Jangan Terlewat, Ini Kebaikan dan Keutamaan Bulan Syawal

ilustrasi berdoa
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Bulan Syawal sudah memasuki akhir. Ada beberapa amalan dan keistimewaan yang terdapat pada bulan ini. Maka sebagai umat muslim, ada beberapa amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Syawal. Berikut beberapa amalan baik yang bisa dilakukan sata bulan Syawal.

Daud Kim, YouTuber Terkenal Asal Korea Selatan Ini Gigih Bangun Masjid di Incheon

1. Puasa

Ilustrasi puasa.

Photo :
  • U-Report
UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

Puasa di buan Syawal sangat dianjurkan. Umat muslim disunahkan berpuasa selama 6 hari di bulan Syawal. Hari tersebut bebas dipiih selain Hari Raya Idul Fitri. Ada banyak keutamaan berpuasa di bulan Syawal, salah satunya yang terdapat dalam hadist nabi.

Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh,” (HR. Muslim no. 1164).

1 Syawal 1445 Hijriah, Tercatat 16.479 Kendaraan Melintas di Tol MKTT Sumut

2. Silaturahmi

Ilustrasi bersalaman.

Photo :
  • U-Report

Momen setelah Hari Raya Idul Fitri memang identik dengan silaturahmi. Maka tak sedikit masyarakat Indonesia yang rela menempuh jarak ratusan kilometer untuk kembali ke kampung halaman dan bersilaturahmi dengan orangtua. Keutamaan silaturahmi juga sudah dijelaskan oleh hadist Nabi.

"Barangsiapa ingin dilapangkan rezekinya dan ditambah umurnya, maka hendaklah menjalin silaturrahim," (HR. Bukhari).

3. Meneruskan Amal Baik di Ramadhan

Seseorang sedang meningkatkan kekhusyukan dan memperbanyak ibadah sunnah

Photo :
  • vstory

Ada banyak amal baik yang dilakukan di Ramadhan dan sebagiknya diteruskan saat Syawal tiba. Syawa berasal dari kata Arab, Sawaal yang berarti 'dibesarkan'. Syawal berarti naik atau meninggi. Maka bulan ini juga disebut sebagai pembuktian umat muslim yang telah menjalani ibadah di bulan Ramadhan.

Ada banyak ibadah yang dilakukan, mulai dari puasa, itikaf, membaca Al Quran, berbagi ke sesama dan banyak lainnya. Meski Ramadhan pergi, amalan tersebut bukan berarti ditinggalkan.

Seperti yang dilakukan PT Agrinesia Raya. Mereka telah berbagi kebaikan kepada sesama melalui Bolu Kukus Nsarasa dengan mengajak publik figur dan komunitas untuk bekerja sama. Salah satu yag mereka ajak kerja sama adalah Dhompet Dhuafa.

Menanggapi kolaborasi tersebut, Direktur Resources Mobilization Dompet Dhuafa, Etika Setiawanti, juga mengungkapkan, pihaknya sangat bangga menjadi impact partner Bolu Nusarasa dalam menebar kebaikan di bulan Ramadhan kali ini antara lain seperti pemberdayaan pendidikan untuk 20 siswa Boarding School SMART Ekselensia Dompet Dhuafa, penyelenggaraan buka puasa bersama dan pasar murah untuk 100 kaum dhuafa

Mereka akan melanjutkan kebaikan di Bulan Ramadhan. Hal itu akan mereka rutin bagikan melalui akun Instagram @bolunusarasa.id.

“Bolu Nusarasa juga akan melakukan activation roadshow di lebih dari 20 titik toko setelah libur lebaran mulai dari Cilegon sampai perbatasan Cikampek serta akan ada beberapa kejutan lain,” kata Brand Manager Agrinesia Raya, Gibran Saleh Ely. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya