5 Iklan dengan Budget Termahal Sepanjang Masa

Ilustrasi menonton televisi.
Sumber :
  • Pixabay/mojzagreb

VIVA – Iklan memang menjadi suatu yang penting dalam bisnis untuk memasarkannya kepada konsumen. Biasanya untuk mendapatkan konsumen yang tepat, sebuah perusahaan akan memasang iklan untuk mempromosikannya. Biaya yang dikeluarkan untuk iklan sendiri tidak murah dan bahkan bisa sangat mahal

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas

Iklan-iklan yang ditampilkan di televisi dan billboard biasanya akan sangat mahal dibandingkan dengan biaya iklan media online atau google sekalipun. Lalu, apa saja iklan-iklan dengan budget yang mahal? Mengutip dari opploans.com, berikut ini Iklan termahal sepanjang masa. 

1. Chanel “The Film” (2004) – (481 miliar)

Wem Tega Bunuh Ibu Kandung Cuma gegara Ditegur Merokok, Kejiwaan Pelaku Diperiksa

Iklan termahal sepanjang masa yang ada di urutan pertama ada iklan parfum Chanel. Meskipun iklan ini sudah lama, namun tetap menjadi yang termahal sepanjang masa. Iklan ini dibintangi Nicole Kidman dan disutradarai oleh Baz Luhrmann dengan merogoh budget sebesar $33 juta atau setara dengan Rp481 miliar. Iklan berdurasi tiga menit ini tak hanya menampilkan bakat Kidman dan Luhrmann, tetapi juga rancangan busana dari Karl Lagerfeld dan nilai produksi yang patut diperhitungkan. 

2. Guinness “Tipping Point” (2007) – (233 miliar)

Pria Ini Rela Mudik ke Aceh Pakai Paspor karena Transit Dulu di Kuala Lumpur

Iklan yang satu ini menghabiskan budget sebesar Rp233 miliar dan menjadi iklan termahal sepanjang masa yang ada di urutan kedua. Lokasi syuting iklan ini dilakukan di desa kecil Iruya di Argentina yang tentu budgetnya tidak murah. Iklan ini berupa serangkaian domino dari barang-barang bekas seperti lemari es dan mobil menyala yang saling bertabrakan, semuanya mengarah ke patung besar pint Guinness.

Menggabungkan biaya material yang mahal dengan kebutuhan akan presisi untuk mendapatkan setiap bidikan yang tepat, iklan ini menunjukkan betapa bagusnya anggaran yang besar, tetapi ide yang luar biasa  tetap lebih baik.

3. Super Bowl Billboard (Rp227 miliar)

Super Bowl adalah pertandingan olahraga paling dinanti di Amerika Serikat. Pertandingan ini menjadi final National Football League (NFL), liga rugbi nasional, cabang olahraga di Amerika Serikat. Acara ini juga dinantikan di seluruh dunia karena pesta perayaannya yang terdiri dari tradisi makanan, konser musik dan kehadiran bintang Hollywood.

Hal itu merupakan peluang untuk memasang billboard di tengah-tengah lapangan pertandingan. Pada tahun 2020 lalu, iklan di Super Bowl berdurasi 30 detik biayanya sebesar 5,6 juta dollar AS atau sekitar Rp80 miliar. Sementara biaya iklan termahal di Super Bowl adalah dari Ford yang biayanya sebesar Rp227 miliar pada tahun 2017 lalu. 

4. Aviva “Names” (2008) – (195 miliar)

Iklan ini adalah rebranding dari perusahaan asuransi Inggris Norwich Union menjadi Aviva pada 2008. Perusahaan menghabiskan lebih dari $13 juta atau sekitar Rp195 miliar untuk menggaet Bruce Willis, Ringo Starr, Elle MacPherson dan Alice Cooper sebagai bintang iklannya. 

Iklan ini berisi sekelompok orang terkenal yang berbicara di depan kamera. Bahkan mereka dimasukkan secara digital ke dalam film atau cuplikan berita mereka sendiri. Keempat bintang tersebut menjadi salah satu yang menjadikan iklan ini sangat mahal. 

5. Chrysler “Imported From Detroit” (2011) – (175 miliar)

Bintang dari iklan ini adalah Eminem yang memperkenalkan Chrysler 200 yang mewah. Iklan ini merenungkan sejarah ketat Detroit, tempat Chrysler dan Eminem berbagi masa lalu yang panjang dan penuh warna. Kalimat yang menjadi julukan iklan ini adalah “the hottest fires make the hardest steel.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya