5 Orang Indonesia Naik Haji Pakai Motor, Lamanya 8 hingga 12 Bulan

Jemaah haji Indonesia menunaikan ibadah salat.
Jemaah haji Indonesia menunaikan ibadah salat.
Sumber :
  • Beno Junianto/VIVA.co.id

VIVA – Naik haji pakai motor bukanlah hal yang biasa. Di Indonesia, ada beberapa orang yang bikin heboh karena menjalankan haji dengan cara naik motor dari Indonesia. Mereka berangkat haji ada yang menggunakan sepeda motor dan ada pula dengan sepeda biasa. Hal ini dikarenakan mereka hobi touring dan ada juga karena ingin berangkat namun minim biaya. Naik haji pakai motor memakan waktu lama mulai dari dari 8 bulan hingga 12 bulan. Namun karena kegigihan dan niat beribadah, mereka ikhlas menjalankan haji dengan cara unik tersebut

Berikut lima orang Indonesia naik haji pakai motor. Siapa saja?

1. Lilik Gunawan, Jambi

Seorang warga Jambi berhasil menempuh perjalanan atau touring ke Arab Saudi menggunakan motor matik Yamaha Nmax. Dia adalah Lilik Gunawan, 38 tahun bersama putranya Ahmad Balda, 4 tahun melewati sejumlah negara dengan jarak yang ditempuh mencapai 453 kilometer. Pada 1 Januari 2020, mereka mampu menuntaskan perjalanan dengan menunaikan ibadah umroh.

"ALHAMDULILAH "Ride For Moms Abi & Balda...FINISH". "Trimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan menjadi bagian dari ribuan keajaiban di sepanjang jalan RIDE FOR MOMS"," tulis Lilik dalam akun instagramnya @jejakpalmarjambi.

Mengawali perjalanan dari Jambi kemudian menyusuri Pulau Jawa dan Kalimantan mereka menyeberang ke Brunei Darussalam hingga singgah di Malaysia. Dari Kuala Lumpur, mereka kemudian melanjutkan perjalanan ke Bangkok, Thailand via Border Bukit Kayu Hitam. Setelah Thailand, mereka melewati Myanmar kemudian beberapa negara lain dengan total 10 negara dilewati. Butuh waktu 8 bulan, anggota DPRD Kabupaten Merangin, Jambi periode 2014-2019 ini sukses menjalani perjuangannya hingga Arab.

2. Bambang Sukmana, Cimahi