5 Misteri Himalaya, Gunung Tertinggi di Dunia yang Bikin Kamu Bingung

Gyanganj
Sumber :
  • Holidify

VIVA Lifestyle – Himalaya yang perkasa dan pesona yang mereka pancarkan. Satu perjalanan ke pegunungan dan kamu tidak akan tetap sama, selalu menunggu perjalanan lain kembali ke lipatannya yang perkasa. 

Mengungkap Misteri Kelahiran Damien dalam Film The First Omen

Himalaya jauh lebih dari sekadar kemewahan wisatawan. Gunung-gunung ini menjaga tempat-tempat yang begitu jauh dan tak terbayangkan sehingga terdengar seperti fantasi.

Dianggap sebagai tempat tinggal para Dewa, Himalaya juga memiliki mitos dan kepercayaan yang sama anehnya dengan keberadaan yeti, manusia salju raksasa setengah manusia. Melansir dari timesofindia, berikut misteri gunung Himalaya.

Misteri Terpecahkan Setelah Penyelam Guernsey Menemukan U-boat Jerman yang hilang

1. Danau Gurudongmar

Danau Gurudongmar

Photo :
  • Twitter @Emils72
Sederet Fakta Tentang Misteri Menghilangnya Kate Middleton

Sumber dari sungai Teesta yang perkasa, danau ketinggian tinggi ini bertengger di dataran tinggi di sisi pegunungan Kanchengyao. Legenda mengatakan bahwa wilayah itu pernah kering, dan danau tetap beku sepanjang tahun. 

Jika kamu mengunjungi danau sekarang, bahkan di musim dingin, kamu akan menemukan tempat kecil yang tidak membeku! Mengenai misterinya, penduduk setempat percaya bahwa Guru Buddha Padmasambhava, juga seorang tantra yang terkenal, menyentuh tempat itu dan memberkatinya agar tidak membeku untuk memudahkan hidup orang-orang di sekitarnya. 

Percaya atau tidak, pengunjung serta penduduk setempat menjamin keberadaan sudut kecil yang tidak membeku, bahkan di musim dingin yang paling keras sekalipun.

2. Danau Roopkund

Danau Roopkund di India

Photo :
  • Globonaut

Salah satu trek paling menarik dan indah di Uttarakhand, Roopkund memiliki banyak pujian termasuk misteri yang mendebarkan. Banyak foto dan akun pengunjung adalah bukti bahwa trek, tepat di dekat danau, dipenuhi dengan sisa-sisa manusia, termasuk kerangka, tulang, dan tengkorak yang bertengger di bebatuan. 

Sementara satu teori mengatakan bahwa kerangka itu milik tentara Perang Dunia II, yang terkena hujan es besar saat dalam perjalanan, teori lain mengatakan bahwa ini milik keluarga raja, dikutuk oleh Dewi untuk mati dengan cara ini. Pilih satu atau yang lain, kita tidak akan pernah yakin dengan yang satu ini.

3. Biara Sarang Harimau

Biara Sarang Harimau/ Tiger’s Nest Monastery

Photo :
  • Druk Asia

Penting dalam setiap rencana perjalanan untuk Bhutan, biara Buddha di sisi tebing curam ini memiliki cerita untuk diceritakan. Di jantung biara ini, terletak sebuah gua dan keyakinan bahwa di sinilah Guru Padmasambhava bermeditasi selama tiga tahun, tiga bulan, tiga minggu, tiga hari dan tiga jam. 

Misteri di sini adalah lokasinya, pendakian yang sulit bahkan di zaman ini. Sesuai kepercayaan, Guru Padmasambhava terbang ke tempat ini dari Tibet, di atas seekor harimau betina! Dengan demikian, nama. Sekali melihat lokasinya yang genting, dan kepercayaan itu mungkin tampak benar juga. Biara, seperti yang terlihat sekarang, dibangun di tempat meditasi pada tahun 1692, sebuah prestasi.

4. Gangkhar Puensum

Gunung Gangkhar Puensum

Photo :
  • Flickr/Gangkhar Puensum

Gangkhar Puensum terkenal sebagai gunung tertinggi yang belum pernah didaki di dunia. Terletak di Bhutan, gunung ini telah diukur beberapa kali namun tidak ada angka yang cocok satu sama lain. Sementara itu mungkin ketidakakuratan manusia, fakta bahwa itu tetap tidak didaki membuatnya semakin misterius. Orang Bhutan percaya itu menjadi rumah bagi makhluk mitos, termasuk yeti, dan Dewa juga. 

Setelah beberapa kali gagal untuk mencapai puncaknya, pegunungan tersebut tetap menjadi legenda. Kasus dan kejadian aneh, termasuk suara yang tidak dapat dijelaskan, cahaya misterius, dan penampakan telah dilaporkan dari mereka yang tinggal paling dekat dengan gunung.

5. Gyanganj

Gyanganj

Photo :
  • Awakening Times

Juga dikenal sebagai Kota Makhluk Abadi, Gyanganj diyakini terletak di lembah Himalaya yang terpencil dan tidak dapat diakses. Beberapa upaya oleh pendaki gunung dan trekker telah dilakukan untuk menemukan lokasi tepatnya, semuanya berakhir dengan kegagalan. 

Bahkan satelit zaman baru dan teknologi pemetaan lainnya gagal memetakannya. Umat Buddha, terutama dari Tibet dan India, mengklaim bahwa Gyanganj bukan hanya sebuah tempat tetapi merupakan dimensi yang lebih tinggi. 

Mereka mengatakan bahwa Gyanganj hanya dapat dilihat dan dijangkau oleh orang bijak, yogi, dan jiwa-jiwa berharga lainnya; mereka yang ingin tinggal di sini selamanya mendapatkan keabadian!

Itu mungkin hanya tinggal dalam cerita rakyat biasa, tetapi beberapa pemimpin spiritual terkenal telah mengklaim untuk mengunjunginya, memicu legenda itu ke level yang baru!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya