Fakta Menarik Budaya Monako, Disebut Tingkat Perceraian Rendah

Monako
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Negara Eropa Barat Monako, di French Riviera, adalah negara pantai yang indah. Dikelilingi di tiga sisi oleh Prancis dan memiliki garis pantai Mediterania di sisi keempat. Keluarga Grimaldi memerintah Monako.

Geopark Maros Pangkep, Beranda bagi Keajaiban Geologi dan Budaya di Sulawesi Selatan

Negara ini memiliki masa lalu yang cerah dan merupakan surga pajak modern bagi orang kaya dan terkenal. Budaya Prancis, Italia, dan Spanyol telah membentuk budaya Monégasque. Melansir dari World Atlas, berikut beberapa fakta menarik tentang budaya Monako yang jarang diketahui.

Suku, Bahasa, dan Agama Di Monako

5 Negara dengan Pertumbuhan Populasi Terendah di Dunia

Monako adalah rumah bagi populasi sekitar 30.727 individu. Monegasque Pribumi hanya merupakan 32% dari populasi negara itu. Prancis dan Italia memiliki kehadiran yang signifikan di Monako karena mereka masing-masing menyumbang 19,9% dan 15,3% dari total populasi. 

Etnis minoritas lainnya termasuk Inggris, Belgia, Swiss, Jerman, Amerika, dan Maroko. Meskipun bahasa Prancis adalah bahasa resmi Monako, beberapa langkah telah dimulai untuk menghidupkan kembali bahasa asli Monegasque. Saat ini, rambu-rambu jalan di negara itu ditulis dalam bahasa Monegasque dan Prancis. Sekitar 90% populasi Monako menganut Gereja Katolik Roma.

Tradisi Sapu Koin di Indramayu Bikin Celaka Pengendara Motor

Masakan Monegasque

Barbajuan

Photo :
  • allmychefs

Masakan Monako adalah perpaduan masakan Prancis dan Italia dengan pengaruh signifikan dari masakan Mediterania lainnya. Makanan laut populer di negara ini. Barbajuan adalah makanan favorit yang terdiri dari puff pastry panggang atau goreng yang diisi dengan daun bawang, ricotta, lobak Swiss, bumbu, dan bawang putih. 

Makanan unik lainnya adalah fougasse yang merupakan roti manis kecil rasa jeruk dengan topping kismis, kacang, dan adas manis. Pissaladière, hidangan Prancis, dikustomisasi di Monako untuk menghasilkan pai dengan topping zaitun, bawang, dan tomat. 

Panekuk tepung kacang polong yang disebut socca, hidangan cod kering yang disebut stocafi, pai lobak Swiss, dll., adalah beberapa hidangan khas masakan Monégasque. Zaitun dan madu monégasque terkenal. Negara ini juga memproduksi bir kerajinan organiknya sendiri. Crepe Suzette lahir di Monako.

Sastra dan Seni

Penulis di Monako menulis dalam bahasa Monégasque, Prancis, atau Italia. Beberapa juga menulis dalam lebih dari satu bahasa ini. Louis Notari dianggap sebagai pelopor sastra Monégasque. Dia adalah orang pertama yang menyajikan sastra Monégasque dalam bentuk tertulis ketika dia menulis lagu kebangsaan negara itu. Sebelumnya Monégasque hanya ada dalam bentuk lisan. 

Louis Frolla adalah penulis Monégasque terkemuka lainnya. Dia menulis sebuah buku tata bahasa dalam bahasa Monégasque yang merupakan pertama dari jenisnya. Kedua penulis juga menghasilkan karya dalam bahasa Prancis. 

Selain para penulis asli ini, banyak penulis asing telah menggunakan latar yang indah dari negara kecil yang sebagian wilayahnya terkubur itu sebagai latar untuk novel, puisi, dan cerita pendek mereka. Banyak panduan perjalanan juga telah ditulis tentang Monako.

Seni monegasque berbagi banyak pengaruh dari seni Italia dan Prancis. Keluarga Grimaldi yang berkuasa telah mengambil langkah signifikan untuk mempromosikan seni di negara ini. Yayasan telah dibentuk untuk mensponsori seniman Monegasque yang berbakat. Penghargaan seperti Penghargaan Seni Kontemporer Internasional yang diberikan setiap tahun juga mendorong para seniman.

Seni Pertunjukan

Monako memiliki panggung seni pertunjukan yang semarak. Orkestra Philharmonic Monte Carlo terkenal secara internasional. Banyak acara musik diadakan di negara ini setiap tahun. Konser klasik dan pertunjukan balet berlangsung di teater mewah Monako. Opera, jazz, dan blues juga populer di negara ini. Monaco juga memiliki banyak klub malam kelas atas yang menarik DJ dan artis ternama.

Olahraga

Balapan F1 GP Monaco 2021.

Photo :
  • Twitter/@F1

Grand Prix Monaco adalah acara olahraga paling terkenal di Monako. Ini adalah salah satu reli mobil paling bergengsi di dunia dan telah diadakan sejak 1929. Circuit de Monaco dianggap sebagai salah satu trek Formula Satu terberat di dunia. Reli Monte Carlo juga merupakan acara reli tahunan bergengsi lainnya yang diadakan di Monako. 

Sepak bola adalah olahraga populer lainnya di Monako dan negara ini memiliki tim sepak bola pria dan wanita. Stade Louis II adalah kandang tim putra yang ambil bagian dalam Ligue 1 sepak bola Prancis. Rugbi, tenis, golf, balap sepeda, atletik, dan olahraga lainnya juga dimainkan di Monako.

Kehidupan dalam Masyarakat Monegasque

Budaya Mediterania, Katolik Roma di Monako menekankan pada keluarga. Meskipun perempuan di tanah air sebagian besar terbatas pada ranah domestik hingga pertengahan abad ke-20, saat ini mereka menjadi bagian penting dari angkatan kerja dan bekerja di berbagai bidang.

Meskipun kekayaan luar biasa dan gaya hidup modern, masyarakat Monegasque masih didasarkan pada tradisi berabad-abad. Pernikahan dianggap sebagai peristiwa keluarga yang penting. Tingkat perceraian rendah. Acara dan pertemuan keluarga penting dalam kehidupan sosial seorang Monegasque.

Monako menyediakan fasilitas penitipan anak yang sangat baik untuk rakyatnya. Daun bersalin panjang dijamin untuk wanita. Orang tua juga dapat meninggalkan anak-anak mereka di pusat penitipan anak berkualitas saat mereka sedang bekerja.

Monako juga menawarkan layanan kesehatan dan sistem pendidikan berkualitas tinggi. Ukuran kecil negara dan standar hidup yang tinggi telah membantu Monako menghindari sebagian besar masalah sosial yang dihadapi negara-negara besar lainnya.

Masyarakat di Monako adalah multikultural karena tingginya tingkat imigrasi orang dari luar negeri. Namun, sebagian besar penduduknya sangat kaya dan dengan demikian memiliki standar hidup yang sama. Penghormatan terhadap privasi ditekankan dalam masyarakat Monegasque.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya