5 Trik Simpel agar Foto Panen Likes

Ilustrasi selfie.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Memainkan trik dan ilusi tidak hanya berlaku untuk pesulap. Dalam hal fotografi, kamu diperbolehkan menggunakan banyak trik dan ilusi untuk menghasilkan foto kelas dunia. 

Tentara Israel Ramai-ramai Pajang Foto saat Perang di Aplikasi Kencan

Dan mungkin satu dari sekian alasan mengapa banyak orang beralih ke iPhone adalah karena sensor kamera khas Apple dinilai terbaik di kelasnya. So, kenapa enggak kamu maksimalkan untuk menghasilkan foto yang epik dengan sedikit trik? Berikut beberapa caranya, dikutip dari siaran pers, Sabtu 2 April 2022. 

Coba angle baru
Saat memotret, kamu mungkin otomatis mengambil gambar selayaknya melihat dengan perspektif mata manusia. Jelas ini membuat foto terlihat biasa saja. 

Harga iPhone di iBox Naik Gila-gilaan

Untuk membuat foto terlihat berbeda, cobalah mengambil foto di luar posisi duduk atau berdiri seperti yang biasa dilakukan. Ambil perspektif dari sudut yang lebih tinggi atau lebih rendah. Low-angle fotografi adalah cara yang bagus untuk memberikan sentuhan menarik pada foto. 

Ilustrasi pasangan selfie

Photo :
  • Pexels
Seorang Pria Ditangkap Polisi karena Menyebarkan Foto Asusila Siswi SMP di Kota Malang

Lebih dekat dengan objek
Seperti yang pernah dikatakan fotografer perang Robert Capa, 'If your picture doesn’t good enough, you’re not close enough.' Mungkin objek yang kamu temui sehari-hari seperti tanaman, bangunan atau benda apapun terlihat biasa saja. 

Namun saat memotret benda-benda tersebut dari dekat, kamu mungkin menemukan warna, tekstur, atau pola menarik dalam subjek kamu, yang mungkin luput dari perhatian.

Aktifkan rule of third
Saat kamu baru mulai mempelajari fotografi, jangan ragu untuk menggunakan grid untuk mengatur gambar dalam rule of third. Tenang saja, banyak fotografer profesional pun masih menggunakan fitur ini saat memotret. 

Aturan ini membagi bidang gambar kamu menjadi kisi tiga kali tiga. Menempatkan subjek utama foto kamu di sepanjang garis ini menciptakan gambar yang lebih menarik dan rapi secara visual.

Ilustrasi selfie

Photo :

Focus dan exposure
Focus dan exposure jadi dua hal penting untuk menghasilkan foto yang epik. Untuk mengatur titik fokus, ketuk area di layar atau bagian objek yang ingin kamu fokuskan. Saat fokus diatur, kamu akan melihat kotak kuning yang menunjukkan titik fokus. 

Setelah fokus, kamu dapat menyesuaikan eksposur (kecerahan) jika perlu. Untuk menyesuaikan eksposur, geser ke atas atau ke bawah pada layar. Gesek ke atas untuk membuat gambar lebih terang atau ke bawah untuk membuatnya lebih gelap.

Kamu juga dapat mengunci pengaturan fokus dan eksposur menggunakan fitur AE/AF Lock. Ketuk dan tahan layar selama beberapa detik pada titik yang ingin difokuskan. Kotak kuning dengan AE/AF Lock akan muncul di bagian atas layar.

Maksimalkan portraits mode
Kalau kamu menginginkan profile picture yang stunning untuk dipasang sebagai profile picture dating apps, mengapa tak memaksimalkan fitur Portrait dari iPhone? Menghasilkan foto dengan efek depth of field biasanya hanya dapat dilakukan dengan kamera DSLR. 

Tetapi dengan model iPhone yang lebih baru, kamu dapat menggunakan mode Potret untuk membuat efek bidang kedalaman sesuai selera. Buka aplikasi Kamera, lalu pilih Potret di bagian bawah layar. Kamu juga bisa mengatur seberapa tingkat blur yang perlu dihasilkan lewat proses editing.

Tangkap foto refleksi
Genangan air, pantulan cahaya dari jendela adalah efek yang disediakan alam secara cuma-cuma. So, buatlah foto dengan memaksimalkan filter dari alam untuk menghasilkan karya foto refleksi yang apik. Untuk mendapatkan foto refleksi, diperlukan kepekaan dan kejelian yang perlu diasah lewat berbagai latihan. 

Manfaatkan cahaya sunrise atau sunset yang masuk ke sudut-sudut kecil ruangan dan berposelah sesuka hati. Pemandangan alam atau pelangi yang terpantul di danau juga bisa menjadi foto yang epik untuk diunggah di media sosial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya