Bacaan Doa Selamat, Memohon Diberi Perlindungan Dunia dan Akhirat

Ilustrasi Ramadhan/berdoa.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA – Doa selamat sering dibaca oleh umat Muslim, ketika hendak ingin bepergian ke suatu tempat. Doa selamat dunia dan akhirat dibaca ketika kita ingin meminta perlindungan Allah SWT. Untuk meraihnya sangatlah mudah. Umat Muslim hanya dianjurkan untuk berikhtiar lahir dan batin, dengan membaca doa selamat.

Saat Berdoa di Rakornas Pilkada, PAN Yakin Dapat Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Membaca doa sebelum melangkahkan kaki dari rumah tentu sudah menjadi anjuran umat Muslm di penjuru dunia. Setiap umat muslim dianjurkan untuk berdoa lebih dulu sebelum memulai segala aktivitas.

Ilustrasi perjalanan panjang.

Photo :
  • U-Report
Anggota DPR Soroti Tragedi Warga Bubarkan Mahasiswa Katolik saat Ibadah Doa Rosario di Tangsel

Berdoa menjadi salah satu amalan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Di mana dengan melakukan amalan sholeh tersebut, kita memohon agar selalu diberikan keberkahan dan kebaikan.TIdak hanya itu, dengan berdoa kita juga meminta agar selalu diberikan perlindungan dari segala marabahaya yang ada di sekitar.

Salah satunya dengan membaca doa selamat, yang menjadi salah satu ikhtiar kita agar selalu terjajaga dan dilindungi oleh Allah SWT. Doa selamat juga dipanjatkan untuk memohon keselamatan untuk dunia serta akhirat.

PKB Bantu Doain PPP Lolos di MK, Cak Imin Apapun yang Diminta Kita Sediakan

Dimana selamat dunia itu berarti kita berharap dijauhkannya  dari hal-hal buruk yang terjadi salam hidup di dunia dan selamat akhirat, berarti dijauhkan dari segala siksa api neraka yang jahanam dan selalu dilindungi selama masa-masa hisab.

Berikut ini terdapat doa selamat dunia dan akhirat yang dilansir dari dutadakwah.co.id, dengan latin dan artinya. Semoga bisa dipahami dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Ilustrasi berdoa.

Photo :
  • U-Report

1. Doa Selamat Dunia Akhirat

Doa selamat bisa dipanjatkan setelah selesai melakukan sholat lima waktu. Sebagai berikut ini:

Allâahumma innâa nâs alukâ salaâmatan fid diin, wâ ‘aafiyatân fil jasâd, wa ziyâdatan fil ‘ilmi, wâbarokatân dir rizqi, wâ taubatan qoblâl maut, wârohmatan indâl maut, wâ maghfirotân ba’dâl mâut. Allâahummâ hâwwin ‘alâinaa fii sâkarootil mâut, wân najâata minân nâar, wâl ‘afwâ indâl hisâab.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.”“Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.”

 2. Doa selamat dunia akhirat dari Nabi Luth

Kita bisa ikut mengamalkan doa pendek Nabi Luth untuk memperoleh keselamatan dunia dan akhirat.

Robbi najjínii wa ahlií mímmaa ya’maluun. 

Artinya: “Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan.”

3. Doa selamat dari tipu daya orang kafir

Ada amalan yang bisa kita lakukan agar bisa selamat dari dunia dan akhirat. Salah satunya dengan membaca doa selamat dari tipu daya orang kafir.

Ada doa yang dapat membentengi kita dari tipu daya orang kafir. Doa tersebut adalah sebagai berikut:

Róbbanaa laa taj’alnaa fitnatal lil qóumidh dhóolimiin wa najjinaa biróhmatika minal qóumil kaafiriin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, jangan jadikan kami sasaran fitnah dan jauhkanlah kami dari sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari tipu daya orang-orang yang kafir.“

4. Doa selamat dari rasa dengki

Salah satu hal yang bisa menyebabkan seorang hamba masuk neraka yaitu memiliki rasa dengki. Ternyata, rasa dengki mampu memasukkan kita ke dalam pintu neraka dan mendapatkan siksaan akhirat.

Oleh karena itu, sudah sebaiknya kita mampu memnjaga diri dari rasa dengki.

Rabbanaagfir lanaa wa li ikhwaaninalladzina sabaquunaa bil iimaani wa laa taj’al fii quluubinaa gilaa lilladziina aamanuu rabbanaa innaka rauufur rahiim.

Artinya: “Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hasyr ayat 10)

 

5. Doa Selamat yang Dibaca Nabi Musa AS

Selain Nabi Luth, doa selamat juga dibaca oleh Nabi Musa. Nabi Musa AS pernah berdoa agar terhindar dari tipu daya orang kafir saat Firaun berkuasa.  Sebagaimana dalam surat Yunus ayat 85 -86:

"Rabbana la taj’alna fitnatan lil qaumidz dzalimina wanajjina birahmatika minal qaumil kafirin."

Artinya:
“Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sebagai sasaran penganiayaan oleh kaum yang berlaku dzalim. Wahai Tuhan, selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari siksaan kaum yang kafir.” (QS. Yunus: 85-86).

6. Doa Selamat dari Orang Zalim

   Robbi najjinii minal qoumidh dholimiin.
   Artinya:
   "Ya Allah, selamatkanlah dan lindungilah aku dari orang-orang yang zalim itu."

7. Doa Selamat dari Segala Marabahaya

Untuk doa selamat dari segala marabahaya, umat Islam bisa membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas. Usahakan untuk membacanya sebanyak tiga kali pada saat pagi dan sore hari.

8. Doa Pendek Memohon Keselamatan

Tidak hanya doa selamat dunia akhirat di atas saja, ternyata ada juga doa pendek untuk memohon keselamatan. Tentu saja, doa ini lebih mudah untuk dihafalkan. Berikut doa pendek memohon keselamatan:

Allahumma antassalam, wa minkassalam, wa ilaika ya'uudussalam, fahayyina robbana bissalam, wa adkhilnal jannata daarossalam, tabarokta robbana wa ta'aalayta, yaa dzal jalaali wal ikram.

Artinya:
"Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang mempunyai kesejahteraan, dari-Mu kesejahteraan itu, kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Masukkanlah kami ke dalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang maha Tinggi, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan." 

Waktu Mustajab Doa Selamat

Ilustrasi sujud/sholat

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

1. Setelah Sholat Fardu

Anda bisa membaca doa selamat dunia dan akhirat setelah melakukan sholat fardu. Tidak hanya berdoa untuk meminta apa yang diinginkan, kita juga harus memanjatkan doa selamat agar selalu diberi keselamatan di dunia dan akhirat.

2. Setelah Sholat Sunnah

Doa selamat dunia dan akhirat juga bisa Anda baca setelah melakukan sholat sunnah. Khususnya, di waktu sepertiga malam.Sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk mengerjakan salat malam. Mulai dari tahajud,  hajat dan salat sunah lainnya. Setelah mengerjakan salat sunah, ini juga menjadi waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa.

3.  Setelah Azan Kumandang

Setelah azan berkumandang jangan lupa untuk membaca doa. Selanjutnya bisa dilanjutkan dengan membaca doa selamat dunia dan akhirat agar selalu diberi perlindungan oleh Allah SWT.

4. Pada saat Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa. Di mana pada malam ini semua umat muslim berlomba-lomba untuk mencari kebaikan dari malam tersebut. Seperti mengaji, itikaf dan berzikir dimasjid.  Nah, doa selamat ini bisa Anda amalkan pada saat malam Lailatul Qadar.

Keistimewaan Doa Selamat

Memanjatkan doa selamat ternyata memiliki beberapa keistimewaan, seperti diantaranya berikut ini;

1. Mendapatkan keselamatan dunia maupun akhirat.
2. Menghindari kita dari segala bencana maupun malapetaka.
3. Terhindari dari tipu daya orang kafir.
4. Selamat dari orang zalim.
5. Selamat dari penguasa yang zalim.
6. Dihindari dari segala siksa api neraka.

Teuku Ryan

Babak Baru Drama Teuku Ryan-Ria Ricis, Sang Adik Unggah Doa Sang Kakak Agar Dijauhkan dari Setan

Netizen terlihat mengomentari sikap Teuku Ryan dan adiknya yang dinilai tak pantas. Komentar di video tersebut juga ternyata sampai ke Ria Ricis

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024