7 Fakta Unik Indonesia yang Membuat Warga Negara Asing Kagum

Candi Borobudur
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Beberapa fakta unik Indonesia di bawah ini membuat orang asing kagum karena hanya bisa ditemukan di Indonesia saja. Tanah Air tercinta ini memang dikenal sebagai negara yang sangat kaya akan keanekaragaman yang sangat menakjubkan di mata dunia. Hal unik ini tentu saja akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri untuk warga negara Indonesia. 

7 Negara Paling Beragam di Asia, Indonesia Nomor Segini

Negara yang berada di kawasan Asia Tenggara ini juga dikenal dengan keindahan alam dan warisan budaya yang sangat menakjubkan sehingga menjadi negara yang mampu bisa membuat dunia kagum. Indonesia menempati luas area sekitar 735.358 mil persegi, besaran wilayah tersebut menjadikan Indonesia menempati urutan ke-15 sebagai negara terbesar menurut Worldatlas

Karena itu, Indonesia memiliki berbagai hal unik untuk diulas. Nah, berikut adalah fakta unik Indonesia yang membuat warga asing kagum seperti disadur VIVA dari laman worldatlas.com.

Fakta-fakta Menarik Tentang Suku Buton di Sulawesi Tenggara, yang Memiliki Bola Mata Biru

1. Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

danau toba

Photo :
  • U-Report
Bangga Promosikan Batik, Desainer Barbie Awliya Berjuang Keras di Paris

Seperti yang kita ketahui bahwa danau alami terbesar di dunia adalah Danau Toba. Danau ini berada di dalam kawasan gunung berapi super di Sumatera, bagian Utara Indonesia. Danau terbesar ini memiliki kedalaman 500 m, panjang 100 km, dan lebar 30 km. Danau Toba adalah tempat erupsi gunung berapi yang terjadi pada 70 ribu tahun lalu. Letusan ini dianggap sebagai letusan terbesar yang pernah terjadi di bumi dan memakan banyak korban jiwa ketika itu.  

2. Tempat dari Candi Buddha Terbesar di Dunia

Candi Borobudur di Kabupaten Magelang Jawa Tengah sebagai salah satu cagar budaya yang paling banyak dikunjungi wisatawan

Photo :
  • vstory

Berikutnya, fakta unik Indonesia di mata dunia adalah Indonesia menjadi tempat dari Candi Buddha terbesar yang ada di dunia, yaitu Candi Borobudur. Tentu saja fakta ini sangat menakjubkan, Candi Borobudur dibangun sejak abad ke-9 yang berada di Magelang, Jawa Tengah. 

Candi ini mempunyai 1.460 panel relief di dindingnya. Relief tersebut adalah relief Buddha terbesar dan terlengkap di dunia. Kuil dengan 504 patung Buddha, didedikasikan untuk sang Buddha serta para peziarah Buddha. 

3. Menduduki Peringkat 17 Sebagai Megadiverse

Taman Pulau Komodo

Photo :
  • U-Report

Konservasi Internasional mengakui adanya keberagaman hayati besar yang ditemukan pada 17 negara, termasuk Indonesia dan dinyatakan sebagai megadiverse. Megadiverse ini disematkan kepada Indonesia lantaran memiliki banyak satwa liar endemik. Selain komodo, hewan endemik lain yang ada di Indonesia adalah orang utan Tapanuli dan monyet daun Mitred. 

Sementara itu, Indonesia juga memiliki tanaman unik seperti titan arum yang mana terkenal dengan bunganya yang besar. Penggundulan hutan yang kerap terjadi di Indonesia, tentu saja mengancam habitat para hewan endemik tersebut. 

4. Rumah Bagi 8 Warisan Budaya Dunia

Taman Nasional Lorentz

Photo :
  • Doc. Pixgood

Fakta unik Indonesia di mata dunia berikutnya adalah mempunyai delapan area yang sangat penting menurut catatan sejarah dan budaya. Bahkan, sudah diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Salah satu yang sudah tercatat oleh UNESCO adalah Candi Borobudur sampai Taman Nasional Komodo dan Taman Nasional Lorentz di Papua. 

5. Memiliki Lebih dari 700 Bahasa

Pramuka Promosikan Budaya Indonesia di Jambore ASEAN.

Photo :

Fakta unik Indonesia yang pertama adalah Indonesia menjadi salah satu negara dengan lebih dari 700 bahasa dan dialek yang banyak dipakai. Jumlah bahasa yang sangat beragam ini dipakai di seluruh bagian Indonesia dengan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Papua adalah satu-satunya provinsi yang memiliki lebih dari 270 bahasa lisan. Penduduk Indonesia dengan mayoritas agama Muslim dengan total jumlah penduduk lebih dari 242 jiwa. 

6. Peraih Kejuaraan Bulu Tangkis Terbanyak

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie

Photo :
  • https://www.instagram.com/badminton.ina/

Seperti yang kita ketahui bahwa Thomas Cup adalah kejuaraan bulutangkis bertaraf internasional yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. Sejak diadakan tahun 1949, Indonesia adalah negara yang paling banyak meraih Piala Thomas Cup, disusul dengan China dan Malaysia di urutan berikutnya. 

Sampai saat ini, sudah ada beberapa piala yang berhasil dibawa pulang oleh tim Thomas Cup Indonesia. Piala Thomas Cup pertama kali didapatkan oleh tim Indonesia pada tahun 1958 silam dan terakhir pada kejuaraan tahun 2020. 

7. Hutan Bakau Terbesar di Dunia

Mangrove/hutan mangrove/bakau/hutan bakau.

Photo :
  • Freepik/lifeforstock

Menjadi negara maritim yang hampir seluruh daerahnya berupa perairan, Indonesia mempunyai garis pantai yang panjang terbentang dari ujung Barat ke Timur. Hal tersebut menjadikan Indonesia mempunyai hasil laut yang sangat melimpah. Dengan garis pantai ini, Indonesia mempunyai faktor yang dapat dikatakan unik karena mempunyai hutan bakau terbesar di dunia. 

Hutan bakau di Indonesia pernah dicatat mencapai 2,5 sampai 4,5 juta hektare yang tersebar di seluruh penjuru daerah pesisir. Kondisi tersebut yang membuat Tanah Air tercinta ini bisa mengalahkan Brasil, Nigeria, dan Australia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya