5 Bahasa Tubuh Kucing yang Bikin Kamu Paham dengan Kemauannya

Ilustrasi kucing
Sumber :
  • Twitter @StreetCatBob

VIVA – Seperti manusia, ada beberapa bahasa tubuh kucing yang harus dipelajari oleh kamu yang menyukai hewan menggemaskan satu ini. Selain melalui suara, kucing juga dapat berkomunikasi dengan bahasa tubuh. Bahasa tubuh ini bisa berbentuk kibasan ekor, gerakan telinga, sampai mata yang memiliki makna tersendiri. Tidak seperti anjing, biasanya kucing lebih pendiam dan tidak mempunyai ekspresi wajah. 

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Akan tetapi, bukan berarti kita tidak dapat memahami sinyal komunikasi dari hewan yang satu ini. Dengan cara memerhatikan suara, gerak-gerik, dan kebiasaan kucing di rumah, kamu dapat mengetahui suasana hati dan bahkan masalah kesehatan yang tengah dialami hewan menggemaskan ini. Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut adalah ulasan tentang bahasa tubuh kucing yang disadur dari laman Vetstreet

Ekor untuk Mengukur Suasana Hati Kucing

Di Kanada Peluk Kucing Digaji Rp 100 Juta, Minat Daftar?

Ilustrasi seekor kucing.

Photo :
  • Pixabay

Ekor kucing dapat membantu kamu dalam mengukur bagaimana perasaannya dalam situasi tertentu. Mulai dari santai dan nyaman hingga ketakutan dan gelisah. Sangat penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang suasana kucing, diukur dengan ketinggian di mana dia membawa ekornya saat dia santai, untuk menilai kapan dia merasa cemas atau gelisah.

5 Fakta Penting tentang Penyakit FLUTD pada Kucing

Saat kucing puas, dia biasanya akan memegang ekornya dengan longgar di belakangnya. Saat dia bahagia, dia mungkin mengangkatnya tinggi-tinggi, dengan sedikit kedutan atau melengkung ke depan. Ekor yang sedikit bergerak, berkedut, bergoyang-goyang adalah tanda ketertarikan. 

Kamu mungkin melihat ini ketika kucing mengamati burung melalui jendela atau bermain dengan mainan.Selalu perhatikan ekor yang bergerak karena ini dapat membantu memberi kamu gambaran tentang tingkat stres atau kecemasan kucing dalam suatu situasi. Saat kucing kamu gelisah, ia mungkin menggerakkan ekornya dengan cara yang lebih cepat dan lebih kuat. 

Jenis gerakan tersebut adalah tanda bahwa dia kewalahan dengan situasi dan tidak menikmatinya.Jika kucing kamu khawatir tentang suatu situasi, ia mungkin juga menurunkan ekornya dan membungkusnya di bawah tubuhnya atau di sekitar sisi tubuhnya jika ia berbaring. 

Telinga Bukan Sekedar Mendengar

Kucing.

Photo :
  • U-Report

Telinga kucing sarat dengan informasi. Saat telinga kucing kamu menghadap ke depan dan sedikit ke samping, ia mungkin merasa rileks. Saat kucing kamu benar-benar tertarik dan bersemangat, telinganya mungkin akan tertusuk ke depan. Telinga kucing kamu mungkin berputar beberapa saat ia mengikuti suara. 

Akan tetapi, telinga yang bergerak cepat mungkin menunjukkan kegelisahan dan ketidakpastian. Seekor kucing yang ketakutan atau gelisah dapat menggerakkan telinganya kembali ke lehernya dan menjepitnya erat-erat ke kepalanya atau memindahkannya ke samping sehingga menyerupai sayap pesawat.

Mata Adalah Jendela Jiwanya

kucing.

Photo :
  • U-Report

Mata kucing kamu membantu menceritakan kisah keadaan batinnya. Ketika dia puas, pupil matanya akan berukuran normal dan matanya akan terbuka atau mungkin sedikit tertutup, jika dia sangat santai. Saat kucing merasa nyaman, ia mungkin melakukan kontak mata dan akan menahan pandangannya untuk beberapa saat sebelum mengalihkan pandangannya dengan acuh tak acuh atau mengedipkan mata dengan lembut.

Tetapi jika dia terangsang dan hampir menjadi agresif atau melarikan diri, pupil kucing kamu mungkin berubah bentuk, bisa melebar atau menyempit. Kemudian matanya mungkin terlihat keras atau kaku.

Jika kucing menatap sesuatu dengan tatapan tetap. Misalnya, tupai atau kucing lain, ini adalah tanda bahwa dia bersiap untuk menyerang. Di sisi lain, jika kucing merasa takut, dia mungkin menghindari kontak mata dan mungkin menunjukkan gerakan mata yang melesat saat dia menilai situasi dan mencari jalan keluar.

Moncong Wajah Ketakutan

Makanan resep kucing.

Photo :
  • vstory

Saat kucing santai, kumisnya akan keluar dari wajahnya, sehingga tidak terlalu terlihat. Ketika dia tertarik pada sesuatu, kumisnya mungkin bergerak maju dan mundur, menjadi lebih kaku. Ketika dia ketakutan, dia mungkin menempelkan kumisnya ke wajahnya.

Menjilat secara tiba-tiba bisa menjadi tanda lain dari kucing yang gelisah. Jika kucing menjilat bibirnya dan tidak mau makan dia mungkin takut akan sesuatu. Dengan cara yang sama, kucing yang gugup mungkin mulai menjilati atau menggaruk tubuhnya atau merawat dirinya sendiri secara berlebihan.

Satu hal yang kucing mungkin tidak menggunakan lidahnya jika dia stres adalah makan. Faktanya, ketika dia cemas dia mungkin tidak dapat melakukan atau menikmati tidak hal-hal, seperti memperlakukan, membelai, bermain atau istirahat.

Tubuh Kucing

kucing terlucu

Photo :
  • U-Report

Pernapasan kucing yang santai biasanya lambat dan dalam. Dia menjaga cakarnya terselip dengan aman dan bergerak dengan cara yang longgar dan santai. Semakin gelisah atau terangsangnya kucing, otot-ototnya akan semakin tegang. 

Seekor kucing yang ketakutan dapat memperlambat langkahnya dan menjatuhkan diri ke tanah saat ketakutan. Atau, dia mungkin mempercepat gerakannya dalam upaya untuk menjauh dari situasi atau ancaman. Saat kucing Anda gugup, cakarnya bisa memanjang. Dia mungkin juga bernapas dengan cara yang dangkal dan cepat.

Seekor kucing yang ketakutan mungkin mencoba mengubah penampilan ukurannya. Bulunya mungkin rontok dan mungkin melihat kerontokan yang berlebihan. Dia mungkin melengkungkan punggungnya agar terlihat lebih besar atau dia mungkin mencoba terlihat lebih kecil dengan meringkuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya