5 Teori Kehancuran Paling Aneh dan Sangat Mengerikan Bila Terjadi

ilustrasi kiamat
ilustrasi kiamat
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ada beberapa teori kehancuran dunia paling aneh dan mungkin akan sangat mengerikan bila hal ini benar-benar terjadi di masa depan. Kehancuran dunia atau kiamat merupakan sesuatu yang pasti akan terjadi dan tidak ada seorang pun yang bisa menghentikannya. Akan tetapi, bagaimana tentang kehancuran dunia atau kiamat tersebut yang nantinya akan terjadi masih menjadi misteri dan tentu saja akan sangat mengerikan. 

Bahkan, beberapa para ahli pernah mengemukakan beberapa proses dan tahapan hancurnya dunia ini. Salah satu yang masih ramai diperbincangkan adalah teori kehancuran dunia dan umat manusia lewat sebuah wabah penyakit, salah satunya adalah Covid-19. Selain itu, masih ada beberapa jenis teori kehancuran dunia lain yang bila dipikir cukup aneh, tapi bila benar-benar terjadi akan sangat mengerikan. Berikut ulasannya yang disadur dari now.northropgrumman.com.

1. Kecerdasan Buatan Mengambil Alih Dunia

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Photo :
  • Analytics Insight

Bila dibayangkan, teori ini mirip seperti yang terjadi di dalam film terminator, yang mana para robot (Artificial Intelligence) yang dibuat oleh manusia mengambil alih kendali dan berusaha untuk menguasai dunia. Hal ini dapat terjadi lantaran keserakahan manusia terkait ilmu pengetahuan, sehingga akan membuat manusia berusaha untuk menciptakan benda lain. 

Benda tersebut kemudian akan mempunyai akal dan dapat menentukan sendiri tindakannya. Hal ini cukup aneh bila dibayangkan saat ini. Tapi, bila di masa depan benar-benar terjadi, hal ini akan menjadi sesuatu yang sangat mengerikan. 

2. Ledakan Sinar Gamma

Ilustrasi ledakan sinar gamma di antariksa

Ilustrasi ledakan sinar gamma di antariksa

Photo :
  • ww.rt.com/NSF/LIGO/Sonoma State University/A. Simonnet

Ledakan sinar Gamma yang diketahui oleh kita saat ini mungkin masih hanya sebatas di dalam film Marvel semata. Tapi, hal ini mungkin saja bisa terjadi di alam semesta ini sampai menjadi kehancuran dunia paling aneh. Sebab, sebuah benda langit di alam semesta pasti dapat mengalami sebuah ledakan. Bila ledakan ini datang dari bintang super besar, hal ini pasti akan memengaruhi matahari dan sistem tata surya saat ini. 

Bayangkan saya bila hal ini terjadi di galaksi kita. Diungkapkan oleh para ahli dalam International Journal of Astrology, bahwa semburan sinar gamma sekira 440 juta tahun lalu menghapus lapisan ozon dari permukaan bumi yang mengakibatkan kematian semua organisme kelautan. 

3. Permasalahan Jamur

Ilustrasi infeksi jamur.

Ilustrasi infeksi jamur.

Photo :
  • U-Report

Dari banyaknya penyakit yang tengah dipelajari oleh para ahli saat ini, masih terbatas dalam virus dan bakteri saja. Para ahli masih sangat sedikit yang meneliti tentang kemungkinan adanya jamur yang bisa mengakibatkan kemusnahan manusia di alam semesta ini. 

4. Matahari yang Memuai

Matahari.

Matahari.

Photo :
  • Bizsiziz

Kini, matahari hanya menjadi bintang katai kuning yang membara hangat untuk bumi. Tapi, saat hidrogen pada pusatnya habis sekira 7 miliar tahun lagi, matahari akan menggembung jadi raksasa berwarna merah yang mengambil tempat bumi mengorbit. Para ahli masih belum yakin jika bumi akan ditelan matahari atau tidak bila hal ini sampai terjadi. 

Karena, matahari akan kehilangan meratnya dalam proses ini dan tarikan gravitasi bumi akan semakin berkurang. Meskipun demikian, peningkatan temperatur yang drastis masih akan mengancam dan membakar bumi serta seluruh penghuninya. 

5. Letusan Supervulkano

Supervolcano Yellowstone, AS.

Supervolcano Yellowstone, AS.

Photo :
  • U-Report

Tahukah kamu bahwa di bawah Yellowstone National Park, Wyoming terdapat supervolcano terbesar di dunia. Bila supervolcano ini sampai meletus, maka akan mengakibatkan 10 ribu kali lebih besar ketimbang letusan gunung St. Helen tahun 1980 yang menghancurkan hutan dan juga membunuh puluhan manusia. 

Selain itu, letusan yang satu ini juga akan menyemburkan banyak kotoran ke atmosfer yang akan dirasakan sampai ke seluruh dunia. Tapi untung, kemungkinan terjadi letusan ini dalam setahun sangat kecil. US Geological Survey meletakkan perkiraan mereka akan meletus pada angka 0,00014 persen.