5 Orang Indonesia Naik Haji Pakai Motor, Lamanya 8 hingga 12 Bulan

Jemaah haji Indonesia menunaikan ibadah salat.
Sumber :
  • Beno Junianto/VIVA.co.id

VIVA – Naik haji pakai motor bukanlah hal yang biasa. Di Indonesia, ada beberapa orang yang bikin heboh karena menjalankan haji dengan cara naik motor dari Indonesia. Mereka berangkat haji ada yang menggunakan sepeda motor dan ada pula dengan sepeda biasa. Hal ini dikarenakan mereka hobi touring dan ada juga karena ingin berangkat namun minim biaya. Naik haji pakai motor memakan waktu lama mulai dari dari 8 bulan hingga 12 bulan. Namun karena kegigihan dan niat beribadah, mereka ikhlas menjalankan haji dengan cara unik tersebut

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Berikut lima orang Indonesia naik haji pakai motor. Siapa saja?

1. Lilik Gunawan, Jambi

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Seorang warga Jambi berhasil menempuh perjalanan atau touring ke Arab Saudi menggunakan motor matik Yamaha Nmax. Dia adalah Lilik Gunawan, 38 tahun bersama putranya Ahmad Balda, 4 tahun melewati sejumlah negara dengan jarak yang ditempuh mencapai 453 kilometer. Pada 1 Januari 2020, mereka mampu menuntaskan perjalanan dengan menunaikan ibadah umroh.

"ALHAMDULILAH "Ride For Moms Abi & Balda...FINISH". "Trimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan menjadi bagian dari ribuan keajaiban di sepanjang jalan RIDE FOR MOMS"," tulis Lilik dalam akun instagramnya @jejakpalmarjambi.

Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli

Mengawali perjalanan dari Jambi kemudian menyusuri Pulau Jawa dan Kalimantan mereka menyeberang ke Brunei Darussalam hingga singgah di Malaysia. Dari Kuala Lumpur, mereka kemudian melanjutkan perjalanan ke Bangkok, Thailand via Border Bukit Kayu Hitam. Setelah Thailand, mereka melewati Myanmar kemudian beberapa negara lain dengan total 10 negara dilewati. Butuh waktu 8 bulan, anggota DPRD Kabupaten Merangin, Jambi periode 2014-2019 ini sukses menjalani perjuangannya hingga Arab.

2. Bambang Sukmana, Cimahi

Naik Haji pakai motor, biker Cimahi ini punya niat sejak tahun 2004. Bambang Sukmana yang berusia 44 tahun itu sempat jadi perhatian banyak bikers dunia terutama di Indonesia.

Soalnya biker asal Cimahi, Jawa Barat ini, bakal menjalankan ibadah Naik Haji dengan perjalanan naik motor. Ibenk sapaan akrabnya, menceritakan kalau keputusannya ini datang sejak lama. Dia menceritakan kalau niatnya Naik Haji pakai motor sudah ada sejak tahun 2004.

"Iya, tapi baru benar-benar matang dan berani saat kejadian spesial pas malam-malam, waktu itu tanggal 13 Oktober 2019," buka Ibenk pada Motorplus-online.

Diceritakan kalau saat dirinya sedang buka-buka HP, tiba-tiba di layarnya muncul gambar Ka'bah. "Langsung saya bulatkan niat, dan mulai cari-cari informasi dan bertanya-tanya dengan senior yang pernah ke Mekkah naik motor," cerita Ibenk.

3. Amir Faisal dan Mintasih, Jember

Pasangan suami istri Amir Faisal dan Mintasih warga Kecamatan Kencong, Jember , Jawa Timur nekat menunaikan ibadah umrah ke tanah suci menggunakan kendaraan sepeda motor. Mereka berdua menggunakan sepeda motor trail dan matic dan berangkat dari Kecamatan Kencong menuju tanah suci Mekkah sekitar sepekan lalu.

Saat berangkat dari Kecamatan Kencong suami istri ini berpamitan kepada keluarganya dan seluruh keluarga merekapun mengizinkan.  Mereka nekat mengendarai roda dua diduga lantaran lamanya menunggu pergi ibadah umrah karena quota.

Prasatiya saudara ipar Amir Faisal membenarkan jika Amir Faisal dan istrinya pergi ke tanah suci dengan mengendarai sepeda motor. “Saat ini keduanya berada di Jakarta untuk kemudian menuju Malaysia hingga lanjut ke tanah suci Mekkah,” kata dia.

Jika tidak ada aral melintang, kata dia, mereka bakal sampai ke tanah suci tiga bulan ke depan dan kembali ke tanah pada bulan Agustus 2021 mendatang. Prasatiya menambahkan, Faisal dan istrinya ini memang kerap bercerita kepada keluarga jika sangat mendambakan pergi ke tanah suci untuk umrah namun belum juga kesampaian.

4. Andy dan Chairul, Gorontalo

Sempat mendadak heboh, dua pemuda asal Provinsi Gorontalo pergi ke Arab Saudi dengan menggunakan sepeda. Kini kedua pemuda tersebut berangkat tepat pada 6 Juni 2021. Pelepasan keberangkatan keduanya dilakukan di Jalan Panjaitan, Kota Gorontalo. Tidak hanya sekadar berangkat, ekspedisi mereka berdua dinamai dengan sebutan 'Muslim Youth Journey'.

Kedua pemuda ini adalah Andy Harvin Thalib (26) dan Chairul Ma’atini (27). Keduanya bersepakat ketika nanti lulus kuliah, mereka akan pergi ke Tanah Suci Mekkah menggunakan sepeda.

Ketika mereka lulus, mereka pun mempersiapkan segala sesuatunya untuk keberangkatan ke Tanah Suci. Dalam proses persiapan, mereka rela menjual pakaian dan barang berharga yang mereka miliki.

Berdasarkan informasi dari keduanya rencananya, mereka akan melewati 7 Negara di antaranya, Singapura, Malaysia, Thailand, India, Pakistan, Iran, hingga Arab Saudi. Perjalanan diestimasikan selama kurun waktu 1 tahun.

"Alhamdulillah banyak masyarakat yang memberikan bantuan kepada kedua teman saya ini. Bahkan, ada dari daerah lain," kata Fahri teman dekat kedua pemuda itu.

5. Muhammad Fauzan, Magelang

Muhammad Fauzan, pemuda asal Secang, Kabupaten Magelang, melakukan perjalanan haji unik. Ia berencana sampai ke Mekkah naik sepeda. Perjalanan tersebut dimulai dengan start dari Alun-alun Kota Magelang, Kamis (4/11) pagi lalu. Sepeda merek Federal warna biru itu penuh muatan. Ada empat tas diletakkan di kanan kiri depan dan belakang. Dalam tas itu, selain berisi baju ganti, peralatan mandi, onderdil sepeda, makanan, juga kain ihram dan perlengkapan naik haji.

Fauzan mengestimasikan bisa sampai Mekkah sekitar Juni 2022 saat musim haji. Namun jika waktu tersebut molor, maka ia akan melakukan umrah. Karena berasal dari latar belakang organisasi Muhammadiyah, ia pun akan mampir di setiap kantor maupun instansi yang berafiliasi dengan organisasi Muhammadiyah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya