Mengenal Tes MBTI dan 16 Tipe Kepribadian untuk Karier yang Ideal

Ilustrasi kepribadian introvert
Sumber :
  • PIxabay

VIVA – Tes MBTI atau The Myers Briggs Type Indicator merupakan metode pengukuran yang dipakai untuk mengetahui kepribadian seseorang, terlebih sebagai cara dalam memahami bagaimana seseorang dapat menilai sesuatu sampai membuat keputusan. The Myers Briggs Company, perusahaan di California yang menaungi MBTI mengatakan bahwa hampir 1,5 juta orang setiap tahunnya mengikuti tes MBTI secara online. 

Susah-susah Kerja Keras, Fuji Curhat Selalu Serba Salah di Mata Netizen

The Myers Briggs Type Indicator ini lahir dan dikembangkan oleh seorang perempuan bernama Katherine Cook Briggs beserta putrinya. Carl Gustav Jung mengatakan bahwa kepribadian tersebut dibagi menjadi beberapa dimensi sifat dasar manusia. Mulai dari dimensi pemusatan perhatian yang terdiri atas Extroverts (E) dan Introvert (I), dimensi dalam memahami informasi yang berasal dari luar yaitu Sensing (S) dan Intuition (N). 

Kemudian ada dimensi untuk menarik kesimpulan dan juga keputusan yang terdiri atas Thinking (T) dan Feeling, serta yang terakhir adalah dimendi pola hidup yang terdiri atas Judging (J) dan Perceiving (P). Dari keempat jenis dimensi sifat tadi, kemudian dikombinasikan sampai menghasilkan 16 kepribadian. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran dengan Tes MBTI, simak ulasan selengkapnya yang disadur dari laman Formpl

5 Ciri-ciri Anda Terkena Gangguan Kepribadian Narsistik, Haus Akan Pujian

Inspektur (Kepribadian ISTJ)

Kepribadian Introvert.

Photo :
  • U-Report
Diskriminasi Terhadap Perempuan Dalam Pekerjaan Kian Parah di Tiongkok

ISTJ berpenampilan serius, pantas, dan formal yang dapat mengintimidasi. Mereka berbudaya dan memiliki kasih sayang terhadap tradisi. Sebaliknya, mereka pendiam dan biasanya tenang. Mereka disebut inspektur karena perhatian mereka yang tajam terhadap detail. ISTJ adalah pengikut aturan yang selalu mengambil pendekatan logis terhadap tujuan dan proyek mereka.

Fungsi kognitif dominan mereka adalah penginderaan introvert yang membantu mereka memahami detail tentang lingkungan mereka sementara fungsi kognitif tambahan mereka adalah pemikiran ekstrovert yang membuat mereka menjadi pemikir yang efisien dan logis.

Dalam hubungan mereka, mereka sangat setia kepada teman dan anggota keluarga mereka. Biasanya, mereka memiliki lingkaran kecil dengan siapa mereka lebih suka menghabiskan waktu bersama. ISTJ berkembang dalam pekerjaan yang membutuhkan struktur, logika, dan stabilitas.

Konselor (Kepribadian INFJ)

Ilustrasi wanita introvert.

Photo :
  • U-Report

INFJ adalah visioner yang memiliki pandangan berbeda tentang dunia. Mereka suka introspeksi dan menolak untuk mengambil hal-hal di tingkat permukaan. Mereka bisa disebut aneh oleh orang lain karena cara mereka melihat kehidupan. INFJ adalah idealis yang suka memahami masalah yang kompleks. 

Mereka adalah pemimpin pendiam yang biasanya kreatif karena betapa mudahnya mereka mendapatkan inspirasi. Juga dikenal sebagai diplomat, INFJ lebih suka bekerja sama dengan anggota tim mereka daripada konflik. Fungsi kognitif yang dominan dari INFJ adalah intuisi introvert yang membantu mereka fokus pada wawasan internal dan umumnya mempengaruhi pengambilan keputusan mereka.

Fungsi kognitif tersier mereka adalah perasaan ekstrovert yang membuat mereka sangat sensitif terhadap perasaan orang lain atau yang disebut orang lain sebagai empati. INFJ berkembang pesat dalam pekerjaan yang membutuhkan banyak kasih sayang, psikologi, dan/atau kolaborasi.

