10 Sosok Kuntilanak Luar Negeri, Merinding dan Menyeramkan!

Ilustrasi hantu kuntilanak.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Selain Indonesia, kuntilanak luar negeri juga tak kalah menyeramkannya dan bikin bulu kuduk berdiri. Ternyata tidak hanya Indonesia yang memiliki jenis hantu wanita yang menyeramkan dan bikin orang yang melihatnya ternganga-nganga, tapi di luar negeri istilah untuk hantu wanita dengan rambut panjang itu pun ada.

Cinta Nangis Dimarahi Uya Kuya Karena Gak Salat Tarawih: Kalo Papa Mama Meninggal yang Doain Siapa?

Kuntilanak yang merupakan sosok hantu jelmaan dari seorang perempuan hamil yang meninggal dunia atau seorang wanita yang meninggal dunia saat proses melahirkan dan anak tersebut masih berada di dalam kandungan.

Di Indonesia sendiri, kuntilanak merupakan salah satu hantu wanita paling menyeramkan. Begitupun di beberapa negara lainnya, ternyata juga ada hantu sejenis kuntilanak yang sosoknya bisa bikin kita lari terbirit-birit.

Bayar Utang Luar Negeri, Cadangan Devisa RI Maret Turun Jadi US$140,4 Miliar

Mereka memiliki jenis yang sama yakni seorang hantu wanita dengan pakain berwarna putih. Mereka juga digambarkan sosok hantu dengan rambut panjang. Berdasarkan cerita rakyat Melayu, sosok hantu satu ini digambarkan dalam bentuk wanita dengan paras yang cantik, namun sayang memiliki punggung yang berlubang. 

Kehadiran mereka juga sering dikatakan kerap meneror penduduk kampung untuk mencari pertanggung jawaban dan menuntut pembalasan. Banyak mitos yang mengatakan, bahwa penyebab munculnya hantu kuntilanak adalah karena seorang wanita yang mati penasaran dan meminta pertanggung jawaban. 

Saksi KPU Bantah Server Sirekap Disimpan di Luar Negeri

Selain itu ada juga yang menjadi korban kecelakaan, korban pelecehan seksual, pembunuhan, dan lain sebagainya. Berikut ini sepuluh sosok kuntilanak luar negeri yang memiliki tingkat keseraman yang tidak kalah dari hantu di Indonesia.

1. Cheonyeo Gwishin - Korea

Hantu wanita cantik.

Photo :
  • U-Report

Dilansir dari Seoul Sync, nama Cheonyeo Gwishin berarti hantu gadis perawan. Mereka biasanya terlihat mengenakan hanbok putih yang disebut sobok yang digunakan pada saat hari kematian mereka. 

Sama dengan kuntilanak, Cheonyeo Gwishin mitosnya memiliki rambut hitam panjang yang terurai. Hal ini karena dalam tradisi Korea, wanita perawan harus selalu memanjangkan rambutnya.

Dalam tradisi konfusius Korea, Seorang wanita memiliki peran untuk melayani ayahnya, suami dan anak laki-lakinya.  Nah kalau dia meninggal sebelum bisa memenuhi tujuan tersebut, maka arwahnya akan dikutuk untuk berada di bumi untuk selamanya.

Oleh karena itu, Cheonyeo Gwishin selalu berkeliaran dengan kemarahan dan dendam yang besar. Diceritakan kalau Cheonyeo Gwishin ini akan menghantui orang-orang sekitarnya dan keluarganya untuk menjadikan orang-orang itu tidak bisa hidup tenang seperti dirinya.

Yang menariknya lagi, pada zaman dahulu,banyak desa-desa yang sering digentayangi dan didatangi oleh sosok menyeramkan, Cheonyeo Gwishin.

2. Sadako - Jepang

sadako

Photo :
  • http://postinganbiasa.blogspot.com

Sadako merupakan sosok hantu yang berasal dari Jepang. Sadako sendiri merupakan hantu wanita yang melegenda di Jepang. Diyakini, Sadako mendapatkan kekerasan seksual hingga dibunuh dan mayatnya dibuang ke sumur.

Sadako akan muncul dari dalam sumur, dengan cara jalannya yang aneh. Sadako memiliki rambut panjang hitam terurai berantakan.  Ciri-ciri sadako tak jauh berbeda dengan kuntilanak khas Indonesia. Konon, sosok hantu ini juga dikaitkan dengan sejarah, karena kutukan hingga sering menghantui banyak orang.

3. Pontianak, Malaysia

Ilustrasi hantu kuntilanak.

Photo :
  • U-Report

Pontianak merupakan hantu yang berasal dari Malaysia. Hantu ini dipercaya meninggal ketika tengah mengandung anaknya. Ada juga cerita lain yang mengatakan, jika pontianak sering menggangu manusia. Ciri-cirinya sama dengan kuntilanak versi Indonesia, di mana memiliki rambut panjang, mata merah, wajah pucat, dan berpakain baju putih panjang.

Konon, laki-laki yang tidak berhati-hati bisa dibunuh jika bersetubuh dengannya lantaran dia akan mengubah dirinya menjadi sosok wanita cantik. Pontianak juga digambarkan membunuh mangsannya dengan menghisap darah di bagian tenguknya, seperti sosok vampir di wilayah Eropa.

4. Phi Thai Hong, Thailand

Ilustrasi hantu

Photo :
  • U-Report

Hantu dari cerita rakyat Thailand. Phi Thai Hong sendiri biasanya berasal dari seorang wanita yang meninggal tiba-tiba tanpa mengikuti ritual pemakaman. 

Karena kematiannya yang tidak wajar, mereka sering mengganggu orang-orang terlebih di sekitar area mereka menghembuskan nafas terakhir.

Hantu ini digambarkan sebagai wanita hamil, berbaju putih, wujudhnya hampir mirip dengan kuntilanak. Hantu ini begitu kejam, konon berasal dari anak yang ada di perutnya.

Masyarakat percaya jika kebangkitan hantu Phi Thai Hong ini berasal dari tempat-tempat kekerasan, serangan teroris, maupun bencana alam.

5. Onryo, Jepang

Hantu Sadako di film Ringu.

Photo :
  • U-Report

Sosok hantu yang mirip kuntilanak selanjutnya adalah Onryo. Onryo merupakan sosok hantu Jepang yang kejam dan jahat karena mereka mati dengan penuh dendam dan amarah, serta kembali untuk menakut-nakuti manusia hingga mati dan mengambil jiwa mereka.

Hantu ini berasal dari korban kekerasan dalam rumah tangga atau wanita yang dibunuh oleh penjahat. Masyarakat Jepang percaya siapa yang menjadi korbannya, akan merasakan mual, sakit kepala, dan nyeri di dada. 

Selain itu hantu ini juga bisa terlihat seperti wanita yang tidak sadar diri, tapi ketika didekati sosok ini akan mengeluarkan suara yang tidak mudah dimengerti.

6. Banshee, Irlandia

Banshee

Photo :

Banshee merupakan salah satu roh yang sering dijumpai dalam cerita rakyat Irlandia dan Skotlandia. Sejak abad ke-8, banshee digambarkan sebagai roh atau hantu wanita yang sebelumnya pernah hidup sebagai manusia.

Hantu ini berasal dari bahasa Irlandia, yaitu bean sídhe atau bean sí yang artinya "wanita peri". Namun, menurut pakar cerita rakyat sepakat bahwa istilah sí dalam bean sí memiliki arti "alam baka" sehingga bean sí memiliki makna "wanita dari alam baka".

Banshee digambarkan seperti nenek-nenek yang lemah dengan rambut putih panjang dan mengenakan baju jubah.  Tak sedikit yang mengatakan jika banshee menyerupai sesosok gadis yang tinggi, kurus, dan cantik.  Berapa pun usianya, banshee sering digambarkan memiliki rambut panjang terurai dan memakai baju warna putih.

7. La Llorona Amerika Latin

La Llorona

Photo :
  • U-Report

La Llorona dalam cerita rakyat Amerika Latin khususnya Meksiko mengisahkan misteri seorang hantu wanita.  Konon, La Lloran dulunya adalah wanita cantik bernama Maria yang menikah dengan seorang pria kaya. Dari pernikahannya mereka memiliki dua orang anak dan hidup bahagia meski hanya sesaat. 

Kebahagiaan mereka berubah saat sang suami berselingkuh. Karena rasa amarah dan dendamnya, Maria lantas membunuh kedua anaknya dengan menenggelamkan mereka ke dalam sungai.

8. The White Lady, Scotlandia

Ilustrasi hantu wanita penunggu hutan.

Photo :
  • U-Report

The White Lady atau hantu perempuan berbaju putih. A white Lady (Mulher de Branco) ialah jenis hantu bergender perempuan dilaporkan sering terlihat di tempat pedesaan.

The White Ladi juga terkait dengan beberapa legenda lokal bencana White Lady juga sering di temukan di seluruh dunia bahkan Indonesia punya White Lady itu sendiri (Kuntilanak). 

Kebanyakan White Lady begentayangan dikarenakan akan kehilangan suami atau dikhianati oleh suaminya sendiri kemudian ia bunuh diri dan gentayangan berharap balas dendam dengan suaminya itu. Mereka sering dikaitkan dengan garis keluarga individu atau dikatakan sebagai menunjukan setan.

9. Yuki-Ona, Jepang

Yuki Ona

Photo :

Yuki-onna muncul saat malam bersalju sebagai sosok wanita cantik bertubuh tinggi dengan rambut hitam dan bibir biru pucat. Kulitnya yang pucat atau bahkan transparan membuatnya tampak berbaur dengan bentang alam bersalju (seperti yang populer diceritakan dalam buku karya Koizumi Yakumo, Yuki Onna). 

Kadang kala ia memakai kimono putih, namun legenda lainnya mendeskripsikannya sebagai wanita telanjang, dan hanya wajah serta rambutnya saja yang tampak menonjol di tengah salju.

10. Rusalka, Slavia

Rusalka

Photo :

Sosok kuntilanak luar negeri selanjutnya adalah Rusalka berdasarkan mitologi Slavia. Sosok hantu ini hidup di air. Menurut sebagian besar tradisi, sosok hantu ini merupakan perempuan ikan yang tinggal di dasar sungai. Dan berasal dari para perempuan yang meninggal di sungai.

Sebagian orang mengatakan jika sosok hantu ini merupakan roh wanit yang telah meninggal sambil membawa anaknya atau mati bunuh diri. Pada tengah malam Rusalka muncul dari bawah sungai lalu menari dan menyanyi untuk memikat para pria yang melewati sungai tersebut. Dikatakan, jika pria yang terpikat dengan rusalka akan tenggelam.

Hal inilah yang membuat sosok Rusalka mirip dengan kuntilanak. Beberapa orang mengatakan, jika Rusalka memiliki mata hijau terang, wajah pucat, dan kulit tembus pandang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya