5 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Kamu Susah Mendapat Jodoh

ilustrasi mencari jodoh.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Kamu mungkin pernah bertanya-tanya, mengapa jodoh yang selalu dinantikan tidak kunjung datang. Bahkan, ada pula yang sudah berusaha dengan sekuat tenaga tapi usahanya masih belum membuahkan hasil. Tidak usah berkecil hati, kamu hanya perlu meyakini bahwa rezeki, jodoh, dan maut sudah diatur oleh Tuhan dengan sebaik-baiknya. Walaupun demikian, ada beberapa hal yang sesungguhnya akan menghambatmu bertemu dengan jodoh. 

Perprindo Protes Permenperin Baru soal Impor Elektronik Picu Ketidakpastian Hukum, Ini Penjelasannya

Jodoh merupakan sesuatu yang masih menjadi misteri di dalam hidup manusia, siapa dia dan kapan datangnya, hanya Tuhan yang tahu. Dia sudah menjanjikan bahwa setiap manusia akan mempunyai jodoh sesuai dengan dirinya masing-masing. Bila selama ini jodoh belum sampai pada kita, sementara usia semakin bertambah, cobalah untuk mengetahui beberapa hal yang bisa menghambat datangnya jodoh, seperti disadur dari berbagai sumber. 

1. Kamu Terlalu Menutup Diri dari Pergaulan

Verrell Bramasta Lolos ke Senayan, Venna Melinda Doakan Dapat Jodoh: Bisa Jadi Teman Ibadah

Ilustrasi kesendirian berbalut luka hati

Photo :
  • U-Report

Bagaimana kamu bisa bertemu dengan jodoh bila masih tertutup dan tidak mau berkenalan dengan orang baru. Walaupun jodoh telah diatur, bukan berarti kamu hanya berdiam dan menunggu. Memperluas jangkauan bisa menjadi sebuah pembuka jalan untuk bertemu dengan seseorang yang sudah dinantikan. Tidak hanya cukup dengan berdoa, kamu juga harus berusaha tanpa kenal putus asa. 

Ruben Onsu Mendadak Bicara Soal Dalang, Ada Kaitannya dengan Santet Stevie Agnecya?

2. Memasang Kriteria Terlalu Tinggi

Ilustrasi tinggal sendiri di kosan.

Photo :
  • U-Report

Bila kamu ingin mempunyai jodoh seperti dalam angan-anganmu, maka kamu harus cepat membuang jodoh khayalan tersebut. Jodoh merupakan cerminan dari diri kamu sendiri, bila kamu bermimpi untuk mempunyai jodoh dengan kriteria tertentu, maka kembalilah mengoreksi diri sendiri. Bukan berarti kamu tidak boleh, tapi harus menyeleksi terlebih dahulu. 

Kamu juga perlu mempertimbangkan baik dan buruknya seseorang. Jangan hanya mencari seseorang yang sempurna saja. Sebab, hal tersebut hanya akan membuat waktu kamu terbuang sia-sia. Pada akhirnya, kamu akan kesulitan untuk mendapatkan jodoh. 

3. Larut dalam Kenangan Masa Lalu

Ilustrasi sedih.

Photo :
  • Pixabay/Masimba Tinashe Madondo

Hal sepele yang bisa menghambat jodoh berikutnya adalah kamu masih terlarut dalam kenangan di masa lalu. Masa lalu memang bagian dari hidup yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Tapi, bukan berarti kamu bisa secara terus menerus mengingatnya dan sengaja untuk terjebak di dalam nostalgia. 

Hal tersebut bisa membuat jodohmu menjadi jauh, ketidakikhlasan dengan masa lalu justru akan membuat kamu tidak mau maju. Padahal, sejatinya, untuk bertemu dengan jodoh kamu harus siap merangkai kehidupan baru dan mengubah semua kenangan yang sudah berlalu sebagai pelajaran yang berharga. 

4. Hanya Fokus Mencari Tapi Tidak Memperbaiki

Mencari jodoh di dunia maya.

Photo :
  • U-Report

Ketika kamu sudah mencari jodoh ke sana dan kemari, tapi usaha kamu masih belum berhasil, itu tandanya Tuhan sedang mengajak kamu untuk mengintrospeksi diri. Mungkin selama ini kamu hanya sibuk mencari sosok idaman dan lupa bahwa kamu juga harus layak jadi seseorang yang di idam-idamkan. Jangan pernah lupa bahwa jodoh adalah cerminan. 

Alih-alih mengejar orang lain tanpa henti, kamu juga perlu mengimbangi dengan usaha untuk memperbaiki diri sendiri. Percayalah bahwa ketika dirimu menjadi lebih baik, maka Tuhan akan membukakan jalan jodoh kamu dengan mudah. 

5. Terlalu Pemilih

ilustrasi wanita sendiri.

Photo :
  • Freewallpaper

Kamu memang tidak bisa sembarangan dalam memilih pasangan, apalagi bila menyangkut urusan pendamping hidup. Kamu tentu saja ingin menghabiskan waktu di dunia dengan satu orang yang benar-benar percaya dan cintai. Tapi, bukan berarti kamu dapat menghabiskan sisa umur yang dimiliki untuk memilih dan memilah saja. 

Kamu juga harus memahami bahwa mencari sosok yang terbaik tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi bila kamu selama ini hanya menjadikan fisik dan harta sebagai kriteria pemilihan. Untuk bertemu dengan jodoh, kamu harus berani menjatuhkan pilihan. Supaya terhindar dari rasa kecewa, ada baiknya kamu memilih orang menurut agama dan hatinya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya