Meniti Karier Baru di Masa Pandemi? Hal Ini Bisa Jadi Solusi

Ilustrasi bekerja
Ilustrasi bekerja
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pandemi buat beberapa orang beralih pekerjaan. Seperti diketahui, banyak faktor terdampak pandemi termasuk ekonomi. Beberapa tempat pekerjaan terpaksa memberhentikan karyawannya.

Hal ini buat mereka untuk beralih pekerjaan. Ada salah satu bidang pekerjaan yang sangat diminati dan masih berpeluang tinggi dalam beberapa tahun ke depan. Hal itu terkait dengan dunia digital.

Seperti diketahui era teknologi membuat semua beradaptasi. Diperkirakan akan ada 85 juta pekerjaan lama yang kemungkinan hilang dan digantikan dengan 97 juta pekerjaan baru yang akan muncul.

Bekerja malam hari

Bekerja malam hari

Photo :
  • Times of India

Salah satu yang bisa dicoba sejak saat ini terkait dengan SEO (Search Engine Optimization). SEO merupakan sebuah strategi yang berfokus pada peningkatan ranking dalam hasil pencarian organik. Maka menjadi pakar SEO jadi salah satu jawaban bagi mereka yang ingin berlaih profesi.

Salah satunya Marsuki. Ia menggeluti bidang SEO sejak lulus dari Universitas Nurdin Hamzah, Jambi. Baginya bidang pekerjaan ini tidak bisa dikuasai secara instan namun bukan berarti telat untuk mencoba.

"Memulai karier Pakar SEO di masa pandemi boleh-boleh saja, karena Pakar SEO itu kan bukan suatu aktivitas yang instan," kata Marsuki saat dihubungi melalui telepon.