Bikin Stres, Banyak Orang Gak Lihat Lubang Hitam di Tengah Gambar Ini

Ilusi optik.
Sumber :
  • Times of India.

VIVA – Sebuah ilusi optik terbaru sedang ramai beredar di internet. Gambar ini akan mengecoh mata dan pikiran kita, di mana ada pola seperti lubang hitam yang terus mengembang saat kamu melihatnya. 

Terpopuler: Siapkan Ranjang dengan Gaya Baru, The Jungle Kasih Banyak Promo dan Hadiah

Beberapa laporan menyebut ini sebagai ilusi 'lubang yang meluas'. Ilusi dinamis tersebut terdiri dari titik-titik hitam, yang nampak seperti bola elips kecil, di atas latar belakang putih. Ada tambalan hitam tanpa garis besar yang berada persis di tengah gambar. Patch hitam kabur ini, tampak seperti lubang dan terus mengembang saat kamu memerhatikannya. 

Dilansir Times of India, Kamis 9 Juni 2022,  meskipun jelas terlihat bahwa lubang hitam di tengah gambar terus meluas saat kita melihatnya, namun 20 persen orang tidak merasakan perluasan tersebut. Lalu, apa yang dilihat orang dalam ilusi?

Gambar Pertama yang Dilihat, Bisa Ungkap Pekerjaan Impian Kamu

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kebanyakan orang melihat bahwa bidang hitam atau lubang hitam terus mengembang saat kita menatap gambar. Lubang hitam menciptakan ilusi materi gelap berongga yang menyebar terus-menerus di atas latar belakang putih yang menelan bola elips hitam ke dalamnya. 

KUIS: Sama-sama Ngotot, Temukan Istri yang Sebenarnya dari Pria Ini

Namun, orang lain yang tidak merasakan ilusi di atas, hanya akan melihatnya sebagai sepetak tinta hitam dan tidak merasakan ekspansinya. Para peneliti telah menjelaskan bahwa tingkat perubahan diameter pupil secara signifikan terkait dengan gerakan ilusi. 

"Akar dari ilusi terang atau gelap ini adalah kenyataan bahwa secara umum, persepsi cahaya tidak secara langsung terkait dengan parameter fisik. Oleh karena itu, sistem visual bergantung pada keteraturan atau kendala ekologis untuk menghasilkan hipotesis perseptual yang dalam banyak kasus mencapai keberhasilan perilaku penglihatan secara pragmatis," kata sebuah laporan penelitian yang menjelaskan ilusi optik ini dalam studi yang diterbitkan di Frontiers in Human Neuroscience pada Mei 2022. 

"Biasanya ketika melihat pola di bawah ini, laporan subjektif pengamat dicirikan oleh persepsi wilayah tengah yang berkembang secara bertahap, terjadi dalam rentang beberapa detik," kata para peneliti dan menambahkan bahwa hampir 20 persen dari peserta yang terlibat dalam penelitian tidak merasakan ekspansi ilusi. 

Penelitian dilakukan pada 50 orang dengan penglihatan normal. Para peserta diminta untuk menilai besarnya gerakan ilusi atau perluasan lubang hitam, dan ini memprediksi tingkat pelebaran pupil, diukur dengan pelacak mata. 

Orang dengan lebih banyak perubahan diameter pupil menilai intensitas ilusi sebagai tinggi. Mereka yang tidak merasakan perubahan apa pun tidak mengalami perubahan diameter pupil. 

Para peneliti telah menyimpulkan bahwa pelebaran atau penyempitan pupil tidak hanya dipengaruhi oleh lingkungan kita saja, tetapi juga diarahkan oleh imajinasi dan persepsi kita sendiri. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya