Catat! Ini 5 Amalan Malam Jumat Untuk Wanita

Ilustrasi wanita muslim/wanita berhijab.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA Lifestyle –  Hari Jumat adalah hari yang istimewa bagi umat Islam. Saking istimewanya, bahkan Allah SWT menjadikan nama salah satu surat di Alquran, yakni Al-Jumu'ah. Demikan pula dengan Rasulullah SAW yang telah menjelaskan ukuran spesialnya hari Jumat bagi umat muslim.

Mengenal Serba Serbi Tradisi Lebaran Ketupat Hari Ini 17 April 2024: Sejarah Hingga Maknanya

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW bersabda:

“Sebaik-baik hari yang matahari terbit Anda (hari cerah) adalah hari Jumat, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, Hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan akan datang hari ini kecuali pada hari Jumat," (HR Muslim).

10 Wanita Muslim Tercantik di Dunia, Mereka Menarik dan Menginsipirasi

Hari Jumat adalah hari yang paling utama dalam Agama Islam. Kekhususan hari Jumat yang memandang untuk umat Islam bisa dilihat dari hadis dari Abu Hurairah dan Hudzaifah. Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Allah menyimpangkan kaum sebelum kita dari hari Jumat. Maka untuk kaum Yahudi adalah hari Sabtu, sedangkan untuk orang-orang Nasrani adalah hari Ahad. Lalu Allah membawa kita dan menunjukan kita kepada hari Jumat." (HR Muslim Imam Muslim dalam Shahihnya (II/286) kitab al-Jum’ah)

Dilaporkan Atas Dugaan Penistaan Agama, Begini Kata Pendeta Gilbert

Setiap hari Jumat, umat muslim disarankan melakukan berbagai kegiatan sunah untuk menambah ketakwaan dan memperbanyak pahalanya. Bukan hanya laki-laki, wanita pun memiliki amalannya sendiri saat malam Jumat.

Nah, ada banyak amalan malam Jumat untuk wanita yang sangat sayang jika dilewatkan. Viva kali ini rangkuman untuk kamu mengenai informasi amalan yang dapat dilakukan oleh wanita sebagai berikut:

1. Memperbanyak Doa

Wanita Berdoa

Photo :
  • inmagine.com

Hari Jumat adalah hari di mana terdapat waktu mustajab. Mustajab sendiri merupakan waktu ketika doa akan diijabah. Dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu dia berkata; Abu Qasim shallallahu 'alaihi wasallam pernah mengatakan:

“Pada hari Jumat, ada satu waktu, jika seorang muslim berdoa dan mengharapkan sesuatu pada waktu itu kepada Allah, doanya akan dikabulkan.” (H.R.Bukhori dan Muslim)

Dalam hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad juga dijelaskan jika waktu doa yang mustajab di hari Jumat adalah setelah Ashar. Rasulullah SAW bersabda:

"Pada hari Jumat terdapat suatu waktu, di mana jika ada seorang hamba muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut."

Meski begitu, tetap harus rajin berdoa kapan saja. Juga, jangan hanya meminta keinginan dunia saja.

2. Melakukan Sholat Tasbis

Sholat tepat waktu

Photo :
  • U-Report

Salat tasbih memang memiliki keutamaan yang sangat besar, apalagi jika dikerjakan pada hari Jumat. Nah, ini merupakan amalan malam Jumat untuk wanita selanjutnya.

Rasulullah SAW sendiri menyarankan hari Jumat untuk melaksanakan salat tasbih. Sesuai namanya, salat tasbih dilakukan dengan membaca kalimat tasbih sebanyak 300 kali.

Adapun tujuan pelaksanaan salat khusus ini adalah untuk meminta maaf kepada Allah SWT agar digugurkan segala dosa kita selama hidup di dunia.

3. Memperbanyak Baca Sholawat

Sholawat Tibbil Qulub

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Amalan malam Jumat yang dapat wanita lakukan adalah membaca salawat. Amalan yang satu ini terbilang cukup mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Hal ini sesuai dengan Sabda Rasulullah SAW, yakni:

“Perbanyaklah selawat saya pada malam dan hari Jumat. Barang siapa yang berselawat kepadaku 1 kali, maka Allah akan berselawat kepadanya 10 kali.” (HR Al-Imam Al-Baihaqi)

Rasulullah SAW juga mengatakan, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat."

4. Membersihkan Diri

Ilustrasi mandi

Photo :
  • The Sun

hari Jumat bukan hanya laki-laki saja, wanita juga disunnahkan untuk membersihkan diri.

Adapun sunnah membersihkan diri ini meliputi, mandi , memebrsihkan kuku dan rambut, memakai wangi-wangian, Selain itu, jangan lupa hendaklah juga menggosok  gigi dengan siwak.. Hal ini sesuai dengan Sabda Rasulullah SAW, yaitu:

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara 2 orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya."

"Dan ketika imam memulai khutbah Jumat, ia diam dan mendengarkannya, maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya" (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Berkumpul Dengan Keluarga

Keluarga Atta Halilintar

Photo :
  • IG @attahalilintar

Berkumpul bersama keluarga adalah salah satu dari kenikmatan dunia. Selain itu, berkumpul dengan keluarga juga salah satu amalan malam Jumat untuk wanita.

Siapa yang tidak bahagia jika bisa berkumpul bersama keluarga? Ini adalah momen bahagia yang tidak bisa digambarkan dan tergantikan dengan kawan ataupun sahabat. Allah berfirman:

“(Yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama orang-orang saleh dari bapak-bapaknya, istri-istrinya dan anak cucunya,” (QS. Ar-Ra‘du: 23).

Manfaatkan lah waktu tersebut untuk berlatih dengan anggota keluarga agar bisa saling meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Nah, itu 5 amalan yang dapat wanita lakukan selama malam Jumat, semoga bermanafaat ya!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya