2 Bulan Digelar, Kompetisi Seni Nasional Umumkan Para Juara

Pemenang Erlangga Art Awards 2022.
Pemenang Erlangga Art Awards 2022.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Kompetisi Erlangga Art Awards 2022 tema ‘Indonesia Negara Pemenang’ rampung digelar setelah berlangsung selama dua bulan pada Maret-April 2022. Juara dari kegiatan lomba-lomba yang diselenggarakan oleh Penerbit Erlangga ini telah diumumkan Sabtu 21 Mei 2022 malam pada gelaran Art Awards Night di Jakarta. Adapun lomba itu meliputi Painting Festival, Photography Festival, Creative Poetry Festival, Installation Art Festival dan Documentary Film Competition.

Gelaran Art Awards Night dilaksanakan di area Sanken, Museum Nasional, Jakarta pukul 18.30-21.00 WIB dan disiarkan secara langsung melalui kanal youtube Erlangga Inspirasi Channel. Acara ini dihadiri oleh nominasi dan juara kompetisi, juri kompetisi di antaranya seniman Heri Dono, Bunga Yuridespita, Naufal Abshar, Farah Wardani, komposer Bembi Gusti, penyair Peri Sandi Huizche, Dosen Sastra Indonesia Dr. Ibnu Wahyudi MA, Fotografer Profesional Edward Tigor Siahaan, Cahyo Agung Nugroho, Aktris Dinda Kanya Dewi, tamu undangan, serta dimeriahkan bintang  tamu The Changcuters dan Miriam Eka. 

Manajer Marketing Nasional Penerbit Erlangga Irving William P.W. mengucapkan selamat kepada seluruh juara dan terima kasih kepada semua peserta yang telah mengikuti kompetisi, serta kepada semua pihak panitia maupun para juri lomba. “Karya yang dikirimkan ke kami semuanya bagus dan luar biasa, kami sangat menghargai kerja keras setiap peserta, namun dalam setiap kompetisi kami harus memilih yang terbaik,” jelas Irving

Ia menambahkan kompetisi ini diikuti hampir 6000 peserta yang terdiri atas pelajar, mahasiswa, masyarakat umum dengan total hadiah Rp540 juta. Setiap peserta mengirimkan hasil karyanya berupa gambar atau video yang diunggah ke sosial media peserta dan dinilai oleh tim juri yang berkompeten.

“Tahun 2022 bertepatan dengan 70 tahun usia Penerbit Erlangga, aktivitas ini senapas dengan semangat kami sebagai perusahaan pendidikan untuk terus menyediakan wadah bagi pelajar dan masyarakat di Indonesia agar dapat mengembangkan bakat dan kemampuan yang dimiliki sesuai bidangnya," ujar Irving.

Sementara itu, karya nominasi dan pemenang telah dipamerkan di Erlangga Art Awards 2022 di Museum pada 14 Mei hingga 12 Juni 2022. “Suatu kebanggaan bagi kami dapat membuat pameran untuk hasil karya dari nominasi dan pemenang, harapan kami, melalui acara ini akan lahir seniman-seniman kreatif baru yang dapat memajukan industri kreatif bangsa Indonesia,” harap Irving.

Abd Khafidz Fadli asal Sidoarjo sebagai Installation Art Of The Year 2022 dalam Installation Art Festival kategori profesional berharap tahun depan kegiatan ini dapat diselenggarakan kembali. “Banyak cerita dan pengalaman yang kami alamai selama mengikuti proses kompetisi Ini, semoga melalui kegiatan ini akan terlahir seniman-seniman instalasi yang bisa mendunia,” harapnya.