9 Kebiasaan Unik Hanya Ada di Indonesia, Orang Asing Sampai Heran

Menyebrang Di Bawah JPO
Menyebrang Di Bawah JPO
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA – Indonesia adalah salah satu negara yang dikenal mempunyai banyak sekali keberagaman dan memiliki banyak hal unik di dalamnya. Bagaimana tidak, Indonesia mempunyai ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Bukan hanya kekayaan alam, Indonesia juga dikenal dengan keberagamannya. Diperkirakan Indonesia mempunyai lebih dari 300 kelompok etnik atau tepatnya 1.340 suku bangsa berdasarkan sensus BPS tahun 2010 silam. 

Indonesia juga sering menjadi sorotan dunia lain karena mempunyai banyak hal unik di dalamnya, baik yang dimiliki alamnya maupun hal-hal yang sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang jarang dan bahkan tidak dilakukan sebelumnya. Nah, menyadur dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang kebiasaan orang Indonesia yang dianggap unik oleh orang asing. 

1. Ritual Tiwah 

Ilustrasi masyarakat suku Dayak di Kalimantan

Ilustrasi masyarakat suku Dayak di Kalimantan

Photo :
  • vstory

Di Kalimantan Tengah, ada sebuah tradisi khusus bagi mereka yang sudah lama meninggal. Upacara Tiwah ini biasanya dilakukan oleh suku Dayak untuk mengantarkan tulang belulang orang yang sudah meninggal ke sebuah rumah yang disebut sebagai Sandung. Ritual ini dirancang untuk menarik perjalanan jiwa hingga ke Lewu Tatau atau surga. Selain itu, ritual unik ini juga dirancang untuk melepaskan malapetaka bagi anggota keluarga yang sudah ditinggalkan.

2. Tradisi Potong Jari 

Tradisi potong jari Suku Dani di Papua.

Tradisi potong jari Suku Dani di Papua.

Photo :
  • U-Report