5 Daerah Zona Biru di Dunia yang Dikenal Mempunyai Umur Panjang

rahasia panjang umur
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Daerah zona biru adalah sebuah sebutan untuk beberapa wilayah di dunia yang mana para penduduknya dikenal mempunyai umur yang panjang dan sehat. Umur yang panjang tentu saja menjadi keinginan semua orang karena bisa menghabiskan waktu bersama dengan orang terkasih. Umur panjang juga biasa dipengaruhi oleh genetika yang bisa hidup hingga usia 8- sampai 90-an tahun. 

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

PBB bahkan memperkirakan bahwa jumlah centenarians atau orang yang hidup sampai 100 tahun akan tumbuh lebih banyak pada tahun 2050 mendatang. Sementar itu, zona biru ini diperkenalkan pertama kali oleh peneliti Dan Buettner yang merupakan sebuah tempat untuk beberapa orang tertua yang paling sehat di dunia. Ia juga mengatakan ada lima tempat yang memungkinkan untuk mempunyai umur panjang. 

1. Okinawa, Jepang

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Arina Mocca dan Hiroaki Kato di Festival Film Internasional Okinawa, Jepang, Kamis, 19 April 2018.

Photo :
  • VIVA/Maya Sofia

Masyarakat yang tinggal di Okinawa ini mempunyai tingkat penyakit kanker, penyakit jantung, dan dimensia yang begitu rendah ketimbang orang Amerika. Kesehatan masyarakat juga dipengaruhi oleh ikatan sosial yang sangat erat. Orang yang lebih tua bisa dengan mudah mengartikan alasan mereka bangun di pagi hari. Kehidupan mereka juga dimaknai dengan tanggung jawab yang jelas untuk dibutuhkan usia 100-an. 

Organisasi Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat ke Prabowo: Semoga RI Makin Maju

2. Ikaria, Yunani

Pulau Ikaria di Yunani

Photo :
  • Marissa Tejada/BBC

Ikaria merupakan tempat bagi kurang lebih 10.000 orang yang mempunyai kesehatan baik. Blue Zones mengatakan, mereka hampir terbebas dari penyakit kronis dan dimensia. Kebudayaan mereka yang sosial-sentris juga memengaruhi tingkat aktivitas, diet, dan cinta segelas anggur yang baik. 

Dikatakan juga bahwa satu dari tiga penduduk di wilayah tersebut mencapai usia sampai 90 tahun. Bukan sekadar umur yang panjang, daerah zona biru ini juga menjalankan kehidupan dengan kondisi sehat. Kondisi tempat tersebut juga mempunyai udara bersih, angin hangat, dan medan terjal menarik mereka ke luar ruangan yang menjadi gaya hidup aktif. 

3. Loma Linda, Amerika Serikat

Suasana di California, Amerika Serikat.

Photo :
  • Istimewa.

Loma Linda yang merupakan sebuah komunitas di wilayah kota California, Amerika Serikat terdiri atas 9.000 orang penduduk. Dikatakan, warga yang berada di wilayah tersebut mempunyai rata-rata usia lebih panjang dari penduduk lain di Amerika Serikat. 

Umur yang panjang di daerah zona biru ini dipengaruhi oleh beberapa kebiasaan mereka yang diet vegetarian sangat ketat, sering berolahraga, dan membantu orang lain yang dapat mencegah depresi. Selain itu, mereka juga tidak mengonsumsi alkohol maupun merokok. 

4. Sardinia, Italia

Sardinia.

Photo :
  • U-Report

Sardinia merupakan daerah zona biru pertama yang teridentifikasi oleh Buettner sejak tahun 2004 silam. Lewat situs Blue Zone, sudah ditemukan adanya keunikan genetik langka yang dibawa oleh masyarakat setempat tentang umur yang panjang. 

Meskipun demikian, genetika yang dimiliki bukan satu-satunya hal yang membuat mereka menjadi unik. Kebiasaan gaya hidup berburu, memancing, dan memanen yang masih dilakukan sendiri sehingga makanan yang mereka konsumsi sehat dan terjaga kebersihannya. 

5. Nicoya, Costa Rica

costa rica

Photo :

Mengadopsi pepatah zaman dulu “pura vida” yang mempunyai arti kehidupan murni tersebut membuat masyarakat yang mendiami daerah zona biru tersebut harus terus hidup bahagia dengan melayani orang-orang dengan baik dan juga memberikan hadiah. 

Salah satu hal yang membuat mereka memiliki umur panjang adalah masih melaksanakan teknik pertanian dan mengonsumsi makanan tradisional seperti jagung dan kacang-kacangan. Mereka juga mengonsumsi makanan yang sedikit kalori sebagai sebuah cara untuk menambah usia mereka menjadi lebih panjang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya