Fakta-fakta Reformasi Protestan yang Perlu Anda Ketahui

Reformasi protestan
Sumber :

VIVA –  Reformasi Protestan (1517-1648) adalah salah satu peristiwa budaya, politik, dan agama yang paling signifikan dalam sejarah Eropa dan membantu membentuk dunia modern. Itu adalah peristiwa kompleks yang berlangsung lebih dari 100 tahun, yang secara radikal mengubah cara orang memahami diri mereka sendiri, agama , masyarakat, dan akhirnya bagaimana seseorang mendefinisikan kebenaran.

Mengejutkan! Sabda Ahessa Viral Ibadah di Gereja, Ibunda Sebut Rajin Baca Al-Quran

Sebelum Reformasi, Gereja Katolik adalah satu-satunya otoritas spiritual di Eropa abad pertengahan (c. 476-1500). Gereja abad pertengahan memberikan ketertiban dan makna bagi kehidupan para penganutnya sejak pembaptisan sebagai bayi melalui kehadiran mingguan di kebaktian, upacara pernikahan, dan upacara terakhir saat kematian.

Reformasi protestan

Photo :
Viral Penampakan Masjid dan Gereja Berada di Kedalaman 1.760 Meter Perut Bumi

Setelah seseorang meninggal, Gereja mengajarkan, tujuan seseorang ditentukan oleh Tuhan yang pengasih yang juga adil dan menghukum mereka yang mati dalam dosa mereka dengan siksaan yang kekal karena mereka telah menolak anugerah anugerah Tuhan.

Tidak ada perdebatan dengan prinsip-prinsip Gereja karena tidak ada otoritas spiritual lain yang dapat dijadikan pilihan. Reformasi Protestan mengubah dinamika itu sepenuhnya ketika teolog Jerman dan biarawan Katolik Martin Luther (l. 1483-1546) secara tidak sengaja menantang otoritas Gereja dengan mempertanyakan praktik penjualan indulgensi (surat yang berjanji untuk mempersingkat masa tinggal seseorang – atau kekasih – di api penyucian). 

Kisah 1 Gereja Pengin Naik Haji, Ustaz Khalid Basalamah: Orang Berjiwa muslim Tak Kekal di Neraka

Aktivisme Luther di Jerman mengilhami orang lain untuk membuat pendirian mereka sendiri berdasarkan interpretasi individu terhadap Alkitab dan konsep bahwa hanya iman dan hanya kitab suci saja yang dibutuhkan orang percaya untuk berkomunikasi dengan Tuhan. 

Ajaran-ajaran Gereja kemudian dipahami oleh orang-orang Protestan sebagai kerusakan buatan manusia, yang harus ditolak oleh orang-orang percaya sejati. Meskipun ada banyak fakta menarik tentang Reformasi, sepuluh berikut merangkum konsep-konsep kunci gerakan secara keseluruhan.

Sarjana modern tidak setuju pada tanggal yang tepat dari Reformasi, tetapi dapat dengan aman dikatakan bahwa, dalam 100 tahun dari 95 Tesis Martin Luther yang ditulis pada tahun 1517, masyarakat Eropa telah berubah secara radikal dan akan terus dipengaruhi oleh visi reformis awal sampai dan ke era modern. Berikut ini terdapat fakta refomasi Protestan yang menarik untuk diketahui, melansir dari www.worldhistory.org.

Ada Reformis sebelum Martin Luther

Sebelum 95 Tesis Martin Luther memicu Reformasi, upaya lain telah dilakukan untuk mengoreksi apa yang dilihat sebagai pelanggaran dan ajaran palsu Gereja Katolik. Kaum Paulician dan Waldensian telah menganjurkan reformasi sementara kaum Cathar memisahkan diri sepenuhnya dari Gereja.

Namun, dua Reformis yang paling terkenal adalah teolog dan pendeta Inggris John Wycliffe (l. 1330-1384) dan pendeta Bohemia Jan Hus (lc 1369-1415). Wycliffe mengilhami Hus, yang upayanya merupakan kekuatan pendorong di belakang Perang Hussite (1419 hingga sk. 1434) dan Reformasi Bohemia(c. 1380 hingga c. 1436), dua dari upaya reformasi paling awal.

Martin Luther kemudian merujuk Hus, yang dieksekusi pada tahun 1415 sebagai bidat, sebagai panutan bagi orang Kristen dalam mengejar hubungan yang benar dengan Tuhan hanya berdasarkan iman dan interpretasi sendiri terhadap kitab suci. Bertentangan dengan legenda, bagaimanapun, Hus tidak pernah 'memprediksi' aktivisme Luther; cerita ini adalah penemuan kemudian oleh pengikut Luther.

Reformasi protestan

Photo :

Martin Luther Awalnya Tidak Ingin Putus dengan Gereja

Luther tidak berniat untuk memutuskan hubungan dengan Gereja dan membangun visi baru Kekristenan pada tahun 1517. Dia adalah seorang imam Katolik dan teolog yang 95 Tesisnya ditulis sebagai undangan untuk memperdebatkan masalah indulgensi, yang dia klaim tidak alkitabiah.

Ke- 95 Tesis diterbitkan dan diterjemahkan oleh para pengikutnya, yang dukungannya mendorong Luther untuk menentang Gereja. Sama seperti 97 Tesis Luther sebulan sebelumnya, pada awalnya, ini juga hanya undangan untuk debat ilmiah.

Begitu Gereja bereaksi dengan mencoba membungkam keberatannya terhadap indulgensi, Luther melawan balik dengan mencela kebijakan dan praktik Gereja, dan Reformasi pun dimulai.

Luther Mungkin Tidak Pernah Menempelkan 95 Tesisnya ke Pintu Gereja Wittenberg

Gambar ikonik Luther yang memakukan 95 Tesisnya ke pintu Gereja Wittenberg pada tanggal 31 Oktober 1517 dengan mudah merupakan Reformasi Protestan yang paling terkenal, tetapi, menurut ilmu pengetahuan modern, peristiwa itu mungkin tidak akan pernah terjadi.

Kisah itu tidak muncul sampai bertahun-tahun kemudian ketika itu diedarkan oleh tangan kanan Luther, Philip Melanchthon (l. 1497-1560), yang bahkan tidak berada di Wittenberg pada saat peristiwa itu diduga terjadi.

Luther sendiri tidak menyebutkan tentang memakukan tesis ke pintu gereja pada tahun 1517 atau sesudahnya, hanya mengatakan bahwa dia mengirimkan tesisnya kepada Uskup Agung Mainz. Namun, cerita itu telah diterima sebagai kebenaran sejarah begitu lama hingga sekarang, sehingga biasanya diulang tanpa kritik.

Reformasi Bukan Gerakan Bersatu

Meskipun peristiwa itu selalu disebut sebagai Reformasi Protestan, sebenarnya merupakan rangkaian gerakan tersendiri yang lebih tepat disebut reformasi . Di Jerman, di mana Martin Luther memimpin perjuangan, ada juga Martin Bucer (l. 1491-1551), yang tidak setuju dengan aspek visinya, dan Andreas Karlstadt (l. 1486-1541), yang memiliki ide sendiri tentang 'benar Kekristenan' seperti yang dilakukan oleh Reformis Jerman Thomas Müntzer (lc 1489-1525).

Di Swiss, Huldrych Zwingli (l. 1484-1531) tidak setuju dengan Luther tentang sifat Ekaristi, dan John Calvin (l. 1509-1564) mengajukan agendanya sendiri, yang berbeda dari Zwingli's. Selanjutnya, para reformis ini menginspirasi orang lain yang kemudian memulai gerakan Reformasi mereka sendiri dalam Reformasi yang lebih besar, seperti dalam kasus Anabaptis yang menolak kewarganegaraan kelas dua perempuan dan, bertentangan dengan sekte Protestan lainnya, mengangkat perempuan ke posisi otoritas.

Banyak Perempuan Berpartisipasi di Tahun-Tahun Awal Reformasi

Meskipun reformis laki-laki telah disorot oleh sejarawan selama berabad-abad, banyak perempuan memberikan kontribusi signifikan terhadap Reformasi, terutama di tahun-tahun awal, seperti yang mereka lihat dalam harapan 'ajaran baru' untuk suara yang sama dalam urusan publik dan otonomi yang lebih besar.

Di antara yang paling terkenal adalah Katharina von Bora (l. 1499-1552), istri Martin Luther; Argula von Grumbach (l. 1490 sampai 1564), Katharina Zell (l. 1497-1562), Marguerite de Navarre (l. 1492-1549), Marie Dentière (lc 1495-1561), Jeanne d'Albret (Joan III dari Navarre, l. 1528-1572), dan Olympia Fulvia Morata(l. 1526-1555).

Perempuan-perempuan ini, dan banyak lainnya, memajukan penyebab Reformasi, tetapi ketika gerakan itu menjadi arus utama dan kepercayaan dikodifikasi, kontribusi perempuan dikesampingkan, dan kesetaraan yang mereka harapkan tidak pernah terwujud.

Reformasi Berhasil Karena Percetakan

Reformasi berhasil, sedangkan upaya reformasi sebelumnya gagal, terutama karena penemuan mesin cetak c. 1440. Wycliffe dan Hus membuat banyak poin yang sama kemudian diartikulasikan oleh para reformis tetapi tidak memiliki teknologi untuk berbagi pandangan mereka dengan khalayak yang lebih luas.

95 Tesis Martin Luther dipopulerkan melalui media cetak, begitu pula tulisan-tulisannya yang lain yang kemudian diterjemahkan dan dicetak di tempat lain, mengilhami gerakan yang lebih luas di luar Jerman. Wanita seperti Argula von Grumbach atau Marie Dentiere tidak akan memiliki suara publik jika bukan karena percetakan, dan itu juga digunakan secara efektif oleh Jeanne d'Albret dalam memajukan pesan Protestan selama Perang Agama Prancis.

Terjemahan Alkitab, komentar tentang kitab suci, dan serangan terhadap Gereja Katolik – serta oleh Gereja terhadap sekte-sekte Protestan – semuanya dimungkinkan oleh buku-buku dan pamflet yang diproduksi secara massal. Popularitas karya-karya keagamaan ini di media cetak berkontribusi pada peningkatan literasi di Eropa, yang merupakan aspek Reformasi yang sering disorot.

Reformasi Berkontribusi pada Beberapa Perang Paling Merusak dalam Sejarah Eropa

Tantangan terhadap Gereja, yang sebelumnya dianggap sebagai satu-satunya otoritas spiritual di Eropa, mengakibatkan sejumlah konflik, yang meningkat dalam lingkup, kebiadaban, dan korban dimulai dengan Perang Hussite dan berlanjut melalui Pemberontakan Ksatria (1522-1523) dan Perang Tani Jerman tahun 1524-1525.

Meskipun Perang Petani Jerman, seperti beberapa konflik kemudian, tidak semata-mata disebabkan oleh perbedaan agama, visi Reformasi memainkan peran utama dengan mendorong kelas bawah untuk percaya pada harapan sebuah tatanan baru di mana mereka akan memiliki otonomi yang lebih besar.

Perang Agama Prancis (1562-1598) adalah akibat langsung dari perselisihan agama, dan perbedaan agama juga berkontribusi pada Perang Delapan Puluh Tahun (1568-1648) dan Perang Tiga Puluh Tahun (1618-1648), yang menewaskan lebih dari delapan tahun. jutaan orang.

Seni & Musik yang Terinspirasi dari Kontra-Reformasi

Kontra-Reformasi (juga dikenal sebagai Reformasi Katolik, 1545 sampai sekitar 1700) adalah tanggapan Gereja Katolik terhadap Reformasi Protestan di mana ia melembagakan reformasi sementara juga berusaha untuk mengembalikan sentralitas sebelumnya.

Salah satu aspek dari upaya ini adalah penekanan pada seni, arsitektur , dan musik yang akan mengangkat pikiran penganut dan kontras tajam dengan gereja-gereja Protestan yang telah menolak ikonografi, musik (untuk derajat yang lebih besar atau lebih kecil tergantung pada sekte), atau rendering artistik apa pun dari Yesus Kristus atau tokoh-tokoh Alkitab lainnya.

Dalam musik, beberapa tokoh sentral adalah komposer Inggris Thomas Tallis (lc 1505-1585), muridnya William Byrd (lc 1540-1623), dan komposer Italia Isabella Leonarda (l. 1620-1704). Dalam seni, Kontra-Reformasi mengilhami karya Caravaggio (l. 1571-1610), El Greco (l. 1541-1614), Gerard Seghers (l. 1591-1651), dan Peter Paul Rubens (l. 1577-1640 ) diantara yang lain.

Arsitektur gereja-gereja Katolik menekankan keagungan Tuhan dan pesan yang meninggikan pengampunan dan penebusan sementara juga memperjelas kekuatan dan keunggulan Gereja jika dibandingkan dengan gereja-gereja sekte Protestan yang lebih sederhana.

Reformasi Mendorong Cita-cita Demokrasi

Meskipun Luther sendiri akan menolak konsep demokrasi zaman modern, gerakan yang ia gerakkan mendorong cita-cita demokrasi. Karya-karya Luther sendiri berkontribusi pada Perang Tani Jerman di mana kelas terendah berjuang untuk persamaan hak dan perwakilan dalam pemerintahan, dan para reformis yang mengikuti Luther mendorong hal yang sama. 

Reformis Swiss Heinrich Bullinger (l. 1504-1575) menganjurkan kepemimpinan demokratis Gereja Reformasi, dan Reformator Skotlandia John Knox (lc 1514-1572) mendirikan Gereja Presbiterian Skotlandiasebagai demokrasi. 

Sejak reformis Protestan menolak hierarki Gereja Katolik, mereka condong ke arah struktur politik dan administrasi yang lebih egaliter, yang dikodifikasikan oleh John Calvin yang ajarannya menginformasikan kepercayaan kaum Puritan dan Separatis, yang akhirnya mendirikan koloni New England di tempat yang akan menjadi Amerika Serikat.

Para Founding Fathers, meskipun bukan kaum Puritan, nantinya akan mendasarkan bentuk pemerintahan mereka pada pemerintahan gereja yang paling dikenal oleh para kolonis. Struktur yang dianut kaum Quaker, yang juga mempengaruhi perkembangan demokrasi modern di Amerika Serikat, datang langsung dari penolakan Protestan terhadap hierarki, yang mendorong idealisme demokrasi dan pemerintahan.

Kesimpulan

Reformasi Protestan menghancurkan kesatuan dan otoritas Gereja Katolik, menciptakan pluralitas dalam agama Kristen yang tidak ada sebelumnya. Meskipun ada apa yang disebut 'bidat' yang menantang otoritas Gereja sebelumnya, ini dihancurkan, dan keutamaan Gereja selalu dipertahankan.

Konsep Renaisans humanisme, yang mengangkat status individu, serta teknologi seperti mesin cetak, ditambah dengan korupsi terbuka Gereja abad pertengahan, digabungkan untuk memicu gerakan yang akan mengubah pemikiran Eropa, budaya , dan apa yang dipahami sebagai 'kebenaran'. Komentar Cendekia Ulinka Rublack:

Reformasi menghadapkan orang Eropa dengan fakta bahwa Kekristenan mengandung klaim kebenaran yang sangat berbeda – di antara Protestan, di antara Protestan dan Katolik, dan di antara semua agama ini dan Kristen Ortodoks Timur. Ini berarti bahwa sejarah dan argumen yang tertanam dalam klaim kebenaran terus-menerus direkonstruksi dan dipertanyakan. Pada akhirnya, ini berkontribusi pada munculnya posisi intelektual yang mengakui agama sebagai sistem makna budaya dan mengeksplorasi ide, ketegangan, dan keterbatasan mereka. 

Sekitar tahun 1500, kebenaran rohani dipahami sebagai apa pun yang dikatakan Gereja; seratus tahun kemudian, 'kebenaran' jauh lebih sulit untuk didefinisikan karena, seperti yang dicatat oleh Gereja pada awal Reformasi, jika siapa pun yang dapat membaca Alkitab dapat mendefinisikan 'kebenaran', maka tidak ada lagi 'kebenaran' yang mutlak untuk didefinisikan.

Aspek Reformasi ini mungkin yang paling mendalam karena menyoroti kekuatan individu untuk menentukan kebenarannya sendiri, baik dalam agama atau bidang kehidupan lainnya, dan ini menandai transisi dari paradigma pemikiran abad pertengahan ke paradigma modern. zaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya