7 Hewan Laut Paling Mengerikan yang Hidup di Palung Mariana

Hiu Goblin
Sumber :
  • wawker.com

VIVA – Palung Mariana adalah salah satu wilayah di Bumi yang masih belum terjamah oleh manusia. Hal ini karena tempat tersebut adalah bagian paling dalam yang ada di dunia. Kedalaman dari Palung Mariana ini diperkirakan mencapai 11.034 meter. Hal ini berarti bila Gunung Everest dibalik, tingginya juga tidak dapat menyamai palung tersebut. Palung ini juga terletak di dalam samudera yang luasnya lebih dari 2/3 luas Bumi. 

Heboh! Gerhana Matahari Total 2024 Dikaitkan dengan Kisah Nabi Yunus AS

Sejak beberapa dekade, manusia terus berusaha untuk menjangkau dasar dari Palung Mariana ini. Tapi sampai saat ini, rekor mencatatkan bahwa manusia baru dapat meraih sampai kedalaman 10.927 meter. Ini juga memakai kapal selam lantaran tekanan air di dalam palung tersebut sangat besar, sehingga membahayakan orang yang berada di dalamnya. Palung laut ini terbentuk lantaran pertemuan antar lempeng. 

Para ahli mengatakan bahwa jarak pandang di palung tersebut adalah nol, tekanan besar, dan suhunya juga sangat dingin. Selain itu, layaknya manusia, tidak semua makhluk dapat tinggal di Palung Mariana. Berdasarkan pengamatan, hewan yang mampu hidup di sana sangat aneh, asing, dan bahkan mirip seperti alien. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran, berikut ulasan tentang hewan misterius penghuni Palung Mariana yang disadur dari berbagai sumber. 

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

1. Dumbo Octopus

Dumbo Octopus

Photo :
  • Tangkapan Layar
5 Rekomandasi Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi, Sayuran Hijau Paling Wajib

Bila dilihat secara sekilas, gurita yang satu ini tampaknya adalah saudara kembar dari dumbo, karakter gajah yang ada dalam Walt Disney. Mereka mempunyai sirip seperti telinga, tentakel pendek melingkar, serta mata dan juga mulut yang cukup unik. Gurita ini memiliki ukuran 30 cm yang tinggal di kedalaman 3.962 meter di Palung Mariana. Meski tampak imut, ikan ini bisa melahap dan menelan mangsanya dalam sekejap mata. 

2. Hiu Goblin

Hiu Goblin

Photo :
  • wawker.com

Makhluk misterius yang menghuni Palung Mariana ini tampaknya memiliki seluruh karakteristik yang ada di dalam mimpi buruk manusia. Ia memiliki gigi tajam yang muncul keluar, bisa berenang cepat, dan kamu akan menemukan hewan ini di dalam kegelapan dan kedalaman Palung Mariana. 

Hiu goblin ini mempunyai ciri khusus yaitu selain giginya adalah mereka mempunyai dahi yang cukup menonjol ke arah depan layaknya sebuah tanduk. Seakan tidak cukup mengerikan, makhluk laut yang satu ini dapat tumbuh sampai sepanjang 5,5 meter. 

3. Telescope Octopus

Telescope Octopus

Photo :
  • Tangkapan Layar

Telescope octopus atau di dalam bahasa Indonesia memiliki nama gurita teleskop ini suka berkelana di arus yang paling dalam di lautan. Berdasarkan data dari Interesting Engineering mengatakan bahwa mereka umumnya ditemukan di kedalaman yang mencapai 1.981 meter. 

Tidak seperti gurita yang lain, gurita yang satu ini berenang secara vertikal, dari atas ke bawah dan begitu pula sebaliknya. Hal ini bertujuan supaya predator akan kesulitan dalam menangkap dirinya. Tubuh gurita yang satu ini nyaris transparan juga untuk mempermudah dirinya dalam bersembunyi. 

4. Angler Fish

Anglerfish

Photo :
  • Pixabay/pexels

Hewan misterius penghuni Palung Mariana yang satu ini tampaknya sudah banyak dikenali. Ikan ini mempunyai bagian ujung terang di kepalanya yang memiliki fungsi untuk menangkap mangsa. Angler fish atau ikan pemancing dapat ditemukan di dasar palung yang paling gelap. Ikan ini memiliki bentuk mirip seperti ikan bercahaya yang ada di film Finding Nemo. 

Angler fish mempunyai ciri khas yakni cahaya terang yang menyala di bagian kepalanya. Mulutnya pun dipenuhi dengan gigi tajam yang siap untuk mencabik-cabik tubuh mangsa. Gigi tersebut memiliki panjang mencapai 20 cm untuk betina. Sementara untuk jantannya mempunyai panjang yang lebih dari itu. 

5. Ikan Barreleye

Ikan Barreleye (Macropinna microstoma)

Photo :
  • http://www.mobgenic.com

Ikan yang dinamakan sebagai barreleye fish ini mempunyai kepala yang benar-benar transparan. Tidak hanya itu saja, kepala ikan ini juga dapat memancarkan cahaya yang membantunya untuk melihat di dalam Palung Mariana yang sangat gelap. 

Meski terlihat cukup pasif, ikan ini ternyata sangat kuat. Membran yang menyelimuti kepalanya bisa melindungi ikan ini dari sengatan ubur-ubur saat mereka tengah berburu. Tapi sayang, penelitian tentang ikan ini masih sangat terbatas lantaran habitatnya yang sulit dijangkau. 

6. Frilled Shark

Frilled Shark

Photo :
  • Fishing Booker

Frilled shark atau bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia disebut sebagai hiu berjumbai. Nama ini merujuk dengan insang ikan ini yang jumlahnya hanya mencapai enam sampai tujuh pasang saja. Tidak seperti hiu yang lainnya yang hanya memiliki lima insang saja.  

Uniknya, ikan ini ternyata sudah hidup sejak 80 juta tahun yang lalu. Mereka bisa tumbuh sampai 1,8 meter dan mempunyai 20 baris gigi tajam layaknya gergaji. Tapi tenang saja, kesempatan kamu untuk bertemu dengan ikan ini cukup kecil lantaran hidup di Palung Mariana dengan kedalaman mencapai 1.219 meter. 

7. Benthocodon

Benthocodon

Photo :
  • Tangkapan Layar

Mungkin kamu belum pernah mendengar hewan yang satu ini. Benthocodon merupakan salah satu spesies ubur-ubur yang tinggal di kedalaman 762 meter atau di sekitar laut. Uniknya, ubur-ubur ini mempunyai tubuh yang mini dengan diameter hanya 2 sampai 3 cm saja. Tubuh hewan di Palung Mariana ini transparan sehingga kamu dapat melihat organ dalamnya secara jelas. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya