah satu zaman es. Akan tetapi, tujuan dari struktur tersebut masih menjadi misteri. 

6. Prasasti Shugborough, Inggris

Prasasti Shugborough

Photo :
  • Tangkapan Layar

Monumen Gembala abad ke-18 di Staffordshire, Inggris ini tampak seperti monumen biasa dari jauh, tapi saat kamu mendekat maka akan melihat urutan huruf yang sangat aneh, yaitu DOUOSVAVVM, yang menjadi kode tetap tidak terpecahkan selama bertahun-tahun lamanya. 

Beberapa ahli mengatakan bahwa kode ini mungkin dapat menjadi petunjuk yang ditinggalkan oleh Knights Templar tentang keberadaan Holy Grail, yang lain sudah mencoba untuk memecahkan kode tersebut, tetapi semuanya sia-sia. 

7. Segitiga Bermuda

Ilustrasi Segitiga Bermuda.

Photo :
  • U-Report

Selama 500 tahun belakangan, ini merupakan area misterius yang mana pesawat dan kapal hilang secara aneh dan misterius. Alasan mengapa misteri terbesar di dunia ini dinamakan sebagai Segitiga Bermuda atau Setan karena dibatasi dengan wilayah seberang laut Bermuda, Florida, Miami, Amerika Serikat dan wilayah Amerika Puerto Rico. 

Banyak teori sudah diungkapkan oleh para ilmuwan dan ahli. Mulai dari benda terbang yang tidak dapat dikenali atau UFO sampai monster laut. Tapi, sampai saat ini belum ada yang bisa memecahkan misteri tersebut. 

8. Area 51, Amerika Serikat

Zona terlarang Area 51, Nevada

Photo :

Markas Angkatan Udara AS yang terpencil dan berada di negara bagian Nevada ini dipenuhi dengan rahasia misterius. Sesuai teori konspirasi dan cerita rakyat UFO, dipercaya bahwa misteri terbesar di dunia itu berfungsi sebagai situs penyimpanan kendaraan alien yang jatuh ke bumi. 

Sementara itu, beberapa juga mempercayai bahwa fasilitas militer di bawah tanah tengah meneliti tentang teknologi alien. Apa yang ada dan apa yang telah terjadi di sana masih menjadi misteri yang belum terpecahkan sampai saat ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya