Terlihat Mustahil, 5 Tempat Ini Seharusnya Tidak Ada di Bumi

pantai di Pulau Vaadhoo, Maldives
pantai di Pulau Vaadhoo, Maldives
Sumber :
  • caveman/wallpapercave

VIVA – Di dunia ini, ada beberapa kejadian dan tempat aneh. Jika diperhatikan, kejadian dan tempat aneh tidak masuk akal sehingga serasa tidak nyata padahal keberadaanya bukan khayalan. 

Misalnya air terjun di bawah laut, lokasi di mana kilat menyambar lebih dari sejuta kali dalam setahun, serta bagian lautan yang benar-benar terbakar. 

Dikutip VIVA dari video dalam kanal YouTube BE AMAZED yang diunggah pada 20 Juli 2021, inilah 5 tempat beserta kejadian yang terlihat mustahil namun ada di muka bumi.

Petir di Sungai Catatumbo, Venezuela

petir di Catatumbo

petir di Catatumbo

Photo :
  • Fernando Flores/Wikimedia

Fenomena petir ini terjadi berasal dari massa badai awan pada ketinggian lebih dari 1 km. Petir kerap menyambar dan selama 140 sampai 160 malam dalam setahun, 10 jam per hari, dan 280 kali per jam. Frekuensi petir di Catatumbo berubah sepanjang tahun dan berbeda dari tahun ke tahun.

Pantai yang menyala dalam gelap di Maldives

pantai di Pulau Vaadhoo, Maldives

pantai di Pulau Vaadhoo, Maldives

Photo :
  • caveman/wallpapercave

Maldives yang terkenal dengan wisata pantainya mempunyai sebuah pantai yang menyala dalam gelap. Pantai yang terletak di Pulau Vaadhoo ini dapat bersinar warna biru seperti titik-titik neon kecil menyerupai bintang. 

Bintik biru neon tersebut merupakan reaksi kimia yang disebut bioluminescence, terjadi ketika mikroorganisme di dalam air terganggu oleh oksigen. 

‘Bintang’ biru ini biasanya muncul dari bulan Juli sampai Februari terutama ketika bulan baru sebab kegelapan langit membantu meningkatkan kadar cahaya.

Api di Teluk Meksiko

api di Teluk Meksiko

api di Teluk Meksiko

Photo :
  • thewest.com.au

Api pernah membara di tengah-tengah teluk Meksiko dan bentuknya menyerupai sebuah mata pada Juli 2021 lalu. Ternyata alasan di balik timbulnya api adalah kebocoran gas pipa bawah laut dari perusahaan minyak milik negara Meksiko bernama Pemex. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Air terjun bawah laut di Mauritius

Mauritius.

Mauritius.

Photo :
  • U-Report

Air terjun unik ini berada di Mauritius, sebuah negara kepulauan di tenggara Afrika. Mauritius terletak di laut yang naik dari dasarnya. Dari pinggir pantai, ada kemiringan bertahap yang menurun secara drastis sejauh 2,5 mil ke dasar laut. 

Air terjun tersebut sebenarnya adalah ilusi optik yang terbentuk oleh endapan pasir dan lumpur yang meluncur menuruni lereng kemudian jatuh ke dalam jurang.

Kuburan Bangkai Perahu, Muynak

bangkai kapal di Muynak

bangkai kapal di Muynak

Photo :
  • Adam Harangozó/Wikimedia

Muynak adalah kota yang berlokasi di Karakalpakstan Utara, sebuah republik otonom di Uzbekistan. Meskipun terletak di tengah gurun namun ditemukan bangkai perahu dan kapal tersebar di seluruh tempat. 

Rupanya kondisi ini disebabkan karena Muynak sekitar 100 tahun yang lalu merupakan pelabuhan di tepi Laut Aral. Sampai pada tahun 1960-an bendungan milik Uni Soviet mulai mengalihkan dua sumber utama air laut. Kondisi ini mengakibatkan berkurang drastis jumlah air yang mengalir ke Laut Aral.

Pada tahun 2000, pelabuhan ini telah kehilangan 75% volume air. Sejak itu, kapal dan perahu tidak terpakai dan dibiarkan oleh para pemiliknya.