Dilarang Update Sosmed! Ini 5 Kode Etik Perawat Saat Menangani Pasien

Ilustrasi dokter/suster.
Sumber :
  • Pixabay/voltamax

VIVA – Baru-baru ini sedang viral di media sosial seorang perawat perempuan di salah satu rumah sakit di Yogyakarta membuat konten TikTok yang dianggap melecehkan dan membuka kerahasiaan informasi medis pasien. Sontak hal tersebut langsung mendapatkan kecaman dari warganet karena perawat tersebut dianggap melakukan pelecehan seksual pada pasien pria yang ditanganinya dan telah melanggar kode etik perawat. 

Waspada! DBD di Indonesia Melonjak Hampir 3 Kali Lipat pada Kuartal I 2024

Seperti yang diketahui, setiap profesi tentunya memiliki masing-masing kode etik yang harus dijunjung tinggi dan diterapkan. Hal itu merupakan bentuk dari profesionalitas kerja, termasuk kode etik perawat sebagai lembaga dari tenaga kesehatan.  

Menurut Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), kode etik keperawatan merupakan pernyataan atau keyakinan mengenai kepedulian, nilai serta tujuan dari keperawatan. Tepatnya adalah sebagai pedoman untuk mengatur segala tindakan atau perilaku yang dilakukan perawat dalam kerja dan pengambilan keputusan secara profesional.

Industri Facility Manajemen Indonesia di Atas Vietnam dan Kamboja

Tujuan adanya kode etik perawat adalah agar perawat senantiasa memberikan pelayanan yang sebaik-sebaik nya kepada klien (pasien) dan menghindari perbuatan yang melanggar kode etik perawat. Menghimpun dari Mhomecare, berikut ini 5 kode etik perawat yang perlu dijunjung tinggi dan diperhatikan serta diterapkan oleh seorang yang berprofesi sebagai perawat. 

1. Perawat dan Klien

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Perawat tentu akan berhadapan dengan banyak klien saat mereka bertugas dan tidak bisa memilih klien yang ingin dilayani. Berikut poin-poin penting dalam kode etik keperawatan antara perawat dan klien:

  • Perawat diwajibkan untuk memberi pelayanan keperawatan sebaik mungkin dengan menghargai harkat dan martabat manusia dan menjunjung tinggi adanya perbedaan (suku, agama, ras atau golongan).
  • Perawat bertanggung jawab sepenuhnya atas asuhan keperawatan, terutama kepada yang membutuhkan.
  • Perawat diwajibkan untuk menjaga suasana lingkungan dengan menghormati nilai-nilai yang klien miliki seperti  budaya, adat istiadat dan keyakinan saat memberikan pelayanan. 
  • Perawat diwajibkan untuk menjaga setiap informasi yang berkaitan dengan tugas sebagai seorang perawat apapun itu. Namun informasi tersebut bisa diungkapkan apabila diperlukan dalam penegakan hukum.

2. Perawat dan Praktik

Perawat harus memahami betul mengenai pekerjaan dan segala tugasnya baik itu secara teori maupun praktik. Berikut ini poin-poin penting yang harus dimiliki perawat dalam melakukan praktik keperawatan:

  • Perawat wajib untuk selalu meningkatkan kompetensi baik soft skill maupun hard skill secara berkelanjutan.
  • Perawat diwajibkan untuk menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dengan cara menerapkan ilmu, kompetensi serta nilai kejujuran yang profesional sesuai dengan kebutuhan klien.
  • Setiap keputusan yang akan diambil harus didasarkan dengan informasi akurat serta dapat mempertimbangkan kompetensi seseorang saat melakukan konsultasi, memberikan delegasi, dan menerima delegasi.
  • Harus selalu bekerja dengan sebaik mungkin dan seprofesional mungkin untuk menjaga serta menjunjung nama baik profesi keperawatan.

3. Perawat dan Masyarakat

Perawat sejatinya juga merupakan bagian dari masyarakat yang memegang tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan terhadap kesehatan. Berikut ini poin-poin penting kode etik perawat antara perawat dan masyarakat:

  • Perawat bertanggung jawab memprakarsai dan mendukung segala kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat serta pencegahan penyakit.
  • Memberikan kegiatan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat seperti pelaksanaan posyandu lansia, posyandu balita atau pelatihan kaderisasi kesehatan dan lain sebagainya.

4. Perawat dan Teman Sejawat

Perawat bisa bekerja baik secara individu maupun secara tim dalam melaksanakan tugas dan pekerjaannya. Sehingga penting bagi seorang perawat untuk menjaga hubungan baik dengan teman sejawatnya saat harus bekerja secara tim seperti di rumah sakit, klinik kesehatan atau fasilitas kesehatan lainnya. Berikut ini poin-poin yang perlu diperhatikan dalam kode etik antara perawat dan teman sejawat: :

  • Perawat diwajibkan untuk menjaga hubungan baik dengan teman sejawat mereka maupun tenaga kesehatan lainnya yang berguna untuk meningkatkan keserasian dalam suasana lingkungan demi tercapainya tujuan secara keseluruhan.
  • Perawat diwajibkan untuk melindungi klien dari tenaga kesehatan yang tidak kompeten dalam tindakan pelayanan kesehatan seperti perbuatan buruk, tidak etis, ilegal da berbahaya.

5. Perawat dan Profesi

Perawat tentu harus membekali dirinya dengan ilmu, khususnya ilmu dalam bidang keperawatan dengan menempuh pendidikan yang tinggi dan update dengan informasi terbaru untuk meningkatkan kualitas dalam pelayanan keperawatan. Berikut ini poin-poin penting dalam kode etik antara perawat dan profesinya:

  • Perawat harus selalu aktif dan terlibat untuk membangun dan menjaga kekondusifan kondisi lingkungan kerja agar dapat mewujudkan asuhan keperawatan yang berkualitas dan bermutu tinggi.
  • Perawat harus selalu berperan aktif dan ikut dalam kegiatan pengembangan profesi keperawatan di tingkat daerah, nasional bahkan hingga internasional.
  • Perawat memiliki peran yang penting dalam peningkatan standar pendidikan dan pelayanan keperawatan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya