6 Tipe Mahasiswa Saat Ikut Demo, Ada yang Mengerjakan Tugas Kuliah

Massa Aksi Demo 11 April Depan DPR Ricuh
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Publik saat ini masih belum terlepas dari kehebohan aksi demonstrasi yang dilaksanakan pada Senin, 11 April 2022 kemarin. Diketahui bahwa Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) sudah merencanakan untuk menggelar aksi unjuk rasa serentak di berbagai kota, terutama Jakarta. Koordinator Media BEM SI, Luthfi Yufrizal, seperti dikutip VIVA, menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengirimkan pesan kepada kepolisian tentang rencana tersebut. 

Terkuak, Guru Besar Universitas Jambi Prof Sihol Raup Puluhan Juta Endorse TPPO Magang ke Jerman

Lebih lanjut, ia mengharapkan pihak kepolisian tidak membubarkan secara paksa aksi unjuk rasa tersebut, karena akan menyebabkan kerusuhan. BEM SI menargetkan sekira 1000 mahasiswa akan turun ke jalan. Para mahasiswa yang berasal dari berbagai perguruan tinggi tersebut mendesak Presiden Joko Widodo memperlihatkan sikap tegas tentang wacana tunda pemilu dan juga memperpanjang masa jabatan presiden menjadi 3 periode. 

Masa yang hadir dalam aksi tersebut, mayoritas adalah dari kalangan mahasiswa, tapi ada pula dari elemen masyarakat yang lain. Untuk kamu yang turut mengikuti aksi atau menontonnya lewat televisi tentu bisa melihat beragam atau tipe mahasiswa saat ikut demo. Setiap mahasiswa yang ada di sana mempunyai karakteristik yang unik dan beragam. Nah, untuk kamu yang penasaran, berikut adalah ulasan tentang tipe mahasiswa saat ikut demo yang disadur dari berbagai sumber. 

Komisi X DPR: Kasus Magang di Jerman Tidak Tepat Digeneralisasi TPPO

1. Tipe Aktivis Sejati

Aksi Unjuk Rasa Mahasiswa di Sumatera Barat

Photo :
  • VIVA/ Andri Mardiansyah
DPR Menduga Ada Peran Birokrasi dalam TPPO Magang ke Jerman

Sudah barang tentu di seluruh kampus dan di semua angkatan ada mahasiswa dengan tipe seperti ini. Tidak usah menunggu isu nasional, tapi masalah kampus atau masalah yang jarang diketahui oleh mahasiswa biasa aja mungkin akan didemo oleh si aktivis sejati ini. Bila ada aksi besar-besaran seperti kemarin, umumnya orang yang seperti ini akan menjadi koordinator dan berada di garis terdepan. 

Selain itu, mahasiswa tipe seperti ini juga biasanya mempunyai kharisma dan dikagumi oleh banyak orang karena memiliki kemampuan public speaking yang baik. Mereka kerap berorasi dengan lantang dan tidak ragu melontarkan pikiran kritisnya dalam bentuk lisan. Semangat mereka juga seolah-olah memancar ke mahasiswa yang lain sampai menjadi inspirasi. 

2. Tipe Rajin Tapi Ingin Demo

Ilustrasi aplikasi tulis menulis di layar andorid.

Photo :

Tipe mahasiswa saat ikut demo yang satu ini biasanya datang dari mahasiswa kupu-kupu atau bisa juga dari mahasiswa yang aktif berorganisasi. Umumnya, ketika dijadwalkan untuk ikut aksi, mereka juga memiliki deadline tugas. Tidak jarang mereka akhirnya membawa tugas tersebut ke tempat aksi dengan niat akan mengerjakan sambil melakukan aksi. 

Mereka harus menjadi panutan, karena bisa dikatakan memiliki kemampuan multitasking yang sangat mumpuni. Saat situasi demo sedang memanas, mereka akan sibuk menjepret atau mungkin sambil mengetik tugas untuk segera dikirimkan kepada dosen. 

3. Tipe Pembuat Konten

Aksi saling dorong antara aparat kepolisian dengan massa PA 212.

Photo :
  • VIVA/Willibrodus

Saat ini media sosial adalah sebuah tempat untuk berbagi suasana dan keperluan yang lain. Banyak mahasiswa yang membuat konten untuk diunggah ke media sosial pribadi, seperti Instagram. Saat ada panggilan aksi, mereka tidak ragu untuk segera bersiap-siap menyiapkan keperluan untuk membuat momen. Misalnya kamera untuk membuat video sinematik. 

Selain itu, tipe mahasiswa saat ikut demo ini juga biasanya membuat konten viral atau aksi heroik yang dilakukan oleh para mahasiswa saat melakukan aksi demo. Misalnya mahasiswa yang menendang balik petasan atau mungkin mahasiswa yang melempar balik gas air mata. 

4. Tipe Pasangan

Aksi demonstrasi mahasiswa di kawasan Patung Kuda, Medan Merdeka, Jakarta

Photo :
  • VIVA/Willibrodus

Ketika mahasiswa lain tengah sibuk berorasi atau bahkan berusaha untuk menggeruduk gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), ada saja tipe mahasiswa saat ikut demo yang memakai momen tersebut untuk berpacaran dengan mahasiswi yang lain. Saat aksi mulai rusuh, para mahasiswa yang satu ini akan berusaha melindungi mahasiswinya dari ancaman bahaya. 

5. Tipe Jago Membuat Poster

Mahasiwa di Aceh gelar aksi unjuk rasa tolak Jokowi 3 periode.

Photo :
  • VIVA.co.id/Dani Randi

Seperti yang sudah sering kita lihat bahwa ciri dari aksi demonstrasi adalah banyaknya poster buatan mahasiswa yang berisi ironi atas kebijakan pemerintah saat ini. Tapi, banyak juga poster yang dibuat oleh mahasiswa yang viral di media sosial lantaran isi tulisannya yang nyeleneh dan lucu tapi tetap masuk sebagai kritikan terhadap kebijakan yang berlaku. 

6. Tipe Mahasiswa yang Tidak Tahu Apa-apa

Demo mahasiswa di depan gedung DPR RI

Photo :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

Kamu mungkin memiliki teman dengan tipe yang seperti ini. Biasanya mereka tidak akan menolak ajakan ke mana saja, termasuk ikut aksi. Umumnya ketika aksi memerlukan banyak massa, BEM kampus dan BEM Fakultas akan mengajak para mahasiswa untuk ikut aksi. Nah, tipe mahasiswa saat ikut demo yang satu ini biasanya tidak akan menolak, meski kadang dia tidak tahu betul permasalahan yang diajukan atau ditolak oleh masa aksi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya