6 Tradisi Unik Menyambut Kelahiran Bayi di Thailand

Ilustrasi bayi/anak/parenting.
Ilustrasi bayi/anak/parenting.
Sumber :
  • Freepik/bristekjegor

VIVA – Semua negara di dunia tentu saja memiliki tradisi dan budaya sendiri dalam rangka menyambut kelahiran sang buah hati. Kemudian ada juga tradisi dan pantangan yang harus dihindari untuk menjaga kehamilan selalu aman dan sehat, hal tersebut juga berlaku di Thailand. Tradisi dan upacara yang menandakan kelahiran ini bukan hanya merayakan kehadiran sang bayi saja, tapi cara keluarga untuk memperkuat hubungan dengan budaya mereka. 

Mereka mempunyai beberapa tradisi yang telah dijalankan sejak lama dan masih dilaksanakan oleh masyarakat Thailand sampai saat ini. Namun, ada pula sebagian orang yang sudah tidak melaksanakan hal tersebut karena dirasa sangat tradisional. Untuk kamu yang semakin penasaran dengan tradisi menyambut kelahiran bayi di Thailand, simak ulasan berikut ini yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Tradisi dan Pantangan Saat Hamil di Thailand

Hamil

Hamil

Photo :
  • The Sun

Setiap negara tentu saja mempunyai keyakinan sendiri bila berhubungan dengan tradisi dan pantangan yang perlu dihindari selama hamil. Salah satunya adalah Thailand. Mereka meyakini pantangan untuk tidak duduk di tangga, karena bisa mengakibatkan kelahiran terhambat dan tidak mengubur apa pun di tanah karena masa kelahiran akan sulit. Sementara untuk ibu yang hamil ketika sudah memasuki trimester ketiga harus melakukan mandi ajaib. 

Mandi ajaib ini diyakini oleh mereka bisa memudahkan persalinan dan memberikan ketenangan emosional kepada bayi yang akan melahirkan. Mandi tersebut harus diberkati dengan kata-kata suci yang dikenal dengan nam mon oleh mor mon (penyembah magis atau seorang biarawan). Tradisi ini biasanya dilakukan di ruang terbuka dari bulan ke delapan sampai sembilan. 

2. Ritual Mempercantik Setelah Bayi Lahir