Ada Chernobyl, Inilah 6 Kesalahan Termahal Sepanjang Sejarah

Chernobyl. Ukraina
Sumber :
  • U-Report

VIVA –  Kesalahan termahal sepanjang sejarah yang tidak terduga ternyata banyak tercatat dalam sejarah. Kesalahan-kesalahan ini terjadi karena alesan yang beragam. Selama bertahun-tahun, harga yang harus dibayar untuk beberapa kesalahan sangat besar, mencapai ratusan juta, dan dalam beberapa kasus bahkan miliaran. Simak dibawah ini enam kesalahan termahal sepanjang sejarah yang dilansir dari berbagai sumber.

Rahasia Asal-muasal Jangka Jayabaya yang Mengandung Ramalan Masa Depan Nusantara

1. Kapal Selam yang Berat

Ilustrasi Kapal Selam

Photo :
  • unsplash,com
Sejarah Ketupat yang Menjadi Menu Paling Populer Saat Hari Raya Idul Fitri

Pada tahun 2013, Isaac Peral ditetapkan untuk menjadi yang pertama di kelas baru kapal selam diesel-listrik ketika penemuan kesalahan mahal menyebabkan kemunduran besar. Ternyata kapal selam itu kelebihan berat 70 ton karena seorang insinyur telah menempatkan titik desimal di tempat yang salah di awal proses perencanaan.

Dilansir dari finance101.com, untuk mengimbangi berat kapal selam yang sangat besar, para insinyur terpaksa membuatnya lebih lama lagi. Dengan menambahkan sekitar enam meter panjang ke lambung kapal selam, mereka mampu membuatnya lebih apung. Sayangnya, kesalahan itu masih membuat mereka menelan kerugian sebesar $ 11,4 juta.

7 Tempat Paling Terlarang untuk Didatangi Turis di Dunia, Ada Pulau Sentinel dan Area 51

2. Kumis Superman

Superman tanpa kumis

Photo :
  • Warner Bros. Pictures

Kesalahan termahal sepanjang sejarah yang kedua datang dari industri film yang laris besar ketika banyak uang dipertaruhkan. Dilansir dari history101.com, setelah syuting Justice League Warner Brothers memutuskan beberapa adegan perlu ditambahkan atau diulang. Tapi Henry Cavill sudah mulai syuting Mission: Impossible – Fallout dan konflik penjadwalan ini terbukti menjadi situasi yang sulit.

Cavill memerankan August Walker di Fallout, peran yang mengharuskannya menumbuhkan kumis dan bayangan jam lima. Paramount menolak untuk membiarkan dia mencukur untuk syuting ulang adegannya sebagai Superman, meskipun Warner Brothers memohon kepada mereka. Tidak hanya mengoordinasikan pemotretan ulang yang menghabiskan biaya sekitar $25 juta, studio harus membayar kru efek visual untuk menghilangkan kumis Superman di semua adegan ini. Untung mereka berhasil.

3. Kehilangan Bitcoin

Bitcoin

Photo :
  • wikimedia

Kesalahan termahal sepanjang sejarah selanijutnya adala kehilangan bitcoin. Dikutip dari finance101.com, James Howells adalah seorang pekerja IT Inggris yang melakukan kesalahan yang merugikannya lebih dari seratus juta dolar. Pada tahun 2009, Howells mulai menggunakan laptop pribadinya untuk menambang bitcoin cryptocurrency. Meskipun laptopnya akhirnya berhenti bekerja, dia memegang drive yang berisi 7.500 bitcoin-nya, senilai $127 juta hari ini.

Kemudian, pada tahun 2013 dia salah memasukkan drive itu ke tempat sampah, dan dibuang bersama sampah. Hingga akhir 2017, Howells masih melobi kotanya untuk mengizinkannya mencari di tempat pembuangan sampah untuk mendapatkan bitcoinnya yang hilang. Sayangnya, perjalanan itu sekarang pasti terkubur di bawah enam tahun limbah, dan menurut kota yang melakukan pencarian akan menyebabkan "dampak lingkungan yang besar di daerah sekitarnya."

4. Label Rekaman Tidak Menandatangani The Beatles

The Beatles

Photo :
  • facebook.com/thebeatles

The Beatles masuk ke dalam daftar kesalahan termahal sepanjang sejarah. Kamu tidak pernah bisa yakin band apa yang akan menjadi besar. Saat kamu menjadi A&R atau eksekutif di label rekaman, sebagian besar tugas kamu adalah melempar dadu pada artis yang menurut kamu memiliki peluang.

Dilansir dari history101.com, Dick Rowe, eksekutif di Decca Records menolak band tidak dikenal dari Liverpool yang disebut "Silver Beatles" ketika mereka mengikuti audisi untuk label tersebut. Alasan dia lulus? Dia pikir musik gitar adalah tren yang memudar pada tahun 1962. Beberapa bulan kemudian, The Beatles menandatangani kontrak dengan EMI. Pada tahun 1964 saja, The Wall Street Journal memperkirakan rekor penjualan mereka meraup $50 juta.

5. Sony Membeli Columbia Pictures

Logo Sony

Photo :
  • brandsoftheworld.com

Kesalahan termahal sepanjang sejarah selanjutnya datang dari perusahaan Sony. Pada tahun 1989, Sony membuat kesalahan mahal dalam mengakuisisi Columbia Pictures. Sony menghabiskan $ 4,8 miliar untuk membeli studio film, tetapi beberapa tahun kemudian mereka akan menyesali pembelian tersebut. Menurut finance101.com, karena serangkaian kegagalan box office, Sony mengumumkan pada tahun 1994 bahwa mereka tidak memiliki harapan untuk mengembalikan investasi mereka di Columbia. Pada saat itu, mereka telah kehilangan $3,2 miliar dalam kesepakatan itu.

Sony mungkin menyanyikan lagu yang berbeda hari ini. Columbia Pictures tampaknya sedang naik daun berkat film-film seperti Skyfall, The Amazing Spider-Man, dan Men in Black 3.

6. Bencana Chernobyl

Korban radiasi nuklir Chernobyl

Photo :
  • Paul Fusco

Kesalahan termahal sepanjang sejarah yang terakhir adalah bencana Chernobyl. Bencana Chernobyl adalah kecelakaan nuklir terburuk dan paling mematikan sepanjang masa. Bagian terburuknya adalah, itu terjadi karena beberapa kesalahan yang benar-benar dapat dicegah. Pada tanggal 25 April 1986, sebuah latihan simulasi pemadaman listrik di Chernobyl menyebabkan reaksi yang tidak terkendali dan api uap yang membakar selama sembilan hari. Dilansir dari finance101.com, 134 pekerja dirawat di rumah sakit karena paparan radiasi, dan 31 di antaranya meninggal dalam beberapa minggu berikutnya.

14 dari mereka kemudian meninggal karena kanker, kemungkinan disebabkan oleh radiasi. Pembangkit listrik Chernobyl menggunakan reaktor rancangan Soviet yang tidak sesuai dengan kode untuk digunakan di tempat lain di dunia. Cacat desain di reaktor itu menyebabkan insiden yang mengerikan, dan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki terjadi. Kerugian secara keseluruhan kurang lebih $590 miliar.

Itulah enam kesalahan termahal sepanjang sejarah yang terjadi diberbagai negara. Kesalahan-kesalahan yang terjadi karena banyak faktor, ada yang salah mengambil keputusan atau teledor. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya