Keren, Ini Pria Indonesia yang Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 Asia

Pria-pria peraih Forbes 30 Under 30 Asia.
Sumber :
  • Ist.

VIVA – Majalah Bisnis Forbes, yang menerbitkan daftar 30 Under 30 Asia setiap tahunnya, kali ini menobatkan 300 tokoh wiraswasta muda dan disruptor yang dianggap paling berpengaruh dari 10 kategori industri yang berbeda.

Sun Life Indonesia Dorong Perempuan Berwirausaha Capai Kemandirian Financial, Begini Caranya

Empat Co-founder Evermos, masuk ke dalam dua daftar prestisius global, yaitu Forbes 30 Under 30 Asia untuk Iqbal Muslimin (Chief of Sustainability) dan Andika Saputra (New Business Incubation) serta anggota Endeavor Entrepreneur untuk Ghufron Mustaqim (CEO) dan Arip Tirta (President). 

Kedua penobatan tersebut dilakukan melalui proses seleksi yang sangat ketat, dengan rasio penerimaan sekitar 7 dan 3 persen secara berurutan, serta tahapan panjang dari tingkat lokal hingga internasional terhadap ribuan kandidat. Hasil seleksi kemudian disiarkan secara daring pada akhir Mei 2022.

Sinergi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan bank bjb Lahirkan Pebisnis Berkelanjutan

Dilansir dari artikel Forbes yang bertajuk Meet The Forbes Under 30 Asia Class Of 2022, para tokoh dari startup, terpilih setelah evaluasi mendalam terhadap bagaimana startup tersebut beradaptasi dengan pandemi COVID-19 yang menyebabkan banyak ketidakpastian dalam rantai pasok. 

bjbPreneur on Campus Universitas Esa Unggul: Merancang Konsep Sustainability Business Entrepreneur

Iqbal, Andika, Ghufron, dan Arip, terpilih karena dinilai dapat berinovasi secara bisnis dan mempertahankan komitmen dampak sosial di tengah kondisi pandemi. 

Iqbal Muslimin, Co-Founder dan Chief of Sustainability Evermos mengungkapkan, dengan semangat ekonomi gotong royong, perusahaan mereka lahir dari impian untuk membantu para pelaku usaha kecil dan menengah untuk dapat bersaing dengan perusahaan skala besar yang sudah lebih well established

"Dengan berfokus pada solusi untuk dapat menjawab tantangan tersebut, kini kami berhasil tumbuh sekaligus mempertahankan komitmen sosial meski di tengah pandemi. Penobatan ini dipersembahkan untuk seluruh ekosistem kami, tim internal dan seluruh pemangku kepentingan di antaranya reseller, UMKM, konsumen, serta mitra lainnya," ujar Iqbal dalam keterangannya, Minggu 5 Juni 2022. 

Selain Iqbal dan Andika, dua Co-Founder Evermos lainnya, yaitu Ghufron dan Arip, juga berhasil terpilih menjadi bagian dari Endeavor Entrepreneur, yang merupakan komunitas global dengan misi membangun ekosistem wiraswasta yang unggul dan berkembang di seluruh dunia. 

Para wirausahawan ini merupakan yang paling berdampak dan menginspirasi karena memiliki impian yang besar, berhasil tumbuh lebih cepat, dan berkomitmen terhadap kebaikan yang berlanjut (pay it forward) yang kini jumlahnya mencapai lebih dari 2.300 bisnis.

Co-Founder dan Presiden Evermos, Arip Tirta menambahkan, seiring dengan ketidakpastian yang hadir di hampir setiap aspek kehidupan dan pekerjaan, kemampuan untuk rethink dan unlearn menjadi sangat penting. 

Menurutnya, Endeavor memiliki jaringan mentor andal dari seluruh dunia yang dapat memandunya ke jalan yang benar dan memberikan saran serta sumber daya yang dibutuhkan untuk membawa Evermos ke tingkat selanjutnya. 

"Sebuah komunitas berdampak, tempat kami dapat belajar dan memberi di saat yang sama, membuka banyak peluang bagi kami untuk menjadi lebih baik," kata dia. 

"Kemampuan untuk beradaptasi merupakan satu dari banyak faktor penting untuk startup dapat tumbuh cepat, seperti kutipan terkenal oleh penulis Alvin Toffler, "Buta huruf abad ke-21 bukanlah mereka yang tidak bisa membaca dan menulis, tetapi mereka yang tidak mampu untuk learn, unlearn, dan relearn," tutup Arip Tirta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya