Ide Libur Sekolah, Belajar Haji Secara Virtual untuk Anak-anak

Belajar Manasik Haji TK Islam se-Tanjung Pinang
Sumber :
  • VIVAnews/Yuliseperi

VIVA – Masa libur sekolah akan segera tiba. Berbagai rencana biasanya sudah mulai dirancang agar anak-anak bisa menghabiskan waktu liburannya dengan kegiatan bermanfaat. Salah satu yang bisa jadi  pertimbangan dengan mengajarkan nilai-nilai agama.

Banjir dan Tanah Longsor Mematikan di Kenya, 179 Orang Tewas

Kini, belajar tara cara ibadah haji bisa dilakukan secara virtual. Dengan teknologi 3D interaktif, hal itu kini bisa ditemui di Indonesia, khususnya Jakarta. Adalah event eksklusif Hafiz Hafizah Mecca Adventure

"Adanya Mecca Adventures ini merupakan terobosan yang sangat bagus sekali, karena dengan adanya teknologi (Mecca Adventure) ini anak-anak bisa belajar dan merasakan seakan-akan mereka itu berada di Mekah melaksanakan Tawaf dan sebagainya dengan cara yang menyenangkan, hal itu akan membekas menjadi pengalaman yang baik untuk anak-anak," kata DR. KH. Ahsin Sakho Muhammad, M.A selaku Cendekiawan Muslim dan Pakar Ulumul Qur'an.

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Pastikan Tak Ada Lagi Haji Ilegal Tahun Ini

Manasik haji, belajar tata cara pelaksanaan ibadah haji

Photo :
  • ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

Nantinya, pengunjung bisa berinteraksi dengan karakter animasi Hafiz dan Hafizah. Dua karakter ini akan menuntun pengunjung untuk memahami tatacara berhaji secara menyenangkan.

Haji Makin Mudah! Menag Yaqut dan Menhaj Tawfiq Bahas Layanan Baru untuk Jemaah Indonesia

Akan ada tujuh ruangan yang menyuguhkan pengalaman berbeda dengan durasi 5 menit setiap ruangan. Dimulai dari simulasi bagaimana membeli tiket pesawat di loket dan menunggu di waiting room bertema bandara. Di sini pengunjung bisa menunggu sambil menonton animasi Hafiz & Hafizah.

Ketika gilirannya tiba, pengunjung diarahkan ke ruangan berikutnya untuk melakukan simulasi menaiki pesawat sambil melihat cerita bagaimana Nabi Adam dan Siti Hawa bertemu.

Manasik Haji Virtual

Photo :
  • ist

Kemudian di ruang-ruang selanjutnya pengunjung bisa melakukan simulasi bagaimana melempar jumroh hingga memutari Kabah. Tak sampai di situ, pengunjung bisa belajar tentang ibadah Sa'i serta bagaimana air zam-zam tercipta yang ditemani karakter Hafiz dan Hafizah.

Acara ini berlangsung Atrium Lobby Utama Mall Gandaria City mulai 21 April hingga 16 Mei 2022. Pengunjung bisa menikmatinya dengan membayar Rp100 ribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya