5 Desa Paling Unik di Dunia yang Hanya Bisa Ditemui di Indonesia

Wae Rebo.
Wae Rebo.
Sumber :
  • VIVA/Jo Kenaru (Manggarai, NTT)

VIVA – Tahukah kamu bahwa Indonesia mempunyai banyak desa dengan karakteristik unik hanya ada satu-satunya di dunia ini. Indonesia memang dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya, bahasa, alam, dan bahkan keanekaragaman sukunya. Maka dari itu, tak heran bila negara kita tercinta ini memiliki desa unik di sejumlah wilayah. Nah, untuk mengetahui beberapa desa paling unik di Indonesia tersebut, simak ulasan berikut ini yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo, NTT.

Desa Wae Rebo, NTT.

Photo :
  • U-Report

Desa Wae Rebo ini terletak di Pulau Flores, tepatnya di Kecamatan Satarase, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Keunikan desa ini adalah rumah adat utama di desa yang memiliki bentuk kerucut tinggi dengan diameter yang sama. Rumah yang ada di desa paling unik ini dapat menampung 6-8 keluarga. Rumah adat ini sudah ada selama 19 generasi.

Penataan rumahnya juga sangat unik, yakni berbentuk melingkar sehingga akan terlihat seperti sebuah lingkaran. Selain bentuk hunian tradisional yang unik, pemandangan hijau yang dikelilingi pegunungan juga mampu menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke sini. Karena desa yang berada di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut ini mampu menyuguhkan pemandangan ala pedesaan di atas awan.

2. Desa Panglipuran

Desa panglipuran

Desa panglipuran

Photo :
  • U-Report