Mastermind (Kepribadian INTJ)

Ilustrasi kepribadian introvert

Photo :
  • PIxabay

INTJ adalah introvert yang nyaman sendirian. Mereka akan menghindari bersosialisasi karena menguras energi mereka. Mereka unggul dalam mengembangkan rencana dan strategi. Sebagai pemecah masalah analitis, tipe kepribadian ini strategis dan inovatif.

Fungsi kognitif dominan mereka adalah intuisi introvert yang mereka gunakan untuk membaca yang tersirat dan mengungkap pola. Fungsi tambahan adalah pemikiran ekstrovert yang membuat mereka mempertimbangkan solusi dan sangat terorganisir.

Juga dikenal sebagai arsitek, INTJ berkembang pesat dalam pekerjaan yang membutuhkan sistem logis dan solusi inovatif. Mereka biasanya lebih suka bekerja sendiri. Dalam hubungan, mereka setia dan hebat dalam mendorong pasangannya.

Pemberi (ENFJ)

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Ilustrasi bahagia & menjaga kesehatan

Photo :
  • ist

ENFJ adalah individu yang berpusat pada orang. Mereka sebagian besar mengandalkan intuisi dan perasaan mereka dan cenderung hidup melalui imajinasi mereka. Mereka fokus pada abstrak dan apa yang bisa terjadi di masa depan.

Mereka sangat berempati tidak hanya kepada teman dekat dan keluarga mereka tetapi juga orang-orang pada umumnya. ENFJ umumnya menyukai umpan balik dan mereka dapat disebut sebagai orang yang menyenangkan.

Fungsi kognitif dominan mereka adalah perasaan ekstrovert yang membantu mereka selaras dengan perasaan orang lain. Fungsi tambahan mereka adalah intuisi introvert yang membuat mereka fokus pada masa depan yang bertentangan dengan saat ini.

Mereka berkembang dalam pekerjaan di mana mereka dapat mendorong orang lain dan mendorong mereka untuk tumbuh. Ini juga termasuk pekerjaan yang berfokus pada kemanusiaan. Dalam hubungan, mereka mendukung dan selalu mau memahami pasangannya.

Sang Pengrajin (ISTP)

Yeon Woo Jin dalam Introverted Boss

Photo :
  • tvN

ISTP adalah kelompok yang misterius, rasional, dan sangat logis. Mereka sering spontan dan tidak dapat diprediksi meskipun tidak menyadari orang-orang di sekitar mereka karena mereka ahli dalam menyembunyikan sifat asli mereka.

Fungsi kognitif dominan mereka adalah pemikiran introvert yang membuat mereka fokus pada aspek logis dari suatu situasi. Fungsi kognitif tambahan ISTP adalah penginderaan ekstra yang membantu mereka fokus pada hal-hal abstrak.

Mereka berkembang dalam pekerjaan yang membutuhkan keahlian teknis dan aktivitas fisik. Dalam hubungan, mereka adalah kekasih yang tenang yang lebih suka berguna di sekitar rumah

Penyedia (ESFJ)

Ilustrasi Bahagia

Photo :
  • pixabay

ESFJ secara stereotip dikenal sebagai ekstrovert. Mereka adalah pemandu sorak dan membangkitkan semangat orang-orang di sekitar mereka sehingga mereka mendapatkan popularitas. Karena sifatnya, mereka mudah disukai dan orang-orang mudah akrab dengan mereka.

Fungsi kognitif dominan mereka adalah perasaan ekstrovert yang membuat mereka bekerja dan membuat keputusan berdasarkan firasat mereka. Fungsi kognitif tambahan ESFJ adalah penginderaan introvert yang membantu mereka fokus pada masa kini daripada masa depan atau detail abstrak lainnya.

Mereka berkembang dalam pekerjaan yang membutuhkan proses dan keterampilan interpersonal. Dalam hubungan, mereka adalah mitra tradisional yang percaya pada struktur dan stabilitas.

Sang Idealis (INFP)

Ilustrasi orang introvert.

Photo :
  • U-Report

INFP biasanya tertutup dan tertutup. Mereka biasanya menghabiskan waktu sendirian di tempat yang sepi. Mereka suka menganalisis tanda dan simbol menggunakan mereka untuk menarik kesimpulan dalam menjelaskan apa yang terjadi di sekitar mereka.

Fungsi kognitif dominan mereka adalah perasaan introvert yang membantu mereka memproses emosi secara internal. Fungsi kognitif tambahan INFP adalah intuisi ekstra yang membantu mereka fokus pada gambaran besar melalui imajinasi.

Mereka berkembang dalam pekerjaan yang membutuhkan visi dan sejalan dengan tujuan/minat mereka. Dalam hubungan membutuhkan waktu untuk memilih teman-teman mereka dan mereka cukup besar dalam hal ini.

Sang Pemain (ESFP)

Bahagia

Photo :
  • U-Report

ESFP sebagian besar dianggap sebagai penghibur. Mereka senang menjadi sorotan. Mereka menikmati menjelajahi dan belajar untuk berbagi apa yang telah mereka pelajari dengan orang lain melalui keterampilan interpersonal mereka yang kuat.

Fungsi kognitif dominan mereka adalah penginderaan ekstra yang membantu mereka tetap berpegang pada fakta daripada ide-ide abstrak. Fungsi kognitif tambahan ESFP adalah perasaan tertutup yang membantu mereka membuat keputusan.

Mereka berkembang di lingkungan kerja di mana mereka bisa spontan, sering berpindah-pindah, dan melibatkan penggunaan nilai-nilai artistik. Dalam hubungan, ESFP akan memprioritaskan keluarga dan orang yang mereka cintai di atas apa pun meskipun mereka juga bisa sangat tidak menyukai kehidupan yang terstruktur.

Sang Juara (ENFP)

Orang yang Bahagia

Photo :
  • U-Report

ENFP sangat individualistis dan menolak menjalani hidup mereka di dalam kotak. Mereka berusaha untuk menciptakan metode mereka sendiri dalam melakukan sesuatu. Mereka beroperasi dengan perasaan mereka dan sangat tanggap dan bijaksana

Fungsi kognitif dominan mereka adalah intuisi ekstrovert yang memungkinkan mereka untuk fokus pada pemikiran dan pola abstrak. Fungsi kognitif tambahan adalah perasaan introvert yang membuat mereka fokus pada perasaan mereka daripada logika.

Dalam hubungan, ENFP selalu ekspresif dan berbagi kasih sayang secara terbuka. Mereka juga berkembang dalam pekerjaan yang menuntut kreativitas dan solusi imajinatif.

Pelaku (ESTP)

Bahagia tanpamu

Photo :
  • U-Report

ESTP diatur oleh kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain. Mereka tertarik pada abstrak dan teori yang spontan dan berani mengambil risiko. Mereka tidak takut membuat kesalahan saat mereka memperbaikinya seiring berjalannya waktu.

Fungsi kognitif dominan mereka adalah penginderaan ekstraversi yang membuat mereka berorientasi pada tindakan. Fungsi kognitif tambahan dari ESTP adalah pemikiran introvert yang membuat mereka sangat disiplin dan sangat jeli.

Mereka berkembang dalam jalur karir yang membutuhkan keterampilan mekanik, fleksibilitas, dan yang tidak dapat diprediksi. Dalam hubungan, mereka bisa sangat suka bertualang dan lebih memilih kegiatan dengan orang yang mereka cintai.

Pengawas (ESTJ)

Bahagia

Photo :
  • U-Report

ESTJ diatur dan diatur oleh semangat untuk melakukan apa yang benar dan dapat diterima secara sosial. Mereka melambangkan individu ideal yang berada di jalur menuju melakukan apa yang "baik" dan "benar". Mereka senang bisa membantu.

Fungsi kognitif dominan mereka adalah pemikiran ekstrovert yang membuat mereka cukup praktis jika dibandingkan dengan tipe kepribadian lainnya. Fungsi kognitif tambahan adalah penginderaan introvert yang membuat mereka sangat tertarik pada detail dan stabilitas.

ESTJ suka bekerja di posisi manajemen di mana mereka dapat mengawasi operasi dan menempatkan dalam struktur. Dalam hubungan, mereka menyukai rutinitas dan orang yang mereka cintai tahu bahwa mereka selalu dapat diandalkan untuk apa pun.

Komandan (ENTJ)

Tubuh sehat dan bahagia

Photo :
  • U-Report

ENTJ fokus pada berurusan dengan semua hal secara rasional dan logis. Mereka secara alami terlahir sebagai pemimpin yang memiliki rasa hormat. Mereka juga menikmati bertanggung jawab. Mereka melihat rintangan sebagai tantangan di mana mereka dapat membuktikan diri.

Fungsi kognitif dominan mereka adalah pemikiran ekstrovert yang membuat mereka mempertimbangkan perintah dan penilaian. Fungsi bantu adalah intuisi introvert yang membuat mereka mempercayai naluri mereka selama pengambilan keputusan.

ENTJ berkembang dalam pekerjaan yang kompleks dan membutuhkan strategi yang jelas untuk mencapai tujuan. Dalam hubungan, mereka dapat menetapkan harapan yang tinggi untuk orang yang mereka cintai dan terkadang bisa mendominasi.

Sang Pemikir (INTP)

Wisata untuk Introvert.

Photo :
  • http://jelajahtravkulindonesia.blogspot.co.id/

INTP biasanya dikenal karena ide dan proposisi brilian mereka. Mereka melihat pola dalam segala hal dan dapat dengan mudah memilih sesuatu yang tidak pada tempatnya. Mereka prihatin dengan menemukan lingkungan di mana kejeniusan kreatif mereka dapat dimanfaatkan.

Fungsi kognitif dominan mereka adalah pemikiran introvert yang membuat mereka sangat pengertian dan pemikir yang mendalam. Fungsi tambahan adalah intuisi ekstra yang membantu imajinasi dan inspirasi mereka.

INTP berkembang pesat di lingkungan kerja yang tidak berfokus pada tradisi. Mereka lebih menyukai gaya kerja yang fleksibel dan mandiri. Dalam hubungan, mereka sangat tidak konvensional dan otonom.

Sang Pemelihara (ISFJ)

Wanita Introvert.

Photo :
  • http://aboutlove99.blogspot.com

ISFJ sangat murah hati dan selalu siap untuk memberikan kembali kepada masyarakat. Mereka adalah individu yang hangat dan baik hati. Mereka memiliki kesadaran dan pertimbangan untuk mengeluarkan yang terbaik dari orang lain.

Fungsi kognitif yang dominan adalah penginderaan introvert yang membuat mereka sangat berorientasi pada detail. Fungsi tambahan mereka adalah perasaan ekstra yang membuat mereka memelihara dan sangat perhatian.

Mereka berkembang dalam pekerjaan yang membutuhkan struktur dan diposisikan di belakang layar. Dalam hubungan, ISFJ akan menjaga orang yang mereka cintai tanpa syarat.

Sang Visioner (ENTP)

Ilustrasi bahagia.

Photo :
  • Pixabay

ENTP adalah ekstrovert yang tidak suka basa-basi. Kepribadian ini sangat jarang ditemui. Mereka memiliki pendekatan logis dan rasional untuk diskusi dan/atau argumen. Mereka berpengetahuan tetapi membutuhkan stimulasi konstan.

Fungsi kognitif mereka yang dominan adalah intuisi ekstrovert yang membuat mereka selalu terbuka untuk mengeksplorasi ide-ide baru. Fungsi tambahannya adalah pemikiran introvert yang membuatnya cukup logis.

Mereka berkembang dalam pekerjaan di mana kreativitas memenuhi tantangan. Dalam hubungan, ENTP bersifat spontan dan bisa sangat menggairahkan.

Komposer (ISFP)

adegan film mata tertutup

Photo :

ISFP di luar tampak seperti introvert tetapi jauh di lubuk hati mereka hangat dan sangat ramah. Mereka spontan dan menyenangkan untuk bersama. Mereka selalu keluar untuk mengeksplorasi hal-hal baru dan menemukan pengalaman baru.

Fungsi kognitif mereka yang dominan adalah perasaan introvert yang membuat mereka peduli. Fungsi tambahan adalah penginderaan ekstra yang membuat mereka menghargai karya seni. ISFP lebih memilih untuk bekerja secara independen jauh dari sorotan. Dalam hubungan, mereka akomodatif dan sangat santai

Shandy Purnamasari

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Shandy Purnamasari mengatakan, semangat RA Kartini menginspirasinya untuk terus konsisten mendukung pemberdayaan perempuan, dengan mendorong mereka untuk punya skill baru

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024