5 Langkah Penting Memulai Bisnis Hijab bagi UMKM

Hijab
Sumber :
  • Dokumentasi Zilingo

VIVA – Pelaku usaha modest fashion membidik momen bulan Ramadhan dan Idul Fitri untuk meningkatkan volume penjualan produknya. Hal ini menjadi sinyal baik pemulihan sektor usaha modest fashion di tahun ini setelah dua tahun berturut-turut lesu akibat pandemi, terlebih lagi penjualan produk modest fashion di Indonesia mengungguli rata-rata global.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Menurut Kang Ay Lie, Head of Enterprise Zilingo Indonesia, persiapan produsen modest fashion biasanya sudah dilakukan sejak 6 bulan sebelum Idul Fitri dengan mulai memilih kain-kain sebagai bahan produksi. Awal tahun ini, pembelian kain di Zilingo naik signifikan.

“Permintaan sempat turun di pertengahan Februari karena gelombang ketiga COVID-19 sebab produsen masih memantau perkembangan untuk menambah volume produksi. Secara keseluruhan, pelaku usaha lebih optimistis berproduksi tahun ini, apalagi didukung dengan kebijakan pemerintah tentang aturan mudik dan cuti Lebaran. Pertengahan April diprediksi menjadi puncak kenaikan pembelian bahan produksi modest fashion,” kata Kang Ay Lie dalam keterangan persnya. 

Jangan Asal Pilih, 5 Tips Ini Harus Diperhatikan Muslimah Saat Memilih Kosmetik Halal

Dengan potensi keuntungan yang besar, tidak mengherankan jika sebagian orang memanfaatkan momen ini untuk memulai bisnis modest fashion di Indonesia, salah satunya dengan memproduksi hijab. Tidak hanya menjadi hal utama dalam cara berpakaian seorang muslimah, hijab juga menjadi komponen penting untuk membuat pemakainya lebih modis. Seperti halnya memulai bisnis produk lain, ada sejumlah cara yang bisa Anda tempuh dalam merintis bisnis hijab dengan brand sendiri:

Jadwal Imsakiyah, Waktu Sholat dan Buka Puasa di Seluruh Indonesia Jumat, 29 Maret 2024

Riset bahan dan model

Lakukan riset untuk melihat model, warna, cara promosi dan harga hijab yang banyak diminati pasar. Pengguna hijab tentu tidak hanya mempertimbangan model saja, tapi juga kenyamanan bahan saat dikenakan. Anda bisa pilih bahan katun, rayon, linen, dan sifon sebagai bahan utama produksi.

Siapkan modal usaha

Usaha bisa dirintis dari skala kecil sesuai jumlah modal yang Anda miliki. Setelah arus kas bisnis berjalan lancar, Anda bisa mempertimbangkan pinjaman modal untuk memperbesar skala usaha.

Temukan supplier terbaik untuk produksi

Agar tidak kerepotan mencari dan membandingkan harga bahan, Anda bisa memanfaatkan teknologi, salah satunya mengakses supplier melalui platform B2B satu atap Zilingo. Platform bisnis Zilingo memiliki beragam layanan untuk meningkatkan pertumbuhan usaha melalui digitalisasi dan efisiensi rantai pasok di industri fesyen, kecantikan, dan gaya hidup.

4. Buatlah katalog produk berkualitas

Memiliki katalog produk yang jelas merupakan hal krusial untuk dimiliki oleh pelaku usaha yang baru mulai merintis. Katalog produk yang memperlihatkan detail warna dan produk dengan tampilan yang menarik dapat meningkatkan minat calon konsumen dalam memilih produk Anda. Manfaatkan layanan pemasaran Zilingo Spotlight, yang membantu dalam memberikan kemudahan bagi Anda untuk memperlihatkan keunggulan produk dan juga mendukung untuk melakukan konsultasi pemasaran digital profesional.

5. Pasarkan produk di marketplace

Selain tidak memerlukan modal besar untuk membuka toko, berjualan di marketplace dinilai bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli sesuai target pasar Anda. Agar lebih mudah mengelola usaha, Anda bisa memanfaatkan layanan berbasis teknologi. Salah satunya Zilingo Connect yang merupakan solusi omnichannel terintegrasi untuk memudahkan Anda dalam mengelola berbagai toko offline dan online, termasuk berbagai marketplace online di Indonesia.

Tidak perlu ragu memulai usaha Anda sendiri. Dengan rencana bisnis dan dukungan sistem yang tepat, usaha yang Anda rintis bisa berkembang sesuai harapan. Butuh bantuan dalam memulai usaha hijab Anda? Yuk, gunakan layanan bisnis satu atap Zilingo untuk proses pembelian bahan baku produk fashion hingga pemasaran produk Anda!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya