Ini 11 Dewa dan Dewi Bangsa Mesir Kuno yang Disembah

Dewi Hathor
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Mesir memiliki salah satu dewa terbesar dan paling kompleks dari peradaban mana pun di dunia kuno. Selama sejarah Mesir, ratusan dewa dan dewi disembah. Karakteristik dewa individu mungkin sulit dijabarkan. 

Terpopuler: Mitos Tentang Masturbasi Hingga Tips Memilih Camilan Sehat

Sebagian besar memiliki asosiasi prinsip (misalnya, dengan matahari atau dunia bawah) dan bentuk. Tapi ini bisa berubah dari waktu ke waktu sebagai dewa naik dan turun pentingnya dan berevolusi dengan cara yang sesuai dengan perkembangan dalam masyarakat Mesir. Melansir dari Britannica, berikut adalah beberapa dewa yang paling penting untuk diketahui.

1. Osiris

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Osiris merupakan salah satu dewa terpenting Mesir. Osir adalah dewa dunia bawah. Dia juga melambangkan kematian, kebangkitan, dan siklus banjir Nil yang diandalkan Mesir untuk kesuburan pertanian.

Menurut mitos, Osiris adalah seorang raja Mesir yang dibunuh dan dipotong-potong oleh saudaranya Seth. Istrinya, Isis, menyusun kembali tubuhnya dan membangkitkannya, memungkinkan mereka untuk mengandung seorang putra, dewa Horus. Dia digambarkan sebagai raja mumi, mengenakan pembungkus yang hanya menyisakan kulit hijau di tangan dan wajahnya.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

2. Isis

Asal-usul Isis tidak jelas. Tidak seperti banyak dewa, dia tidak dapat diikat ke kota tertentu, dan tidak ada penyebutan pasti tentang dia dalam literatur Mesir paling awal. Seiring waktu, dia semakin penting, akhirnya menjadi dewi paling penting di jajaran dewa.

Sebagai istri setia yang membangkitkan Osiris setelah pembunuhannya dan membesarkan putra mereka, Horus, Isis mewujudkan kebajikan tradisional Mesir dari seorang istri dan ibu.

Sebagai istri dewa dunia bawah, Isis juga merupakan salah satu dewa utama yang peduli dengan upacara kematian. Bersama saudara perempuannya Nephthys, Isis bertindak sebagai pelayat ilahi, dan perawatan keibuannya sering digambarkan sebagai orang mati di dunia bawah.

Isis adalah salah satu dewa Mesir kuno terakhir yang masih disembah. Pada periode Yunani-Romawi dia diidentifikasi dengan dewi Yunani Aphrodite dan kultusnya menyebar ke barat hingga Inggris Raya dan sejauh timur hingga Afghanistan. Diyakini bahwa penggambaran Isis dengan bayi Horus memengaruhi citra Kristen tentang Maria dengan bayi Yesus.

3. Horus

Horus digambarkan sebagai elang atau sebagai manusia dengan kepala elang. Horus adalah dewa langit yang terkait dengan perang dan berburu. Dia juga merupakan perwujudan dari kerajaan ilahi, dan di beberapa era raja yang memerintah dianggap sebagai manifestasi dari Horus.

Menurut mitos Osiris, Horus adalah putra Isis dan Osiris, yang dikandung secara ajaib setelah pembunuhan Osiris oleh saudaranya Seth. Horus dibesarkan untuk membalas pembunuhan ayahnya. 

Salah satu tradisi menyatakan bahwa Horus kehilangan mata kirinya saat bertarung dengan Seth, tetapi matanya secara ajaib disembuhkan oleh dewa Thoth. Karena mata kanan dan kiri Horus dikaitkan, masing-masing, dengan matahari dan bulan, hilangnya dan pemulihan mata kiri Horus memberikan penjelasan mitos untuk fase bulan.

4. Seth

Seth adalah dewa kekacauan, kekerasan, gurun, dan badai. Dalam mitos Osiris, dia adalah pembunuh Osiris (dalam beberapa versi mitos, dia menipu Osiris untuk berbaring di peti mati dan kemudian menutupnya.)

Penampilan Seth menimbulkan masalah bagi ahli Mesir Kuno. Ia sering digambarkan sebagai binatang atau sebagai manusia dengan kepala binatang. Tetapi mereka tidak tahu hewan apa yang seharusnya dia miliki. 

Dia biasanya memiliki moncong panjang dan telinga panjang yang berbentuk bujur sangkar di ujungnya. Dalam bentuk hewan sepenuhnya, ia memiliki tubuh kurus seperti anjing dan ekor lurus dengan seberkas di ujungnya. Banyak sarjana sekarang percaya bahwa tidak ada hewan seperti itu yang pernah ada dan bahwa hewan Seth adalah semacam komposit mitos.

5. Ptah

Ptah adalah kepala dari tiga serangkai dewa yang disembah di Memphis. Dua anggota triad lainnya adalah istri Ptah, dewi berkepala singa Sekhmet, dan dewa Nefertem, yang mungkin adalah putra pasangan itu.

Asosiasi asli Ptah tampaknya adalah dengan pengrajin dan pembangun. Arsitek dinasti ke-4 Imhotep didewakan setelah kematiannya sebagai putra Ptah. Para ahli berpendapat bahwa kata Yunani Aiguptos, sumber nama Mesir mungkin dimulai sebagai penyelewengan dari Hwt-Ka-Ptah, nama salah satu kuil Ptah.

6. Ra (Re)

Dewa matahari Re (Ra), salah satu dewa pencipta Mesir kuno. Salah satu dari beberapa dewa yang terkait dengan matahari, dewa Re biasanya diwakili dengan tubuh manusia dan kepala elang. Diyakini bahwa dia berlayar melintasi langit dengan perahu setiap hari dan kemudian melewati dunia bawah setiap malam, di mana dia harus mengalahkan dewa ular Apopis untuk bangkit kembali. Kultus Re berpusat di Heliopolis, sekarang pinggiran kota Kairo. Seiring waktu, Re datang untuk disinkronkan dengan dewa matahari lainnya, terutama Amon.

7. Hathor

Dewi Hathor biasanya digambarkan sebagai sapi, sebagai wanita dengan kepala sapi, atau sebagai wanita dengan telinga sapi. Hathor mewujudkan keibuan dan kesuburan, dan diyakini bahwa dia melindungi wanita saat melahirkan.  Dia juga memiliki aspek pemakaman yang penting, yang dikenal sebagai "wanita dari barat." (Makam umumnya dibangun di tepi barat Sungai Nil.) Dalam beberapa tradisi, dia akan menyambut matahari terbenam setiap malam; orang-orang yang hidup berharap untuk disambut di alam baka dengan cara yang sama.

8. Anubis 

Anubis prihatin dengan praktik pemakaman dan perawatan orang mati. Dia biasanya digambarkan sebagai serigala atau sebagai pria dengan kepala serigala. Asosiasi serigala dengan kematian dan pemakaman kemungkinan muncul karena orang Mesir akan mengamati serigala mengais-ngais di sekitar kuburan.

Di Kerajaan Lama (c. 2575–2130 SM), sebelum Osiris menjadi terkenal sebagai penguasa dunia bawah, Anubis dianggap sebagai dewa utama orang mati. Menurut mitos Osiris, Anubis membalsem dan membungkus tubuh raja yang terbunuh, menjadi dewa pelindung pembalseman.

9. Thoth

Thoth, dewa tulisan dan kebijaksanaan, dapat digambarkan dalam bentuk babon atau ibis suci atau sebagai manusia dengan kepala ibis. Dia diyakini telah menemukan bahasa dan tulisan hieroglif dan melayani sebagai juru tulis dan penasihat para dewa. Sebagai dewa kebijaksanaan, Thoth dikatakan memiliki pengetahuan tentang sihir dan rahasia yang tidak dimiliki dewa lainnya.

Dalam adegan dunia bawah yang menunjukkan penghakiman yang dialami oleh orang yang meninggal setelah kematian mereka, Thoth digambarkan sedang menimbang hati orang yang meninggal dan melaporkan keputusan tersebut kepada Osiris, dewa orang mati.

10. Bastet

Dalam bentuknya yang paling awal, dewi kucing Bastet direpresentasikan sebagai seorang wanita dengan kepala singa atau kucing liar. Dia mengambil bentuk kucing domestik yang kurang ganas di milenium pertama SM. Pada periode selanjutnya dia sering digambarkan sebagai kucing duduk yang tampak anggun, terkadang memakai cincin di telinga atau hidungnya. Pada periode Ptolemeus dia dikaitkan dengan dewi Yunani Artemis, pemburu ilahi dan dewi bulan.

11. Amon

Sebelum naik menjadi kepentingan nasional di Kerajaan Baru (c. 1539–1292 SM), dewa Amon disembah secara lokal di kota selatan Thebes. Amon adalah dewa udara, dan namanya mungkin berarti "Yang Tersembunyi". Dia biasanya digambarkan sebagai seorang pria yang mengenakan mahkota dengan dua bulu vertikal. Simbol binatangnya adalah domba jantan dan angsa.

Setelah penguasa Thebes memberontak melawan dinasti penguasa asing yang dikenal sebagai Hyksos dan menegakkan kembali pemerintahan asli Mesir di seluruh Mesir, Amon menerima pujian atas kemenangan mereka. Dalam wujud yang menyatu dengan dewa matahari Re, ia menjadi dewa paling kuat di Mesir, posisi yang ia pertahankan di sebagian besar Kerajaan Baru.

Saat ini kompleks candi besar yang didedikasikan untuk Amon-Re di Karnak adalah salah satu monumen yang paling banyak dikunjungi di Mesir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya