Bukan Hanya Tempat Kerja, Salon juga Berkonsep Coworking Space

Ilustrasi perawatan kuku/manicure/pedicure.
Sumber :
  • Freepik/nensuria

VIVA – Coworking space merupakan ruang yang bisa disewa untuk digunakan bekerja. Tempat itu bisa digunakan oleh orang-orang yang bekerja sendiri atau untuk perusahaan yang berbeda-beda. Secara khusus tempat tersebut menawarkan lingkungan kerja yang saling berbagi peralatan, ide dan pengetahuan.

5 Tips Pakai Kuteks Biar Gak Beleberan, Udah Kayak Profesional

Selama pandemi, coworking space terus timbuh dan diminati. Hal ini pula yang menginspirasi Rudy Hadisuwarno dan Jason Budiarto. Mereka mendirikan Salon Hub, yang konsepnya mirip dengan coworking space.

Salon Hub merupakan penyewaan tempat untuk berbagai treatment kecantikan, seperti rambut, tatto, eyelash, haircut dan lain-lain. Nantinya, para praktisi bisa menyewa tempat ini dengan durasi per jam, sehingga mereka tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk menyewa tempat.

Gak Perlu Ribet Lagi! Traveling ke Bali Kini Makin Dipermudah

Ilustrasi Salon

Photo :
  • Salon Hub

"Salon HUB ini baru banget. Kita berdiri November 2021. Dan salon ini konsepnya adalah sebuah platform untuk perkumpulan dari para stylist atau para pekerja di dunia kecantikan. Jadi misalnya nanti kamu mau meni pedi, nanti itu ada yang dateng. Jadi kita emang udah sediain gitu ya beauty artist, mereka memang kena dampak pandemi, entah kena dampak pengurangan pegawai, mereka butuh tempat untuk freelance, nah ini tempatnya," kata Jason Budiarto, COO dari Salon HUB.

Viral Salon Tawarkan Makeup Mengerikan tapi Banyak yang Minat, Kok Bisa?

Selain itu, mereka melihat banyak pekerja di bidang kecantikan yang terdampak pandemi. Hal itu terjadi karena jumlah salon yang tutup karena pengunjung yang turun secara drastis.

Kini, salon dengan konsep tersebut juga menarik perhatian Bowo Alpenliebe. Mereka mengaku terbuka dengan siapa saja yang akan datang ke tempat tersebut.

Ilustrasi Salon

Photo :
  • Salon Hub

"Kita bisa menerima siapapun dari salon manapun. Dan mereka boleh pakai tempat ini tuh freelance dengan harga yang sangat terjangkau. Harga sewanya tuh cuma Rp99 ribu per jam. Jadi kita harapannya akan ada banyak stylist-stylist dari salon lain yang bisa bawa customer-nya ke sini, atau customer yang bisa bawa stylist-nya ke sini," kata Jason.

Selain itu, mereka ingin menciptakan lingkungan yang berfokus pada profesional dan salon bukan hanya sebagai pekerja, tetapi juga sebagai pengusaha dan pemilik bisnis mandiri. Mereka juga tetap memperhatikan kebersihan untuk menjaga keamanan dan kenyaman di masa pandemi.

"Tempatnya sih nyaman banget, aku berani jamin lah, space-nya gede, privasi ada sekat-sekatnya, jadi untuk zaman-zaman kayak covid gini aman lah," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya