5 Tips Sederhana Memilah Sampah, Bisa Dilakukan di Rumah

Memilah sampah
Sumber :
  • waste4change

VIVA – Sebagian besar orang tidak menganggap pemilahan sampah sebagai hobi masa lalu mereka. Hampir tidak ada yang benar-benar menyukai gagasan memasukkan tangan mereka ke tempat sampah, mengambil sayuran busuk dari kertas, membuka daging busuk yang sudah lewat dari bungkus plastiknya, menuangkan soda susu selama seminggu dari kalengnya.

Dua Sisi Sampah Plastik, Ramah Kantong tapi Tidak untuk Kesehatan

Hei, bahkan gagasan untuk memisahkan sampah kita sebelum membuangnya ke tempat sampah tidak terlalu menyenangkan bagi sebagian orang. Lagi-lagi waktu dan tenaga dihabiskan untuk memikirkan mana yang organik dan mana yang sampah non-organik, kenapa kita harus repot dengan itu?

Nah, coba tebak. Seseorang memang dibayar untuk melakukan pekerjaan pemilahan sampah. Sebuah mesin yang satu-satunya pekerjaan adalah untuk memisahkan sampah kita sehari-hari juga ada—hidup dan berjalan.

Upaya Mahasiswa Kurangi Sampah Plastik, Kompak Lakukan Ini

Namun, para pekerja dan mesin hanya dapat melakukan begitu banyak; pekerjaan memilah sampah hanya akan dilakukan dengan sempurna jika semua orang melakukan bagian tugas mereka.

Dan mengapa itu harus dilakukan dengan sempurna? Karena efek yang tidak diinginkan dari limbah campuran kita masih mengancam kita, melarutkan bahan berbahaya dan beracun ke tanah kita, menghasilkan gas berbahaya di tempat pembuangan sampah kita—membahayakan ozon bumi kita dan orang-orang yang bekerja di sekitarnya. Juga, penurunan kualitas produk daur ulang kita di masa depan.

Fokus Gencarkan Daur Ulang Sampah

Ini mungkin terlihat seperti waktu ekstra, tetapi sungguh, perhatian dasar ini akan menghemat banyak hal. Salah satu hal terpenting yang akan Anda ambil bagian dalam penyelamatan adalah lingkungan kita, dikutip dari waste4change.

5 Hal yang perlu diingat

1.Setiap negara memiliki standar pemilahan sampah yang cukup berbeda, biasanya tergantung pada fasilitas dan teknologi yang ada di dalam negara tersebut. Pertanyaan yang harus Anda tanyakan adalah: jenis plastik apa yang dapat didaur ulang, jenis makanan apa yang harus dipisahkan dari makanan lain, apa yang dianggap sebagai limbah berbahaya, dan banyak lagi. Didiklah diri Anda sendiri tentang peraturan sampah di negara Anda. 

2..Ada 3 jenis sampah:

Sampah organik: makanan, minuman, daging, sayur—bahan apa saja yang mudah terdegradasi. Kertas dan kayu, meskipun berasal dari bahan organik, tidak termasuk sampah organik karena membutuhkan waktu yang lama untuk terurai di alam.

Sampah non-organik: plastik, kaca, kertas, kayu, logam, aluminium.

Limbah Bahan Berbahaya & Beracun: segala jenis limbah yang dianggap berbahaya bagi lingkungan dan makhluk hidup. Limbah B3 diatur dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Beberapa hal yang dianggap sebagai limbah B3 dan harus dipisahkan dari sisa limbah dan diberi label "B3" adalah: baterai bekas, hairspray, pestisida, deterjen, larutan pembersih lantai.

3.Limbah yang paling sulit untuk diproses adalah produk jenis bahan campuran. Berikut adalah beberapa produk yang dianggap tidak dapat didaur ulang (saat ini): Karton susu atau karton jus karena ini adalah kertas yang dilapisi dengan bahan aluminium untuk insulasi yang lebih baik — yang sulit dipisahkan sehingga tidak dapat didaur ulang.

Kertas basah—kualitas kertas akan sangat menurun setelah terkena air; ini juga akan memengaruhi kualitas produk daur ulang.

Styrofoam, karena jenis plastik ini sangat mudah terbakar dan dapat menimbulkan kekacauan di tempat daur ulang, jadi sebaiknya pisahkan dari yang lain.

4.Bersihkan non-organik Anda dari sampah organik Anda.

Keringkan botol plastik jus Anda sebelum membuangnya ke tempat sampah, kosongkan wadah makanan ringan Anda. Perhatikan sedikit lebih banyak, karena sampah organik yang terperangkap dapat menghasilkan gas rumah kaca/gas metana yang jika terakumulasi dari waktu ke waktu dan dalam jumlah tertentu, juga jika terkena panas tertentu, dapat meledak dan membahayakan orang di sekitarnya.

5.Luangkan lebih banyak waktu untuk memisahkan sampah hingga jenis materialnya

Periksa sampah non-organik Anda. Pilih kertas dari plastik, kaca dari aluminium. Cek juga kode resin plastiknya, mana yang HDPE, mana yang styrofoam, taruh di tempat sampah yang terpisah.

Satu hal sederhana yang harus Anda ingat adalah memisahkan botol plastik (biasanya berbahan 1-PET) dari tutup botolnya (biasanya berbahan 2-HDPE). Metode pemisahan yang detail ini akan sangat membantu proses daur ulang.

Dow, perusahaan material science terkemuka di dunia, hari ini mengumumkan inisiatif baru, bekerja sama dengan Yayasan Bina Karta Lestari (Bintari), sebuah lembaga swadaya masyarakat (LSM) nasional yang bergerak di bidang perlindungan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Kerja sama ini bertujuan untuk membantu pengelolaan sampah sekaligus mempromosikan ekonomi sirkular di Kota Semarang, Jawa Tengah. Didukung penuh oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang, inisiatif ini membantu program pemkot dalam mengatasi masalah sampah melalui sejumlah program pengelolaan sampah di enam desa dalam rentang waktu 1,5 tahun mulai April 2022.

Program ini antara lain berisi kegiatan edukasi pentingnya pemilahan dan pengelolaan sampah kepada 1.000 keluarga yang tinggal di enam desa tersebut, serta meningkatkan kapasitas Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse dan Recycle (TPS3R) dan bank sampah untuk menciptakan ekonomi sirkular.

“Sampah merupakan permasalahan kompleks, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di dunia, dan diperlukan kolaborasi berkelanjutan antar para pemangku kepentingan untuk mengatasinya. Melalui kerja sama dengan
Bintari, kami ingin mendorong sinergi antar pemangku kepentingan sekaligus perubahan perilaku pengelolaan sampah yang bertanggung jawab, dimulai dari lingkungan rumah tangga,” kata Riswan Sipayung, Presiden Direktur Dow Indonesia.

Amalia Wulansari, Direktur Eksekutif Bintari, mengatakan, keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan sampah sangat penting. Oleh karena itu, diperlukan edukasi yang aktif dan berkesinambungan agar mereka benar-benar memahami pentingnya pengelolaan sampah, mulai dari lingkungan terkecil yaitu rumah tangga.

“Kami mengapresiasi inisiatif yang dilakukan Dow untuk mengatasi permasalahan sampah, dan kami berharap kerja sama ini–dengan dukungan dari Pemerintah Kota Semarang–dapat mendorong sinergi antar pemangku kepentingan, mulai dari masyarakat, bank sampah dan operator, hingga TPS3R untuk mencapai tujuan bersama dalam mengatasi permasalahan sampah di Semarang,” ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya