Ada Orang Tasik, Ini 3 Kisah Orang Memecahkan Soal Tersulit Di Dunia

Soal matematika viral di Twitter.
Sumber :
  • Twitter

VIVA Lifestyle – Orang Memecahkan Soal tersulit ternyata terdapat kisahnya, di dalam Ilmu dan pengetahuan hingga saat ini akan terus berekspansi. Setiap hari banyak sekali penemuan-penemuan, baik yang terbaru maupun sebagai hasil penyempurnaan yang sebelumnya.

Khazanah: Karya Monumental Muhammad bin Musa al-Khwarizmi di Dunia Matematika

Bicara mengenai ilmu dan pengetahuan, matematika merupakan salah satu yang terus mengalami perkembangan sekaligus menyimpan banyak tanda tanya yang belum terpecahkan.

Lalu, bagaimana soal-soal tersebut terpecahkan, berikut 3 kisah orang-orang yang berhasil memecahkan soal tersulitdi dunia yang Viva lansir dari berbagai sumber.

Prabowo Apresiasi Dibentuknya Fakultas Matematika dan Fisika UKRI: Sangat Strategis

Mahasiswa memecahkan soal Matematika tersulit di Dunia

VIVA Militer: Rudal jelajah berhulu ledak nuklir Amerika Serikat

Photo :
  • americansecurityproject.org
Berangsur Membaik, David Ozora Belum Bisa Menangkap Pelajaran yang Mudah Sekalipun

Pada tahun 1939, George Dantzig adalah mahasiswa sebuah universitas di Amerika Serikat (AS). Pada suatu hari, ia datang terlambat pada mata kuliah matematika Prof. Jerzy Neyman. Ketika masuk kelas, ternyata dosen dan teman-teman kuliahnya sudah pulang.

George kemudian melihat dua buah soal di papan tulis. Pikirnya, itu pasti PR yang baru diberikan oleh sang profesor! Dia pun segera mencatat pada bukunya dan pulang.

Berhari-hari dia mencoba untuk menyelesaikan PR tersebut, berbagai cara ia coba. “Tidak biasanya dosen memberi tugas demikian sulitnya, tapi pasti ada jawabannya… pasti ada..,” gumamnya.

ada akhirnya, ia berhasil mengerjakan soal nomor 1. Keesokan harinya ia pun mengumpulkan tugas-tugas tersebut, yang diletakkan di ruang kerja profesornya. Siang hari, ia dicari oleh sang profesor yang bertanya keheranan, sekaligus penuh semangat, “Bagaimana kamu bisa menyelesaikan soal tersebut?”

George menjelaskan semua usaha. Kamu tahu apa jawaban dari sang profesor tersebut?

Soal itu ternyata ditulis oleh sang profesor ketika ia sedang menjelaskan tentang dua buah soal tersulit di muka bumi ini dan hingga saat itu belum ada yang bisa memecahkannya!

Berarti, jika saja saat itu George mengikuti mata kuliah tersebut, mungkin saat itu ia berpikir bahwa memang soal tersulit; juga berpikir bahwa memang tak ada seorang pun dapat menyelesaikannya.

George Bernard Dantzig kemudian menjadi profesor yang sangat terkenal dan disegani di Stanford University. Dialah pemecah soal tersulit, dan dia memecahkannya ketika dia memang tak tahu bahwa yang dikerjakannya adalah soal tersulit di dunia ini.

Dua Ahli Matematika Pecahkan Soal Tersulit Berumur Puluhan Tahun

Ahli matematika.

Photo :
  • http://fandinistic.blogspot.com

Soal tersulit dan puluhan tahun tak terjawab kini berhasil dipecahkan oleh dua orang ahli matematika. Dua ahli tersebut berhasil mendapatkan jawaban menggunakan 500 ribu komputer untuk menyelesaikan masalah tersulit tersebut.

Soal matematika tersebut pertama kali hadir tahun 1955, pertanyaanya adalah ''bagaimana menyelesaikan x^3 + y^3 + z^3 = k'', dimana k sama dengan sebuah bilangan bulat antara 1 hingga 100?.

Pertanyaan matematika yang sulit ini juga pernah disebut Live Science sebagai persamaan Diophantine. Nama Diophantine merujuk pada seorang ahli matematika bernama Diophantus of Alexandria yang dikabarkan hidup 1.800 tahun silam.

Setelah soal itu muncul, seorang ahli matematika modern penasaran dengan soal sulit ini namun tetap kesulitan.

Selang puluhan tahun, Andre Booker dari University of Bristol bersama ahli matematika Institut Teknologi Massachusetts, Andrew Sutherland akhirnya bisa memecakan teka-teki tersulit tersebut.

University of Bristol mengatakan bahwa keduanya berhasil memcahkan hal tersebut setelah keduanya menggunakan jaringan komputer global bernama Charity Engine yang menggunakan 500 ribu komputer rumahan.

Rumus Matematika Tersulit Di Dunia Dipecahkan Warga Tasikmalaya

Dr. Yogi Ahmad Erlangga

Photo :
  • indonesiaproud.wordpress.com

Rumus matematika tersulit sedunia yang dimaksud yakni 'Persamaan Helmholtz'. Banyak ahli yang menghindari untuk memecahkan rumusan ini karena memiliki kerumitan tingkat dewa.

Siapa sih warga Tasikmalaya yang jenius ini, yaitu Yogi Ahmad Erlangga. Dia peraih gelar 'cum laude' sarjana strata 1 dan strata 2 di Institut Teknologi Bandung (ITB)

Yogi melanjutkan Strata 3 (S3) di Belanda. Pria yang juga dosen penerbangan di ITB ini ditantang untuk memecahkan rumusan Helmholtz oleh perusahaan minyak Shell dan Universitas Teknologi Delft, Belanda.

Kelar mengadakan riset berdana Rp 6 miliar yang ditanggung oleh Shell, Yogi akhirnya mampu membungkam dunia. Dia berhasil memecahkan rumusan terumit itu terkemuka dan mendapat penghormatan penuh dari berbagai universitas di Eropa, Amerika, bahkan Dunia!

Banyak industri yang merasa terbantu dengan pemecahan masalah ini dan bukan industri bersama! Mulai dari radar industri, penerbangan, kapal selam, penyimpanan data, dan aplikasi laser. Selain itu seluruh industri yang berhubungan dengan gelombang elektromagnetik juga sangat terbantu.

Nah, itu 3 kisah orang yang berhasil memecahsan soal terumit di dunia yang dapat viva berikan ke kamu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya