9 Fakta Menarik Dubai yang Belum Diketahui, Sudah Bisa Minum Alkohol?

Gedung Tertinggi di Dunia, Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Dubai adalah salah satu kota termewah di dunia yang letaknya berada di bagian Timur Semenanjung Arab, tepatnya berada di Pantai Teluk Persia. Dubai juga menjadi salah satu kota terbesar yang ada di Uni Emirat Arab (UEA) dan terkenal dengan gedung pencakar langit yang sangat banyak sampai hampir mendominasi di seluruh kota. 

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Selain itu, Dubai juga terkenal sebagai primadona wisata yang ada di Timur Tengah karena menyuguhkan berbagai jenis keindahan dan kemewahan kelas dunia. Selain fakta tersebut, ternyata masih banyak fakta menarik lain tentang Dubai yang sayang bila terlewatkan. Nah, berikut adalah ulasan tentang fakta menarik Dubai yang disadur dari Full Suitecase.

1. Akhir Pekan Dubai 2,5 Hari

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

La Perle Dubai, House of Dancing Water

Photo :
  • Dokmentasi Dubai Tourism

Dubai baru-baru ini mengubah jadwal kerja/akhir pekannya, agar lebih selaras dengan waktu di seluruh dunia dan pasar internasional. Akhir pekan di Dubai sekarang menjadi 2,5 hari yang terdiri atas setengah hari pada hari Jumat, dan pada Sabtu dan Minggu. Jam kerja resmi mulai pukul 07:30 hingga 15:30 dari Senin hingga Kamis. 

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Kemudian pukul 07.30 hingga 12.00 pada hari Jumat. Dulu, akhir pekan di Dubai bukan pada hari Sabtu dan Minggu seperti di barat. Tetapi juga tidak lagi pada hari Kamis dan Jumat seperti biasanya di sebagian besar negara Muslim di masa lalu. Sebaliknya, akhir pekan di Dubai adalah pada hari Jumat dan Sabtu.

2. Didominasi dengan Gurun 

Safari Gurun di Sharjah Dubai

Photo :
  • VIVA.co.id/Umi Kalsum

Dimulai sejak Sheikh Rashid yang prihatin dengan masa depan Dubai saat minyak habis. Sheikh Mohammed adalah orang yang mengubah Dubai menjadi kota seperti sekarang ini. Setiap kali Anda mengunjungi Dubai, kamu akan menemukan bahwa kota itu telah berubah sekali lagi. 

Ada begitu banyak yang terjadi, begitu banyak bangunan baru, tempat wisata, dan lain sebagainya. Ini benar-benar tujuan yang selalu berubah yang menawarkan sesuatu yang baru setiap kali kamu datang.

3. Dubai Memiliki Gedung Tertinggi di Dunia

Gedung Tertinggi di Dunia, Burj Khalifa, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Photo :
  • Pixabay

Di Uni Emirat Arab, mereka ingin menjadi yang terbaik dalam segala hal, yang terbesar, yang tertinggi, dan yang terkaya. Gedung tertinggi di dunia, pusat perbelanjaan terbesar, kamar hotel termahal, dan pulau buatan, mereka memilikinya.

Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia 828 meter dan 163 lantai berdiri di Dubai. Sebagai perbandingan, ketinggian Menara Eiffel di Paris hanya 300 meter. Pada 2016, Dubai mulai membangun Dubai Creek Tower dengan ketinggian 1.300 meter. Ini  dimaksudkan untuk mempertahankan gelar gedung tertinggi di dunia di Dubai.

4. Banyak Orang Asing di Uni Emirat Arab

Pengemis tajir di Uni Emirat Arab.

Photo :
  • aleqt.com

Statistik terbaru menunjukkan bahwa persentase orang asing di UEA lebih dari 88%. Jumlah ini mungkin lebih tinggi di kota Dubai. Hanya setelah 20 tahun ekspatriat memenuhi syarat untuk aplikasi kewarganegaraan. Paling orang asing di Dubai adalah pekerja konstruksi dari India, Bangladesh, dan Pakistan.

5. Pertumbuhan Penduduk Tertinggi di Dunia

Dubai

Photo :
  • U-Report

Pada tahun 1965 total populasi di UEA adalah 150.000 dan pada tahun 2015 meningkat tajam sekitar 9,26 juta penduduk. Peningkatan terbesar terjadi antara tahun 2003 dan 2011 serta telah stabil di tahun terakhir. Pada tahun 2022, populasi UEA adalah 9,99 juta. Lebih dari sepertiga dari total populasinya tinggal di Dubai.

6. Lebih Banyak Pria Daripada Wanita 

Hotel Burj Al Arab, Dubai.

Photo :

Rasio pria-wanita Dubai adalah 7 banding 3. Ini sebagian besar karena pekerja asing yang datang ke UEA tidak pindah dengan keluarga mereka. Kebanyakan dari mereka datang ke Emirates untuk bekerja dan mencari uang, meninggalkan keluarga mereka di negara asal mereka.

Sekitar 69% orang yang tinggal di Uni Emirat Arab adalah pria, dan hanya 31% wanita. Hal tersebut diperkirakan lebih dari 2 pria untuk setiap wanita! Serta sudah menjadi kebiasaan di wilayah ini bagi seorang pria untuk memiliki beberapa istri. 

7. Berhubungan Seks Sebelum Nikah Tidak Ilegal

Hubungan seks.

Photo :
  • healthline

Ini adalah salah satu fakta Dubai yang telah menciptakan banyak kontroversi di masa lalu. Untungnya, hukum telah dilonggarkan baru-baru ini dan seks pranikah tidak lagi ilegal di Dubai. Di masa lalu Anda tidak diizinkan berbagi kamar hotel yang sama di Dubai dengan pria atau wanita yang belum menikah dengan Anda. 

Jika Anda bepergian ke Dubai dengan pasangan, Anda sebaiknya memastikan bahwa semua orang mengira kalian berdua sudah menikah. Selama tidak ada yang terjadi, tidak ada membuat masalah besar, tetapi beberapa orang asing mendapat masalah serius. Kini, kamu bersama pasangan bisa bersantai di Dubai. 

8. Berciuman di Depan Umum Masih Ilegal

Hubungan seks.

Photo :
  • Times of India

Pelukan dan ciuman di depan umum masih dilarang di UEA, dan bahkan mungkin ilegal. Bergandengan tangan dengan suami atau istri Anda boleh saja, tapi hanya sebatas itu. Dubai jauh lebih santai daripada emirat lainnya, tetapi jauh lebih mudah untuk menghormati tradisi daripada menguji batas-batas.

9. Bisa Mengonsumsi Alkohol untuk Orang yang Berusia Lebih dari 21 Tahun

Ilustrasi Scotch whisky/minuman beralkohol.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Konsumsi alkohol dikontrol secara ketat di Uni Emirat Arab. Di masa lalu, hanya turis asing atau penduduk asing yang memiliki lisensi alkohol khusus bisa membeli dan mengkonsumsi alkohol di Dubai. Ini adalah salah satu hukum yang telah diperbaharui. Alkohol tetap hanya boleh dikonsumsi secara pribadi atau dalam area publik berlisensi.

Sekarang, batasan utama adalah bahwa orang di bawah usia 21 tidak dapat membeli atau mengkonsumsi alkohol di Dubai. Biasanya, minuman beralkohol disajikan di hotel dan klub berlisensi, tetapi Anda tidak diperbolehkan untuk minum di depan umum. Juga baru-baru ini sudah boleh konsumsi daging babi dan bisa makan di siang hari selama bulan Ramadhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya