9 Kasus Kesurupan dan Eksorsisme Terparah Sepanjang Masa

Ilustrasi kesurupan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kesurupan merupakan situasi ketika seseorang dirasuki oleh hantu atau roh jahat. Untuk mengusir makhluk tersebut, dilakukan sebuah ritual pengusiran setan yang kerap dikenal dengan istilah eksorsisme

Suku Bunga BI Naik, Apindo Ungkap 3 Tantangan Ini Hantui Pengusaha

Berbagai alasan timbul mengapa kesurupan bisa terjadi. Mulai dari sebuah kutukan hingga adanya gangguan makhluk halus di sebuah tempat. Tanda kesurupan pun bermacam-macam di antaranya yaitu tubuh melayang, merayap pada dinding, suara yang parau, serta tiba-tiba menjadi sangat kuat.

Bahkan dalam beberapa kisah, fenomena ini sampai menelan korban jiwa lantaran terlalu besarnya energi dari hantu maupun roh jahat. Berikut 9 kasus kesurupan dan eksorsisme terparah sepanjang masa yang dilansir oleh VIVA dari The Lineup. 

Viral MUA Ceritakan Kisah Pengantin Kesurupan Gegara Tidak Ziarah Kubur Sebelum Nikah

1. Anneliese Michel

The Exorcism of Emily Rose

Photo :
  • IMDb
Kisah Mistis di Pergudangan Ngagel Surabaya, Ada Sosok Medon Bersuara Mirip Burung

Anneliese adalah seorang gadis yang mengidap gangguan mental. Ia didiagnosis mengalami depresi serta halusinasi visual dan pendengaran. Karena situasi ini ia sempat dirawat di rumah sakit. 

Seiring waktu, gejalanya meningkat. Anneliese mulai tidak suka dengan segala sesuatu yang berbau agama. Oleh karena itu, ia dan keluarga Katoliknya menganggap kalau dirinya dirasuki setan. Dimulai dari usia 22 tahun,  Anneliese melakukan eksorsisme secara Katolik selama 10 bulan. Hampir 70 eksorsisme dijalani secara rahasia di bawah perintah gereja. 

Pada Juli 1976, Anneliese meninggal dunia. Hasil otopsi menyatakan bahwa kematiannya akibat kekurusan, kekurangan gizi, dan kelaparan di tangan pastor dan keluarganya. Sebab selama eksorsisme, konsultasi ke dokter dihentikan. 

Pastor didakwa dengan pembunuhan karena kelalaian dan dinyatakan bersalah atas pembunuhan. Ia menjalani enam bulan penjara dan tiga tahun masa percobaan.

Kisah Anneliese diangkat menjadi film The Exorcism of Emily Rose yang dirilis pada tahun 2005.

2. Anna Ecklund

Kerasukan Anna berlangsung selama beberapa tahun dimulai pada tahun 1912 ketika ia masih berusia 14 tahun. Kasus kesurupan Anne datang dari kutukan yang dibawa oleh ayahnya dan tantenya sendiri, Mina. 

Rupanya Mina adalah seorang penyihir yang menambahkan ramuan herbal dengan mantra iblis pada makanan Anna. 

Eksorsisme pertama dilakukan pada tahun 1912 dan berhasil yang sayangnya, hanya untuk sementara. Selang 16 tahun kemudian tepatnya pada tahun 1928, Anne dirasuki oleh lebih banyak setan. Lalu eksorsisme keduanya diadakan di sebuah biara di Iowa, Amerika Serikat, dan berlangsung tiga sesi. 

Kali ini eksorsismenya sangat melelahkan sehingga merusak tubuh Anna. Pada akhirnya memang setan-setan berhasil diusir namun tidak sepenuhnya hilang dari jiwa Anna. Ia melanjutkan kehidupan dengan kerasukan yang lebih ringan daripada sebelumnya.

3. Poltergeist Keluarga Smurl

Ritual Eksorsisme

Photo :
  • Instagram @dodsvelehardingfele

Poltergeist merupakan fenomena ketika sebuah benda dirasuki oleh setan. Fenomena ini pernah menimpa rumah keluarga Smurl di Pennsylvania. Awalnya paranormal profesional dan pastor menganggap tidak ada yang aneh dari hunian tersebut.

Namun penyelidik paranormal Ed dan Lorraine Warren mengklaim rumah keluarga Smurl dihuni oleh iblis yang sangat kuat. Mereka melakukan eksorsisme untuk menghilangkan bayangan gelap di rumah itu. 

Eksorsisme itu sayangnya tidak membuahkan hasil. Sederet gangguan dari setan terus berdatangan dari benturan keras, bau busuk, kasur terguncang, serangan fisik dan seksual kepada salah satu anggota keluarga, hingga anjing mereka pun dilempar ke tembok. 

Pada tahun 1986 keluarga Smurl mengungkapkan bahwa rumahnya telah kembali ke kondisi normal berkat bantuan doa yang intens. Walaupun begitu, sang ibu mengatakan masih ada kejadian aneh pada tahun 1987.

4. Roland Doe

Roland mulai mengetahui tentang iblis dan kawanannya pada usia 13 tahun setelah tantenya meninggal dunia. Ia mencoba papan roh untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga yang telah tiada. Alih-alih mengundang tantenya, ia malah mengajak sesuatu yang lebih jahat.

Sejak itu keluarga Roland dihantui oleh kejadian aneh termasuk suara-suara asing, perabotan bergerak sendiri, dan benda-benda melayang. Mereka memutuskan untuk memanggil pastor Lutheran. Setelah memantau perilaku Roland, Lutheran mengatakan bahwa roland harus menemui seorang imam Katolik.

Selama eksorsisme, Roland menyayat lengan imam Katolik dengan per tempat tidur untuk menghentikan ritual lebih lanjut. 

Keluarga lalu pindah ke St. Louis untuk melihat tiga imam lagi dan menjalani sekitar 30 eksorsisme. Selama kerasukan, Roland mendapatkan pesan misterius di kulitnya, suara serak, dan kekuatan yang ekstrem. Untungnya Roland berhasil dibebaskan dari roh jahat tanpa mengingat kejadian itu.

5. David Berkowitz

Dikenal sebagai pembunuh berantai pada masanya, David mengaku bahwa bukan ia yang melakukan pembunuhan melainkan setan yang merasuki jiwanya. Di antara tahun 1976 dan 1977, David melukai tujuh orang dan membunuh enam orang. 

David bahkan mempunyai julukan kepada sisi jahatnya bernama ‘Papa Sam’. Hal ini ia tuliskan dalam surat-surat yang ia tinggalkan di tempat kejadian pembunuhan. 

Setelah ditangkap barulah terungkap bahwa Sam adalah anjing tetangganya yaitu Sam Carr. Dalam buku harian penjaranya ia mengklaim kalau hewan itu dirasuki oleh seorang pria berusia 6000 tahun bernama Sam, seorang pecandu alkohol yang mengonsumsi darah manusia.

David juga mengaku roh itu menguncinya di loteng dan menyuruhnya untuk membutuh melalui anjing. “Dia memerintahkan untuk membunuh lewat anjingnya seperti biasa yang ia lakukan,” tulisnya.

Selain itu David pun mengungkapkan kekhawatirannya bahwa suatu saat nanti Papa Sam akan berevolusi menjadi humanoid atau iblis dalam keadaan yang lebih lengkap.

6. Kasus aneh dari Michael Taylor

Dari sekian banyak kasus eksorsisme, kasus dari Taylor bisa dibilang gagal sebab ia tidak kembali ke keadaan normal. Sang istri, Christine menuduh Michael menarik diri dari lingkungan gereja dan melakukan perzinahan. Mendengar kabar tersebut Michael mengecam istri serta selingkuhannya.

Dalam waktu singkat, perilaku menakutkan Michael meningkat secara intens. Para imam memutuskan melihat keadaannya. Eksorsisme pun dijalankan selama satu malam penuh.

Para imam menyatakan bahwa mereka telah mengusir lebih dari 40 setan dari jiwa Michael tetapi sayangnya beberapa masih tetap tinggal di sana.

Pasca kembalinya dari ritual, Michael dengan keji membunuh istrinya dan mencekik anjing pudel keluarga sampai tewas. Ia kemudian dijemput oleh polisi setelah berkeliaran di jalan dengan berlumuran darah.

Tidak diketahui asal mula Michael bisa kesurupan.

7. Clara Germana Cele

Ilustrasi kesurupan.

Photo :
  • U-Report

Siswi berusia 16 tahun dari Afrika Selatan ini diduga kerasukan pada akhir musim panas tahun 1906 setelah membuat perjanjian dengan iblis. Ketika berita tersebut sampai ke salah satu pastor di sekolah, sikap Clara mulai tidak menentu dan semakin buruk.

Saksi mata membeberkan bahwa Clara menunjukkan rasa enggan terhadap benda-benda suci, merobek pakaiannya, berbicara dengan makhluk kasat mata, serta menggeram seperti binatang. Ia juga memperoleh pengetahuan bahasa lain, melayang dari tanah, bahkan ia dapat menyampaikan informasi pribadi orang lain yang seharusnya tidak ia ketahui.

Dua pastor diutus untuk menjalankan eksorsisme yang berlangsung lebih dari sehari. Tetapi Clara malah membuat perjanjian lain dengan setan. Eksorsisme pun dilakukan lagi sampai ia terbebas dari para iblis.

8. Kasus Richard Gallagher dan Julia

Seorang psikiater dan guru di Universitas Columbia dan New York Medical College, Richard Gallagher mengklaim pernah mempunyai pasien yang kerasukan bernama Julia.

Julia rupanya seorang ratu dari pemujaan iblis. Merasa yakin bahwa ia sedang diserang oleh setan, Julia menghubungi seorang pastor lalu dipertemukan dengan Richard untuk mendapatkan perawatan psikiatris.

Tetapi Richard mengesampingkan penyakit mental setelah ia melihat Julia memasuki keadaan seperti kesurupan dan barang-barang di rak kantornya pun melayang. Selain itu, Julia berbicara dalam bahasa roh dan membongkar rahasia Richard.

Julia pada akhirnya menjalani eksorsisme. Selama ritual berlangsung ia mengancam, melayang, menunjukkan kekuatan super, bahkan mengubah suhu di ruangan.

9. Keluarga Peron

Salah satu adegan film The Conjuring, bercerita tentang rumah yang berhantu

Photo :
  • youtube.com

Setelah keluarga Perron pindah ke rumah impian mereka di Rhode Island pada tahun 1970, kengerian dimulai. Keluarga besar itu mengalami sederet kejadian aneh dan menakutkan seperti munculnya suara-suara aneh serta anggota keluarga yang ditarik dari kasur. 

Dalam beberapa kesempatan, hantu wanita yang gantung diri menampakkan wujudnya di rumah.

Duo investigasi paranormal Ed dan Lorraine Warren dipanggil untuk mengevaluasi situasi rumah keluarga Perron. Mereka mengatakan ada beberapa hal membahayakan di rumah dan sekitarnya yang menimbulkan aura negatif.

Upaya mengusir roh jahat gagal dan keluarga harus menanggung siksaan sampai tahun 1980 sampai mereka memutuskan untuk pindah ke Georgia.

Kisah keluarga Perron kemudian dibuat dalam film horor fenomenal yaitu The Conjuring.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya