6 Sungai Teraneh dan Misterius di Dunia, Nomor 2 Jadi Tanda Kiamat

Sungai Rio Negro, Brazil
Sumber :
  • Amusing Planet

VIVA – Ada beberapa sungai teraneh dan misterius di dunia yang mungkin jarang kamu ketahui. Sungai sendiri dapat menjadi sumber untuk kehidupan bagi manusia yang tinggal di sekitar sungai tersebut. Kehadiran sungai juga bisa membuat tanah di sekitarnya menjadi subur dan tentu saja ini bisa menjadi sumber pangan yang bagus untuk manusia yang berada di daerah tersebut. 

5 Negara dengan Perusahaan Domestik Terbanyak di Dunia, Cina Paling Unggul

Aliran sungai ini umumnya akan mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Akan tetapi, hal ini terpatahkan dengan adanya sungai teraneh dan misterius di dunia ini. Sungai ini berbeda dengan sungai pada umumnya sehingga bisa dikatakan aneh. Beberapa sungai ini mempunyai karakter sendiri ketimbang dengan sungai lain yang ada di dunia. Nah, berikut adalah ulasan tentang sungai teraneh dan misterius di dunia yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Sungai Nil

Umat Islam di Indonesia Akan Mengalami 2 Ramadan 1 Kali Lebaran dalam Setahun

wisatawan telusuri aliran anak Sungai Nil di Kairo, Mesir

Photo :
  • Antara/ Ismar Patrizki

Tentu saja sudah banyak yang mengenal tentang sungai Nil yang dinyatakan sebagai sungai terpanjang di dunia yang alirannya mencapai 6.650 kilometer. Tidak hanya itu saja, sungai Nil juga termasuk menjadi sungai teraneh lantaran debit air yang bisa berubah karena musim. Umumnya, sungai akan cenderung kering ketika cuaca panas atau ketika musim kemarau. 

Nasib Pilu Warga Gaza, Tank dan Roket Israel Masih Terus Menyerang saat Momen Idul Fitri

Akan tetapi, hal itu tidak akan terjadi pada Sungai Nil. Berdasarkan penelitian, ketika musim dingin sungai teraneh dan misterius di dunia ini justru akan mempunyai debit air yang kecil dan cenderung surut. Berbeda ketika memasuki musim panas atau kemarau, sungai ini akan mempunyai debit air yang sangat tinggi dan melimpah. 

2. Sungai Eufrat

Emas di Sungai Eufrat.

Photo :
  • U-Report

Sungai ini membentang dan juga melewati tiga negara sekaligus, yaitu Turki, Suriah, dan Irak. Sungai ini mempunyai panjang mencapai 2.781 kilometer. Tidak hanya kepercayaan dari beberapa masyarakat yang yakin bahwa air dari sungai ini berasal dari air surga. 

Akan tetapi, sungai Eufrat juga menjadi tanda bahwa kiamat akan segera hadir. Menurut berbagai sumber, ada sabda bila akan ada tanda menjelang hari kiamat, sungai Eufrat ini akan mengering atau tidak akan ada air. 

3. Sungai Rio Negro

Sungai Rio Negro, Brazil

Photo :
  • Amusing Planet

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa jika warna air dari sebuah sungai berwarna biru atau hijau. Tapi, berbeda dengan sungai teraneh dan misterius di dunia yang satu ini karena mempunyai warna hitam dan cokelat. 

Dikatakan sebagai sungai hitam terbesar di dunia, Rio Negro adalah anak sungai dari sungai Amazon yang mengalir melewati Kolombia sampai ke Monaus, Brasil. Beberapa sumber mengatakan bahwa warna hitam yang ada di sungai Rio Negro ini berasal dari asam organik yang tidak terurai dengan sempurna oleh vegetasi yang ada di area sungai. 

4. Sungai Yarlung Tsangpo

Lembah Yarlung, Tsangpo.

Photo :
  • http://www.isains.com/

Sungai Yarlung Tsangpo ini dikatakan sebagai sungai teraneh dan misterius di dunia lantaran terletak di tempat yang cukup tinggi ketimbang letak sungai pada umumnya. Bahkan, sungai ini dipandang sebagai sungai tertinggi pertama lantaran letaknya yang berada di ketinggian 14.800 kaki yang mengalir di South Tiber Valley. 

5. Sungai Seihan

Sungai Seihan

Photo :
  • Google Maps

Bukan hanya menjadi sungai terbesar yang ada di Yordania, sungai Seihan juga menjadi sungai terpanjang di negara Turki. Dengan panjang yang mencapai 560 kilometer, sungai teraneh dan misterius di dunia ini mengalir di berbagai perbukitan di wilayah tersebut. Hal ini yang menjadi istimewa dan menjadi sungai teraneh karena banyak yang mengatakan bahwa sumber air dari sungai Seihan adalah air surga. 

6. Sungai Kongo

Sungai Kongo

Photo :
  • http://asalasah.blogspot.com

Sungai Kongo merupakan salah satu sungai yang paling berbahaya di Afrika dan bahkan di dunia. Dengan kehadiran hewan yang buas di sana akan membuat siapa pun tidak mendekati sungai ini. Terlebih ditambah dengan arus sungai yang menjadi salah satu sungai terderas di dunia. 

Mempunyai panjang yang mencapai 4700 kilometer, sungai Kongo ini adalah salah satu sungai terpanjang kedua di Afrika dan terdalam di dunia. Yang membuat sungai ini sangat ditakuti adalah tebing yang sangat mengerikan yang ada di ujung sungai. Saking berbahayanya, hingga tebing tersebut dinamakan sebagai Gate of Hell. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya