Ini Kunci Sukses Berinvestasi Bagi Pemula

Ilustrasi Investasi
Sumber :
  • FREEPIK

VIVA – Pengalaman adalah guru terbaik. Pepatah ini juga berlaku dalam hal investasi. Ya, investasi seakan menjadi momok menakutkan untuk mayoritas orang. Terutama mereka yang tidak punya pengalaman.

27 Korban Penipuan Investasi Rp52 Miliar Geruduk Rumah Orang Tua Pelaku di Tasikmalaya

Memang saat ini kesadaran soal pentingnya investasi semakin tinggi, karena kini kita semakin mudah mengakses informasi soal finansial. Meski begitu, di saat bersamaan, orang-orang tetap enggan melakukannya. Alasannya, mereka menganggap investasi adalah sesuatu sulit dan berisiko tinggi.

Umumnya hal ini melanda generasi milenial dan gen Z. Walau tergolong masih muda dan produktif, tak semua orang berani mengambil risiko tertentu. Alasan utamanya adalah minimnya pengetahuan terkait investasi.

Gak Nyangka, Ternyata Gen Z Punya Karakter Mulia Ini

Padahal sebenarnya ada banyak sekali cara untuk mengatasi hambatan ini. Salah satunya adalah dengan belajar kepada orang yang lebih berpengalaman.

Ilustrasi menabung

Photo :
  • Pixabay
Jangan Sampai Terjerat Pinjol, Ini Tips Kelola Keuangan Lebih Cerdas

Menurut rilis aplikasi Seeds yang diterima VIVA, Senin, 25 April 2022, sosok berpengalaman yang dibutuhkan tidak harus seorang profesional. Karena yang terpenting adalah pengetahuan yang mereka miliki sebelumnya.

Dalam tulisannya di Forbes, pebisnis Shama Hyder mengatakan bahwa mencari mentor yang tepat itu lebih dari sekadar mengagumi kesuksesan mereka. Tetapi ada dua hal yang harus jadi pertimbanganmu.

Yang terpenting adalah melihat latar belakang mereka. Setiap mentor tentu senang jika ditanya tentang kesuksesan mereka. Namun, kita bisa menganalisis lebih jauh terkait motifnya. Mulai dari alasan mengapa dia memulai investasi, langkah perjalanannya hingga cara mereka dalam mengambil sebuah keputusan.

Hal lain yang bisa jadi pertimbanganmu dalam memilih mentor investasi adalah tentang kemauannya untuk berbagi. Baik itu soal pengetahuan dan yang paling krusial adalah terkait waktu. Kerendahan hati seseorang bisa dinilai dari seberapa rela dia meluangkan waktu untuk orang lain.

Ilustrasi investasi.

Photo :
  • Pixabay

Selain itu, jika kita yang berada di posisi mentor, ada keuntungan lain yang bisa didapat. Mulai dari munculnya perspektif baru, menambah relasi dan membuka kesempatan kerja sama dengan orang-orang hebat lainnya.

Sebagai informasi, aplikasi Seeds sendiri merupakan sebuah platform investasi yang memungkinkan generasi milenial untuk berdiskusi dan belajar tentang ide-ide investasi, sekaligus menghasilkan pendapatan pasif dan memberikan dampak positif bagi dunia. 

Aplikasi yang dihadirkan oleh PT. Benih Investasi Teknologi ini dibuat untuk memfasilitasi kebutuhan generasi milenial dalam berinvestasi. Mereka mengusung semangat berkomunitas dan bersosialisasi secara daring dalam berinvestasi. 

Ilustrasi investasi.

Photo :
  • Pixabay

Hal ini karena mereka percaya pengalaman berinvestasi harus bersifat sosial, terjangkau, mudah diakses dan dipersonalisasi (transparansi informasi) kepada semua orang tanpa memandang latar belakang.

Lewat Seeds, para pengguna nantinya akan bisa bertemu, belajar, diskusi strategi investasi, dan berbagi pengalaman sembari berinvestasi dalam satu platform. Aplikasi ini diharapkan menjadi pilihan tepat bagi generasi milenial dan investor muda Indonesia untuk belajar, berbagi pengalaman serta memperluas portofolio Investasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya