Unik, Berikut 3 Aksi Heroik Satpam Bank

Satpam.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Satuan Pengamanan atau disingkat Satpam, khususnya mereka yang bertugas di bank beberapa waktu lalu menjadi bahan pembicaraan warganet. Hal ini karena keramahan mereka kepada para nasabah. Selain ramah, ada 3 kejadian heroik yang dilakukan satpam. Apa saja itu? Berikut rangkumannya.

Syarat Iran Tak Jadi Serang Israel, Kisah Penyamaran Intel Kopassus hingga Sopir Bus Positif Narkoba

1. Gagalkan Ancaman Bom Rakitan

Ilustrasi pelaku pencurian

Photo :
  • VIVAnews/Bambang Irawan
Viral Penipuan File APK Surat Panggilan Polisi, Begini Respons Polda Metro Jaya

Kejadian ini berlangsung Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, 23 Mei 2022. Tersangka mengancam akan meledakan bom jika permintaannya berupa uang Rp30 juta, tidak dipenuhi pihak bank.

Teller memanggil satpam. Satpam BRI di unit Leuwimunding, yang bertugas saat itu membekuk tersangka keluar dari bank. Tersangka digiring menuju ke lapangan dengan tangan diborgol. Aksi berani tersebut menjadi tontonan warga di sekitar tempat kejadian.

Miliarder di Vietnam Dijatuhi Hukuman Mati Gegara Menipu Bank Rp 697 Triliun

Mendapatkan laporan, pihak Kepolisian datang bersama tim Gegana ke lokasi. Melucuti rangkaian kabel yang tampak seperti bom dari tubuh tersangka. Beru kemudian ditenmukan, bom tersebut merupakan mainan.

2. Cegah Aklsi Penipuan ke Lansia

Ilustrasi lansia

Photo :
  • Pixabay/geralt

Aksi penipuan masih marak terjadi, salah satunya di galeri ATM di Pematang Siantar, Sumatera Utara. Kala itu seorang nasabah Lansia yang sedang melakukan transaksi pengambilan uang tunai di dalam galeri ATM

Dalam mekanisme keamanan, mesin ATM secara otomatis meminta penggantian pin bila kartu tersebut lama tidak digunakan. Pelaku menawarkan bantuan proses ganti PIN kepada nasabah lansia yang sedang melakukan transaksi di mesin ATM.

Pelaku lalu membantu mengganti PIN. Namun, dengan cepat dia juga melakukan penarikan tunai. Ketika ATM memproses uang, kartu akan keluar terlebih dahulu, baru kemudian uang tunai. Waktu singkat inilah yang menjadi celah pelaku menipu korban.

Ketika pelaku ingin melakukan aksinya kepada nasabah yang sedang melakukan transaksi, pelaku berhasil diamankan oleh Satpam BRI yang mengawasi gerak-gerik pelaku yang mencurigakan. 

3. Tangkap WNA Pelaku Skimming

Ilustrasi operasi WNA oleh imgrasi

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Latvia diduga melakukan tindakan skimming, yakni tindak kriminal pencurian informasi kartu kredit/debit menggunakan alat khusus (Skimmer). WNA tersebut dibekuk Kepolisian setelah mencoba mencuri informasi di salah satu kantor Bank BRI yang berada di kawasan Beji, Depok, Jawa Barat. Sebelumnya, pelaku diamankan oleh Satpam BRI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya