Kebun Binatang Manusia, Eksploitasi Manusia Hingga Abad Ini

Suku Igorot
Sumber :
  • Library of Congress

VIVA – Kebun binatang manusia, pada akhir 1800-an, pameran masa kolonial menjadi populer di dunia barat, pameran ini tidak hanya memamerkan artefak tetapi juga orang sungguhan.

Fourtwnty Tutup Jakarta Lebaran Fair dengan Manis 

Di era sebelum bioskop, pertunjukan ini memungkinkan orang barat untuk melihat orang asing yang hanya mereka dengar, dan menyebabkan banyak penonton berteriak-teriak untuk acara ini, pada saat ini disebut, "Kebun Binatang Manusia." VIVAmengutip informasi tulisan dari berbagai sumber dan berdasarkan laman CBC, sebagai berikut;

Pameran Dunia St. Louis

Viral Bocil Tabrakkan Mobil Pameran di Dalam MOI Kelapa Gading

Kebun binatang manusia bukan suatu yang sudah lama ada di dunia lama. Wilayah Amerika Utara juga pernah dilakukan pada awal abad ke-20.

Pameran Dunia St. Louis pada tahun 1904 adalah pameran internasional di Missouri yang, sesuai dengan pameran dunia lainnya pada waktu itu, merupakan tontonan yang menghibur, serta sarana promosi untuk produk dan industri dari berbagai wilayah.

Lebih Meriah, PEVS 2024 Bakal Tampilkan 82 Merek Otomotif

Acara ini membanggakan berbagai tampilan, termasuk kincir angin, paviliun yang terbuat dari jagung, dan sejumlah "pameran hidup" berskala besar, termasuk pameran desa-desa di Filipina yang diciptakan ulang, inisiatif ini datang dari Pemerintah AS di Filipina. Pameran ini menampilkan area seluas 47 hektar dengan lebih dari 1.000 orang Filipina dari belasan suku.

Desa Igorot

Salah satu pameran paling populer adalah desa Igorot, sebuah kelompok etnis yang dianggap paling tidak beradab yang dipamerkan. Ramainya penonton, dan menghasilkan pendapatan dari atraksi ini dikatakan telah melampaui dari pameran gabungan semua desa lain. Pameran ini menampilkan penduduk asli dengan pakaian minim.

Igorot memakan anjing, tetapi hanya untuk alasan seremonial. Namun selama tujuh bulan pekan raya, anjing-anjing itu diberi makan ke Igorot setiap hari. Orang-orang suku juga jarang melakukan ritual sakral, hal ini hanya sebagai hiburan sehari-hari, untuk menyenangkan penonton yang memerlukan kesenangan.

Setelah pameran berakhir, popularitas pertunjukan berlanjut dan anggota kelompok Igorot menjadi salah satu alat di pameran dan karnaval di Amerika Utara dan sekitarnya.

Setelah di protes oleh orang Filipina, pemerintah AS di Filipina melarang pertunjukan tersebut pada tahun 1914.

Ota Benga

St. Louis Fair tidak hanya menampilkan orang Filipina; itu juga menampilkan pameran orang Afrika, termasuk seorang pria Kongo bernama Ota Benga. Setelah St. Louis Fair selesai, Benga dibawa ke New York untuk menjadi bagian dari pameran di Kebun Binatang Bronx. Awalnya dia meyakini bahwa ia disewa untuk merawat gajah di kebun binatang.

Dia salah besar. Ia malah disebut-sebut sebagai orang kerdil yang biadab, Benga dengan cepat menjadi sorotan kebun binatang, dan dipajang di rumah monyet. Kartu di luar pameran berbunyi:

Umur, 23 tahun. Tinggi, 4 kaki 11 inci.

Berat 103 pon. Dibawa dari Sungai Kasai,

Negara Bebas Kongo, Afrika Tengah Selatan,

Oleh D. Samuel P Verner.

Dipamerkan setiap sore selama bulan September

Giginya dikikir sampai ke titik-titik, seperti kebiasaan di sukunya, dan lantai kandangnya dikotori dengan tulang-tulang yang ditempatkan di sana oleh penjaga kebun binatang untuk membuatnya terlihat lebih mengancam.

The New York Times menggembar-gemborkan pameran itu dengan judul: "Bushman Berbagi Kandang dengan Kera Bronx Park." Dalam isi artikel tersebut, Benga diidentifikasi sebagai "seorang Bushman, salah satu ras yang ilmuwan tidak menilai tinggi dalam skala manusia."

Kebun Binatang Manusia di Abad 21

Suku Jarawa yang menyendiri tinggal di Pulau Andaman, India. Sebuah video yang dirilis pada tahun 2012 menunjukkan gambar perjalanan safari ke pulau di Teluk Benggala yang indah ini, yang sekarang menjadi objek wisata populer.

Namun safari tidak hanya memamerkan hewan selama perjalanan wisata ini menjanjikan pengunjung dapat mengamati suku Jarawa di habitat aslinya. Video itu adalah bukti dari sesuatu yang lebih merepotkan, dan lebih eksploitatif, itu menunjukkan penduduk pulau tampil untuk turis di safari.

Penduduk asli ini baru mulai berhubungan dengan penduduk daratan, dan kesediaan mereka untuk berinteraksi dengan dunia luar di eksploitasi dan menghasilkan apa yang diyakini beberapa kelompok tidak lebih baik dari kebun binatang manusia dahulu kala.

Di pintu masuk cagar alam, ada tanda yang melarang interaksi atau "memberi makan" suku, tetapi turis membanjiri ratusan setiap hari, dengan pisang dan kacang di tangan. Sementara petugas polisi berada di sana untuk melindungi suku tersebut dari kontak langsung, setidaknya satu video mengungkapkan seorang petugas polisi menginstruksikan wanita telanjang suku untuk menari, saat makanan dilemparkan ke arah mereka.

Laporan yang dikumpulkan oleh The Guardian mengatakan bahwa pelemparan makanan, dengan harapan sebuah pertunjukan, sebenarnya adalah rutinitas, bukan anomali.

Pemerintah India menuntut tindakan keras terhadap pertunjukan semacam itu dan pada tahun 2013, Mahkamah Agung India memerintahkan larangan penuh terhadap safari semacam itu. Namun, beberapa kelompok aktivis mengklaim kegiatan semacam itu terus berlanjut secara diam-diam, meski pun ada larangan.

Nah itu eksploitasi manusia yang sebenarnya merupakan makhluk mulia di dunia, tetapi masih diberlakukan dan di ekploitasi harga kemanusiaan nya demi keuntungan dari pihak-pihak tertentu.

Bagaimana menurut kamu? Apakah eksploitasi manusia ini juga terjadi di Indonesia pada masa sekarang, melihat suku-suku tertentu yag selalu menjaga kestabilitasan wasiat leluhur mulai meneksploitasi demi keuntungan atau nilai ekonomi? Semoga tidak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya