Mengingat Kembali Pentingnya Menanam Mangrove

Mangrove/hutan mangrove/bakau/hutan bakau.
Sumber :
  • Freepik/lifeforstock

VIVA – Mangrove adalah jenis tanaman dikotil yang hidup di habitat air payau dan air laut. Mangrove jadi salah satu solusi yang penting untuk mengatasi berbagai jenis masalah lingkungan. Salah satunya untuk mengatasi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh rusaknya habitat untuk hewan.

Pj Bupati Purwakarta Ingatkan Integritas ASN dan Mitigasi Wabah DBD

Selain itu, hutan mangrove juga memiliki manfaat untuk mencegah erosi pantai, jatalis tanah dari air laut, habitat ikan, sumber pakan ternak, mencegah pemanasan global dan masih banyak lainnya. Namun masih banyak pihak yang kurang menyadari manfaat hutan mangrove.

Untuk itu Token AHA berkolaborasi dengan Yayasan Temanmu Peduli Bangsa menjalankan beberapa rangkaian terkait penanaman ribuan mangrove. Mereka menanam di berbagai wilayah di Bali.

Hari Kedua Pasca-Libur Lebaran, Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Kelima di Dunia

Acara Hijaukan Alam

Photo :
  • ist

Pertama di Serangan pada 20 Februari 2022, 1000 mangrove di Buleleng pada 15 Maret 2022, dan 1200 mangrove di Pantai Telaga Waja. Lalu Tanjung Benoa pada 20 April 2022. 

PPLI Pastikan Rutin Lapor Pantauan Lingkungan ke DLH hingga KLHK

Kegiatan penanaman mangrove ini juga melibatkan 10 anggota yonif raider 900/SBW, kalangan mahasiswa dari beberapa universitas dan elemen-elemen masyarakat pecinta lingkungan di Bali.

Acara soft launch ini bertujuan untuk mengedukasi berbagai elemen masyarakat tentang betapa pentingnya menjaga keberlangsungan bumi dan kehidupan di dalamnya. Selain itu, acara peluncuran ini juga menjadi ajang silaturahmi para Anagatarians, yaitu perpaduan komunitas go green dengan komunitas kripto, juga para pengusaha dan calon investor.

Acara Hijaukan Alam

Photo :
  • ist

Melalui berbagai kegiatan, Token AHA ingin merangkul masyarakat, komunitas, maupun para stakeholder, untuk terus bertumbuh dan peduli pada bumi.

Berfokus kepada reduksi CO2, PT Alam Hijau Anagata tak hanya melakukan kegiatan penanaman mangrove, namun juga memperkuat peluang bisnis dalam pemasangan Solar Panel (Pembangkit Listrik Tenaga Surya). Melalui panel surya, cahaya matahari ditangkap dan diubah menjadi energy listrik. 

"Tenaga surya bisa menurunkan emisi CO2 dan polusi, sehingga energy listrik yang dihasilkan merupakan energi yang ramah lingkungan," kata Tedi Salvani selaku CFO PT Alam Hijau Anagata dalam keterangan tertulisnya.

Token AHA memiliki visi sebagai akselerator transformasi hijau di Indonesia melalui green energy project, green environment project, dan green sustainability project, sebagai ekosistem dasar namun bernilai komersial pengembangan platform karbon. Selaras dengan slogan KTT G20 yang akan diselenggarakan di bali Recover Together, Recover Stronger dan mendorong pertumbuhan yang inklusif, people-centered, serta ramah lingkungan.

Dimulai dari Indonesia Token AHA mempunyai visi mendukung proyek hijau dengan nilai ekonomi berkelanjutan, bahkan sampai wilayah Asia Tenggara di masa mendatang.

"Kami memilih jaringan BSC dengan pertimbangan sebagai salah satu jaringan terbesar dan dalam perhitungan kami, holder Token AHA selain komunitas cryptocurrency juga komunitas peduli lingkungan atau valued investor yang mungkin belum pernah memiliki aset kripto dan menjadikan Token AHA sebagai investasi pertama mereka di cryptocurrency," kata Aswin, CEO Token AHA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya